Yuk, Kenalan Dengan Clownfish Yang Menggemaskan!

Bagi kalian yang pernah menonton film Nemo, mungkin sudah mengerti apa itu clownfish dan bagaimnaa bentuknya. Clownfish atau yang sering disebut dengan ikan badut memang memiliki bentuk yang begitu menggemaskan.

Namun di balik bentuknya yang lucu, ternyata ada berbagai fakta mengenai ikan badut. Penasaran apa saja fakta tersebut? Kalau begitu simak ulasann selengkapnya pada artikel di bawah ini, ya.

Berbagai Fakta Mengenai Ikan Badut

Ikan badut memiliki nama ilmiah Amphiprion percula. Ikan yang satu ini sangat terkenal berkat serial televisi Finding Nemo. Berikut ini berbagai fakta clownfish yang harus kalian ketahui :

  1. Ikan clownfish berasal dari keluarga Pomacentridae, dan terdiri dari dua genus, Premnas serta Amphiprion.
  2. Ada sekitar 30 spesies ikan ini yang dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Satu spesies dari Premnas serta 29 spesies lainnya merupakan jenis Amphiprion.
  3. Ikan clownfish menggunakan memiliki hubungan yang cukup menguntungkan dengan anemon laut. Anemon yang memiliki tekstur lembut menjadi tempat favorit bagi ikan clownfish Selain itu, ikan Amphiprioninae juga mampu mengusir ikan-ikan lain yang menjadi parasit bagi anemon.
  4. Ikan clownfish memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup cepat. Dan pada usia dewasa, mereka mampu tumbuh hingga 18 cm panjangnya.
  5. Ikan clownfish merupakaan jenis ikan pemakan segala, atau yang sering disebut dengan istilah omnivora.
  6. Walaupun bentuknya menggemaskan, ternyata ikan clownfish mampu bertindak garang jika merasa terancam.
  7. Ikan-ikan badut memiliki wilayah persebaran yang cukup luas. Dan ikan ini biasanya dapat ditemukan di wilayah Samudra Pasifik, Great Barrier Reef Australia, hingga Samudera Hindia.
  8. Ikan ini merupakan jenis ikan yang suka hidup di perairan laut dangkal, dengan kedalaman rata-rata setengah meter. Ikan ini snagat menyukai air yang jernih sebagai tempat tinggalnya.
  9. Ikan yang satu ini memiliki umur harapan hidup yang lumayan panjang. Yaitu sekitar 3 hingga 6 tahun lamanya.
  • Kita dapat dengan mudah mengenali bentuk ikan-ikan badut dengan corak warna oranye-putih atau oranye-gelap pada tubuhnya.

Ikan clownfish banyak diperjualbelikan sebagai ikan hias yang bernilai cukup tinggi. Ikan ini begitu diminati karena warnanya yang bagus dan cara pemeliharaannya yang relatif mudah. Jika kalian ingin memelihara ikan clownfish, usahakan tempatkan ikan-ikan tersebut pada habitat yang menyerupai tempat hidup aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top