Wisata Semarang Bandungan

Apa yang banyak orang awam pikirkan tentang Semarang? Pasti tidak jauh-jauh dari panas yang menyengat, macet, dan lawang sewu. Eits, tunggu dulu, Semarang rupanya menyimpan banyak sekali keindahan dari dataran tingginya yang bernama Bandungan. Wisata Semarang Bandungan adalah sebutan untuk wilayah dataran tinggi indah yang terletak di Semarang, Jawa Tengah.

Tempat ini menyimpan panorama alam yang begitu indah dan menyejukkan untuk dinikmati saat berlibur bersama kerabat dan sanak famili. Meski telah dikenal oleh banyak warga Semarang, lokasi wisata ini belum sepopuler lokasi wisata lainnya di Semarang. Sehingga, bisa dikatakan tempat ini masih belum terlalu ramai pengunjung.

Di Wisata Bandungan ini terdapat banyak sekali spot objek wisata yang keren dengan panorama alam yang memanjakan mata. Mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto, hingga air terjun yang sejuk. Berkunjung ke Wisata Semarang Bandungan membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat ini karena jauh dari kata sumpek dan panas seperti yang melekat pada Kota Semarang.

Wisata Semarang di Bandungan

Baiklah, agar tidak panjang lebar, mari kita langsung saja lihat beberapa objek wisata Bandungan yang bisa dikunjungi untuk berlibur. Artikel ini bertujuan untuk memudahkan para wisatawan untuk menemukan tempat wisata di Bandungan yang paling indah yang bisa dikunjungi. Berikut ini kami berikan ulasan singkat 6 tempat wisata Bandungan yang bisa di explore:

pexels.com
  1. Umbul Sidomukti

Tidak perlu jauh-jauh terbang ke Ubud, Bali, di Umbul Sidokmukti para wisatawan dapat menikmati pesona alam dan suasana yang begitu mengesankan dari ketinggian 1200 mdpl. Sejuknya udara, rimbunnya pepohonan di sekitar bisa dinikmati sambil menikmati sejuknya air kolam renang. Bukan hanya itu, di sini para wisatawan juga bisa menikmati berbagai wahana outbound.

Alamat       : Desa Sidomukti – Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jateng

Jam buka  : 08.00-24.00

  1. Candi Gedong Songo

Kawasan ini sudah mulai banyak diktehui wisatawan. Di sini, para wisatawan bisa melihat berbagai peninggalan sejarah dan menikmati alam sekitar candi. Tidak perlu khawatir panas, kawasan Candi Gedong Songo memiliki udara yang sejuk, berkisar 19-27 celcius. Meski tidak sedingin dataran tinggi Dieng, namun objek wisata ini memiliki panorama yang begitu indah dan hijau.

Alamat       : Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jateng

Jam buka  : 06.30-18.00

pexels.com
  1. Kebun Durian Watu Simbar

Kebun Durian Watu Simbar mengambangkan lebih dari 50 jenis durian lokal yang unik. Namun, di kawasan ini tidak hanya menyediakan pemandangan kebun durian saja. Di kawasan seluas 3,5 hektar ini ada pula kebun buah naga yang tampak berbaris rapi, tanaman buah nanas merah, yang berderet di tepi jalan. Selain itu, para wisatawan juga bisa berfoto santai di area taman yang begitu indah.

Alamat       : Jalan Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Gunung Pakis, Pkintelan, Semarang, jateng

Jam buka  : 09.00-16.00

  1. Pondok Kopi

Para penikmat kopi jelas wajib mampir ke tempat wisata yang satu ini. Pondok Kopi memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari warung-warung kopi lainnya. Di sini, para penikmat kopi bisa meminum kopi sambil menikmati panorama alam yang asri dan udara yang sejuk. Ditambah lagi letaknya berada di lereng Gunung Ungaran. Model bangunannya didesain minimalis modern, sangat menarik.

Alamat       : Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jateng

Jam buka  : 08.00-24.00

  1. Kampung Kopi Banaran

Meski namanya Kampung Kopi, tempat wisata ini memiliki sejumlah wahana dan fasilitas yang lengkap. Mulai dari Café kopi, tempat bermain anak, corporate gathering, taman buah, area outbound, flying fox, meeting room, coffee walk, kolam renang, gazebo, lapangan tenis, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas ini bisa dinikmati dengan harga yang murah meriah.

Alamat       : Area Perkebunan Kopi Getas Afdeling Assinan, Jl. Raya Semarang-Bawean, KM 15, Bandungan, Semarang, Jateng

Jam buka  : 07.00-21.00

pexels.com
  1. Curug 7 Bidadari

Sudah banyak curug yang menggunakan nama bidadari, namun objek yang satu ini tidak sembarang dinamakan bidadari. Nama ini diberikan untuk menggambarkan kecantikan7 air terjunnya dengan ukuran yang berbeda. Di sini , para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam, sekaligus 7 curug dan 7 kolam yang terbentuk secara alami dengan tingkatan yang berbeda-beda.

Alamat       : Desa Keseneng, Sumowono, Semarang, Jateng

Jam buka  : 08.00-17.00

Bagaimana? Indah ya! Ini belum sebagian dari banyaknya wisata di kawasan Bandungan Semarang. Masih banyak hal menarik lainnya di kawasan ini. Jika punya rencana berkunjung ke Bandungan Semarang, jangan khawatir akan transportasi. Sebab, ada banyak penyewaan bus menuju ke tempat wisata ini. Para wisatawan dapat dengan mudah mencari daftar harga sewa bus Semarang di beberapa situs.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top