Tak Hanya Tugu Khatulistiwa, Yuk Tilik Wisata Pontianak Untuk Liburan Serumu

Kalimantan bagian Barat, tepatnya Kota Pontianak juga bisa menjadi destinasi wisata untuk liburan kamu. Tak hanya miliki tugu Khatulistiwa, masih banyak hal menarik yang bisa kamu kunjungi. Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan tidak ada salahnya untuk mengunjungi kota yang dialiri Sungai Kapuas ini. Nah, lebih jelasnya simak ulasan mengenai Wisata Pontianak yang harus kamu kunjungi berikut.

Destinasi Wisata di Pontianak Yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

  1. Keraton Kesultanan Kadariyah

Tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat kamu sedang liburan di Pontianak adalah Keraton Kesultanan Kadariyah. Istana peninggalan kesultanan Pontianak ini akan membuat kamu bisa melihat barang peninggalan yang menarik dan penuh sejarah. Untuk menuju Keraton ini kamu hanya cukup menempuh perjalanan 4km dari pusat kota. Tepatnya berada di Kampong Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

Bangunannya yang dominan warna kuning sangat menarik dan bisa menjadi spot untuk kamu mengambil foto. Ketika masuk ke meseum kamu bisa melihat secara langsung benda peninggalan mulai dari Kaca pecah seribu, Singahsana hingga Alquran yang merupakan tulisan tangan. Kamu juga bisa mengetahui informasi seputar silsilah keturunan Sultan Pontianak. Ada juga meriam kuno buatan Portugis di beberapa bagian istana.

pickupimage.com
  1. Aloevera Center

Kota Pontianak merupakan salah satu kota yang membudidayakan aloevera. Banyak olahan dari lidah buaya yang menjadi salah satu oleh oleh khas Pontianak. Selain itu taman budidayanya juga menjadi tempat wisata Pontianak yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Kamu bisa menambah wawasan seputar cara budidaya tanaman lidah buaya. Untuk menuju kesini kamu cukup menuju ke Jalan Budi Utomo di Pontianak Utara.

  1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa memang tidak boleh kamu lewatkan dan menjadi ikon dari kota Pontianak. Kota Pontianak merupakan kota yang dilalui garis khatulistiwa dan menjadi sayu satunya kota yang tepat di titik pemisah belahan bumi utara dan selatan. Tugu kebanggaan orang Pontianak ini dibuat untuk menentukan titik khatulistiwa. Meskipun titik yang asli berada di dalam ruangan dan berukuran kecil.

Komplek tugu Khatulistiwa cukup besar, kamu bisa menjelajahinya dan mengabadikan momen liburan kamu. Menyusuri jalanan yang cantik, kamu akan tiba di tepi sungai Kapuas dan melihat kapal kapal yang berlayar. Jika beruntung kamu bisa melihat fenomena alam yang bernama Kulminasi Matahari. Biasanya terjadi pada bulan maret dan septemper pada tanggal 21 hingga 23. Jadi tertarik untuk berkunjung ke Tugu andalan Pontianak?

pickupimage.com
  1. Taman Alun Alun Kapuas

Tempat Wisata Pontianak satu ini juga bisa menjadi destinasi wisata kamu. Alun Alun Kapuas merupakan sebuah taman yang memiliki spot spot instagramable.Kamu bahkan bisa menikmati tepian Sungai Kapuas sambil menikmati jajanan. Beberapa perahu juga bisa kamu naiki dan menyediakan tour keliling Sungai Kapuas. Banyak sekali masyarakat yang datang pada malam atau sore hari untuk menikmati keindahannya.

  1. Rumah Betang Radak

Rumah Betang Radak merupakan replika rumah adat suka Dayak di Kalimantan. Ketika matahari tenggelam, kamu bisa menikmati keindahannya dari rumah yang cukup tinggi ini. Tak jarang akan ada beberapa acara atau pameran di adakan di lokasi satu ini. Untuk menuju lokasi ini kamu bisa langsung ke Jl. Prof. M. Yamin, Sungai Bangkok. Bangunan satu ini juga pernah meraih rekor rumah adat terpanjang, karena panjangnya mencapai 138 meter.

  1. Kampung Beting

Untuk menjelajah dan mengenal kehidupan lokal masyarakat Pontianak, tidak ada salahnya kamu mengunjungi wisata Pontianak satu ini. Kampung Beting merupakan salah satu peradapan dari masalalu yang masih terjaga hingga saat ini. Kampung Beting berada di atas sungai dengan jembatan kayu sebagai penghubungnya. Jika kamu mencari spot landscape yang bagus, kamu harus ke Kampung Beting yang berada di kawasana Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

pickupimage.com
  1. Tugu Digulis

Tak hanya memiliki Tugu Khatulistiwa, Pontianak juga memiliki Tugu Digulis atau Tugu Bambu Runcing yang bisa kamu sambangi. Tugu ini dibuat sebagai monumen untuk mengenang perjuangan para pemuda Kalimantan Barat untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Tugu ini memang terletak di pusat Kota dan mudah untuk kamu tuju. Monumen ini akan indah ketika kamu mengunjunginya pada malam hari.

Karena kamu akan melihat air manjur yang berpadu dengan warna warni lampu pada Tugu. Berada di Jl. Jenderal Ahmada Yani atau di Bundaran Untan membuat kamu juga bisa mengunjungi taman disekitarnya. Banyak juga penjual makanan yang bisa kamu coba sambil melihat keindahan kota Pontianak di malam hari. Jangan lupa untuk mengambil beberapa potret sebagai kenang kenangan mengunjungi objek wisata di Pontianak satu ini.

  1. Meseum Kalimantan Barat

Mengunjungi meseum satu ini akan membuat liburan kamu di Pontianak semakin lengkap. Meseum ini terbagi menjadi empat seksi yakni sesksi edukasi, peralatan dan kelembagaan. Wawasan kamu tentang Pontianak akan semakin bertambah ketika kamu mengunjungi tempat wisata Pontianak satu ini. Meseum ini buka saat hari kerja dengan harga tiket yang sangat murah. Bangunannya yang unik cocok untuk spot foto lho.

Pontianak menjadi salah satu Kota yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Tidak hanya memiliki universitas, rumah sakit namun juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Jika kamu tertarik kamu bahkan bisa menjadikan kota ini sebagai tempat tinggal, karena banyak sekali yang menyediakan jual rumah pontianak yang menarik perhatian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top