Tugas Yang Di Emban Oleh Seorang Pandu Laut

indonesia menjadi salah satu negara dengan wilayah laut yang sangat luas karena hampir 2/3 dari wilayah indonesia merupakan perairan dan lautan. Sehingga hal tersebut membuat kapal laut menjadi salah satu transportasi alternatif yang digunakan untuk perjalanan antar pulau. Perlu diketahui bahwa melakukan perjalanan laut memiliki cukup banyak resiko diantarnya seperti tenggelam, menabrak karang dan yang lainnya.

Keberadaan Pandu Laut  

Memiliki wilayah perairan yang luas dan banyaknya kapal yang melakukan pelayaran baik untuk alat transportasi ataupun untuk mencari ikan tentunya membuat kemungkinan terjadinya kecelakaan menjadi lebih besar. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, keeradaan seorang pandu laut menjadi sangat penting.

Tugas Seorang Pandu Laut

Secara umum pandu laut diartikan sebagai seorang petugas yang memiliki fungsi yang snagat penting yaitu untuk memberikan berbagai informasi mengenai keadaan perairan setempat, memberikan saran dan informasi kepada nahkoda, selain itu seorang pandu laut bertugas untuk memberikan bantuan apabila dibutuhkan. Sehingga keberadaan pandu laut akan membuat pelayaran yang dilakukan  menjadi lancar dan tertib sehingga keselamatan pelayaran bisa terwujud.

Tentunya tidak sembarang orang bisa dilantik menjadi seorang pandu laut. Karena tugas dari pandu laut sendiri sangat berat dan penuh dengan tanggung jawab. Oleh sebab itu untuk bisa menjadi seorang pandu laut maka peserta harus menjalani masa pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme dan juga keterampilan dalam memberikan bantuan kepada para nahkoda.

Di samping itu untuk bisa meningkatkan keterampilan dari para pandu laut biasanya rutin diadakan diklat. Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung  jawab yang diemban oleh seorang pandu laut.

  1. Pandu laut berkewajiban untuk memberikan informasi kepada nahkoda mengenai kondisi perairan setempat yang hendak dilalui oleh kapal.
  2. Pandu laut berkewajiban untuk memberikan saran dan bantuan apabila dibutuhkan oleh kapal yang melakukan pelayaran di wilayahnya.
  3. Pandu laut harus memastikan bahwa pelayaran bisa dilakukan dengan lancar dan tertib.

Itu tadi beberapa tugas dan kewajiban yang diemban oleh seorang pandu laut. Bagi kamu yang sekarang ini tertarik untuk menjadi seorang pandu laut maka kamu bisa mendaftar mulai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top