Info Lengkap Seputar Tes Potensi Skolastik di SBMPTN

Ketika masa sekolah menengah atas hampir selesai maka saatnya mempersiapkan untuk memasuki jenjang pendidikan baru. Untuk masuk ke jenjang pendidikan baru yaitu perguruan tinggi maka siap-siap menghadapi SBMPTN. Dalam tahapan SBMPTN ada Tes Potensi Skolastik. Apa itu Tes Potensi Skolastik?

Gambaran Singkat Terkait Tes Potensi Skolastik (TPS)

Aturan dalam pelaksanaan tes SBMPTN setiap tahun mengalami perubahan. Untuk mata pelajaran yang selalu diujikan selalu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah Tes Potensi Skolastik. Tes Potensi Skolastik adalah tes yang sering kali digunakan jika seseorang menginginkan lanjut ke perguruan tinggi di Amerika.

Awal mula munculnya tes ini dari The College Board. The College Board merupakan sebuah organisasi nirlaba yang mempunyai misi sebagai perantara atau jembatan antara siswa dan kesuksesan mereka dalam memasuki perguruan tinggi. Sebenarnya, tes ini tidak hanya berlaku di Amerika saja tapi bisa juga diberlakukan untuk negara maju lainnya seperti Australia, Finlandia, Singapura dan Inggris.

Lalu, kenapa TPS diberlakukan di Indonesia? Adanya materi TPS dalam tahapan lolos SBMPTN bertujuan agar generasi terdidik Indonesia bisa berkemampuan dan mampu bersaing dengan negara-negara maju. Jadi ketika Anda lolos TPS ini maka bisa bangga diri karena itu artinya Anda berkemampuan sama dengan siswa terdidik di negara maju.

pxhere.com

Cakupan Tes Potensi Skolastik

Sebelum Anda melakukan Tes Potensi Skolastik ini alangkah baiknya Anda menyiapkan segala dengan matang. Termasuk menyiapkan soal-soal yang berkaitan dengan tes yang akan diujikan, latihan TryOut UTBK TPS, dan lainnya. Dalam Tes Potensi Skolastik ini ada beberapa cakupan yang akan diujikan. Secara umum ada 2 jenis yaitu:

Reasoning Test

Reasoning Test artinya sebuah uji kemampuan yang diberikan kepada peserta didik seperti kemampuan dalam hal menulis, berhitung (matematika) dan membaca. Jenis TPS ini yang sering kali digunakan dalam pengujian untuk masuk ke SBMPTN. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan jenis TPS yang lainnya.

Subject Test

 Subject Test adalah sebuah uji kemampuan yang ditujukan kepada peserta didik untuk bidang-bidang tertentu; misalnya: kemampuan dalam berbahasa asing, memiliki pengetahuan tentang sejarah dan keterampilan sains.

Dari dua jenis cakupan TPS, Reasoning Test paling sering diujikan. Tipe soal dalam Reasoning Test ini biasanya berupa tes matematika, soal membaca dan menulis dan kecakapan berbahasa.

pxhere.com

Kriteria Soal Tes Skolastik pada SBMPTN

Meskipun TPS mengikuti cara yang dilakukan oleh The College Board namun ada beberapa penyesuaian. Jika di The College Board membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk peserta didik menyelesaikan ujiannya maka di Indonesia sendiri waktu yang diberikan kisaran 105 menit saja. untuk kriteria soal yang diujikan berdasarkan kemdikbud mencakup:

Subtes Kuantitatif

Dalam subtes ini akan diujikan kepada peserta didik kemampuan dalam soal matematis secara sederhana, pemahaman dalam konsep matematika dan beberapa soal yang harus diselesaikan seperti deret angka, geometri, aljabar dan aritmatika.

Subtes Penalaran

Peserta didik juga akan diuji untuk kemampuannya dalam menganalisis. Untuk uji kemampuan subtes penalaran ini peserta didik dituntut untuk bisa mengorganisasi informasi menjadi lebih relevan dalam penyelesaian sebuah masalah. Subtes penalaran dapat berupa diagram, penalaran analitis dan penalaran logis.

pxhere.com

Cara Mempersiapkan Tes Skolastik

Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan mencoba beberapa soal TryOut UTBK TPS di tahun sebelumnya. Namun selain itu Anda harus menyiapkan hal lainnya agar bisa lolos Tes Potensi Skolastik ini. Perlu Anda ketahui bahwa Tes Potensi Skolastik dari tahun ke tahun perbedaannya tidak jauh beda.

Sudah banyak soal-soal dari tahun sebelumnya yang bisa Anda manfaatkan untuk berlatih menghadapi tes ini. TPS adalah sebuah uji kemampuan dalam hal wawasan, menguji kemampuan Anda dalam memecahkan masalah dan kemampuan dalam berpikir logis. Jadi Anda tidak perlu panik dan hal yang terpenting adalah terus berlatih berulang-ulang serta asah terus kemampuan.

Bagaimana? Dengan mengetahui info seputar Tes Potensi Skolastik di atas sudah ada gambaran, bukan? Anda harus tetap tenang dan rajin berlatih. Coba pelajari soal-soal TryOut UTBK TPS tahun sebelumnya. Berlatih dan pahami jenis soal tersebut. Dengan begitu Anda akan lebih mudah lolos tes ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top