Sudah Tahu Cara Membuat Ikan Bakar Cianjur yang Menggugah Selera ?

Sudah pernah mencicipi ikan bakar Cianjur ? Olahan hidangan khas Sunda ini cukup terkenal dengan kelezatan rasanya. Selain dagingnya yang empuk, bumbu khas Cianjur ini memberikan aroma yang sudah pasti menggugah selera sekali anda menciumnya. Tidak perlu jauh-jauh membeli, anda dapat membuat sendiri ikan bakar ini. Yuk intip cara membuat ikan bakar khas CIanjur berikut.

Resep Ikan Bakar Khas CInajur

  1. Persiapkan Bahan dan Rempah

Anda dapat menggunakan ikan apapun yang ingin diolah, umumnya ikan bakar khas Cinajur ini akan menggunakan ikan Gurami. Ukuran untuk ikan gurami sebaiknya yang berukuran sedang atau besar, sekitar 400 gram atau 500gram untuk menambah cita rasanya. Gunakan ikan yang masih segar, agar dagingnya sangat mudah empuk.

Bahan lainnya untuk membuat bumbu ikan bakar khas Cianjur seperti bawang merah, ketumbar, cabai merah, jahe, jeruk nipis, asam jawa, kecap manis, garam, hingga minyak goreng. Untuk bawang merahnya setidaknya memerlukan 6 butir saja, sedangkan untuk ketumbah cukup 2 sendok. Pilihlah jahe yang berukuran kurang lebih 2 cm, agar lebih enak saat dimasak.

  1. Cuci Bersih Ikan dan Seluruh Bahan

Hal pertama ketika memulai masak ikan bakar Cianjur adalah, mencuci seluruh bahan dengan baik. Potong ikan gurami menjadi 2 bagian, dan buang bagian dalamnya. Potong tipis atau gores beberapa bagian kulit luar gurami, agar bumbu dapat meresap hingga lapisan terdalam ikan. Selain ikan, anda juga perlu membersihkan seluruh bahan seperti jahe hingga bawang merah.

  1. Haluskan Bumbu

Letakkan ikan kedalam air yang berisi jeruk nipis, untuk menghilangkan bau amis dari ikan. Selama ikan direndam, anda dapat membuat bumbunya terlebih dahulu. Haluskan berbagai macam bumbu yang telah disiapkan, lalu berikan perasa seperti garam satu sendok kecil. Pastikan bahwa seluruh bumbu cukup halus, untuk selanjutnya akan ditumis.

  1. Tumis Bumbu dan Masukan Asam Jawa

Siapkan penggorengan dan berika minyak tidak terlalu banyak, masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis seluruh bahan tersebut hingga tercium aroma  dari bumbu tersebut, usahakan untuk mengatur api kompor agar tidak terlalu panas. Setelah dirasa cukup harum, saatnya anda untuk memasukkan asam jawa dan aduk sebentaragar seluruh bumbu tercampur dengan sempurna.

  1. Oleskan Bumbu Pada Ikan

Berikan kecap kepada bumbu, dan aduk hingga bumbu kembali merata. Setelah itu matikan kompor dan oleskan bumbu pada seluruh bagian ikan dengan rata, dan anda dapat mempersiapkan tempat pembakarannya. Jika anda menggunakan pembakaran arang, maka tunggu hingga arang menjadi bara api. Panggang ikan bakar Cianjur hingga daging benar benar empuk, di kedua sisinya.

Siapa yang tidak menyukai ikan bakar ? Apalagi ikan bakar khas Cianjur ini memiliki bumbu yang sangat menggugah selera. Aroma menggiurkan serta daging yang mepuk, tentu membuat siapapun sulit untuk menolah hidangan satu ini. Kini anda tidak perlu keluar rumah untuk membeli hidangan ini, dengan mengikuti resep tersebut anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top