Strategi Bisnis Perusahaan

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, ada dua definisi dari kata perusahaan. Definisi pertama perusahaan berarti kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang – barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya). Definisi yang lain dari kata perusahaan adalah organisasi berbadan hukum yang mengadakan transaksi atau usaha.

Jenis – jenis perusahaan

Karena unsur – unsur perusahaan seperti kegiatan, objek, bahkan hingga pelakunya berbeda – beda, perusahaan memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis perusahaan yang dibedakan berdasarkan kepemilikan dan lapangan usahanya:

  1. Jenis – jenis perusahaan berdasarkan kepemilikan perusahaan

Berdasarkan kepemilikan perusahaan, ada beberapa jenis perusahaan yang berbeda, yaitu:

  1. Perusahaan dengan kepemilikan negara

Perusahaan jenis ini didirikan oleh negara. Modal yang digunakan pun berasal dari negara.

  1. Perusahaan milik swasta

Perusahaan ini didirikan oleh bukan negara. Modal yang didapatkan juga bukan dari negara.

  1. Koperasi

Pernah dengar tentang koperasi, kan? Koperasi merupakan jenis perusahaan yang didirikan oleh anggota koperasi itu sendiri dengan asas kekeluargaan. Modal yang didapatkan juga berasal dari anggota koperasi tersebut.

  1. Jenis – jenis perusahaan berdasarkan lapangan usahanya
  2. Perusahaan perdagangan

Seperti namanya, perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang kegiatannya     meliputi kegiatan jual beli. Contoh perusahaan perdagangan adalah mini market dan           sebagainya.

  1. Perusahaan jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menyediakan layanan atau jasa bagi konsumennya. Contoh perusahaan jasa adalah asuransi, perbankan, dan lain sebagainya.

  1. Perusahaan agraris

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata agraris sendiri memliki beberapa definisi yang salah satunya berbunyi “Mengenai pertanian atau tanah pertanian”. Jadi, perusahaan agraris merupakan perusahaan yang kegiatannya identik dengan pengolahan ladang atau tanah pertanian. Contoh perusahaan agraris adalah perusahaan perkebunan dan lain sebagainya.

  1. Perusahaan ekstratif

Perusahaan ekstratif adalah perusahaan yang berfokus pada pengolahan atau pemanfaatan kekayaan alam. Contoh kekayaan alam yang diolah oleh perusahaan ini adalah batu bara dan kekayaan alam sejenisnya.

  1. Perusahaan industri

Perusahaan industri adalah perusahaan yang kegiatannya berupa peningkatan nilai guna suatu barang. Maksudnya adalah barang yang awalnya mentah diubah menjadi setengah jadi. Selain itu bisa juga berupa pengolahan barang setengah jadi menjadi barang jadi yang siap dipasarkan. Ada banyak sekali perusahaan industri yang sukses dan berskala mega.

Apa itu bisnis?

Secara singkat, pengertian bisnis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat dipahami sebagai usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang. Bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi dengan tujuan mencari keuntungan.

Macam – macam bisnis

Kegiatan bisnis dikelompokkan berdasarkan sektornya. Alhasil, bisnis memiliki banyak macam. Beberapa jenis bisnis yang dikelompokkan berdasarkan sektor yang menjadi fokusnya adalah:

  1. Bisnis manufaktur

Bisnis manufaktur merupakan bisnis dengan kegiatan yang berupa pengolahan bahan mentah  menjadi barang jadi yang siap pakai.

  1. Bisnis konstruksi

Sesuai namanya, bisnis ini berfokus pada kegiatan pembangunan kunstruksi atau infrastruktur layaknya jembatan, jalan layang, hingga gedung perkantoran.

  1. Bisnis komunikasi

Tentu saja bisnis komunikasi memiliki objek bisnis berupa hal – hal yang berhubungan dengan komunikasi. Bisnis ini mempermudah kebutuhan masyarakat akan komunikasi dn informasi. Contoh produk dari bisnis komunikasi adalah handphone, televisi, dan parabola.

  1. Bisnis transportasi

Transportasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat crucial bagi masyarakat kebanyakan. Bisnis transportasi merupakan usaha yang menyediakan produk yang berhubungan dengan transprtasi yang dapat mempermudah mobilitas konsumennya.

  1. Bisnis perdagangan

Bisnis perdagangan sepertinya sudah umum di lapangan. Bisnis ini berfokus pada kegiatan perniagaan.

  1. Bisnis jasa

Sesuai namanya, bisnis jasa tentu saja merupakan usaha yang menyediakan layanan atau jasa.

  1. Bisnis produksi bahan mentah

Bisnis produksi bahan mentah biasanya melakukan produksi pada bahan mentah seperti yang ada di alam. Contoh kekayaan alam yang biasa diolah adalah batu bara.

Apa itu strategi bisnis perusahaan?

Setelah mengetahui beberapa hal terkait bisnis dan perusahaan, mari membahas mengenai strategi bisnis. Dalam menjalankan perusahaan, pengusaha – orang yang menjalankan perusahaan – perlu memiliki strategi untuk tercapainya target keuntungan. Kata strategi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Singkatnya, strategi bisnis merupakan suatu rancangan atau rencana yang telah dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan.

Beberapa strategi bisnis perusahaan yang mungkin dapat dicoba adalah:

  1. Strategi pengembangan produk

Sebagai seorang pengusaha yang menjalankan perusahaan, tentu pengusaha memiliki produk yang dikembangkan. Strategi pengembangan produk berfokus pada cara membuat sebuah produk bisa diterima oleh pasar.

  1. Strategi pengembangan pasar

Pasar merupakan lahan tempat sebuah produk dijajakan. Di lahan ini produk sebuah perusahaan bersaing dengan produk perusahaan lain. Strategi pengembangan pasar berisi upaya untuk memaksimalkan potensi pasar.

  1. Strategi penyerangan

Strategi penyerangan tidak untuk dilakukan dengan cara negatif. Contoh mudah dari strategi penyerangan adalah menghadirkan promo besar – besaran agar pasar lebih dikuasai.

Selain strategi bisnis perusahaan yang baik, sebuah perusahaan juga memerlukan sertifikat ISO 9001 untuk menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah terakreditasi. Hal ini akan memberi nilai plus bagi perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top