Sekilas Tentang Keindahan Pantai Sungai Pisang

Sungai Pisang adalah salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, yang mana salah satu Kelurahan Paling Selatan di Kota Padang.

Tentang Pantai Sungai Pisang

Rute Perjalanan

Akses jalan menuju Sungai Pisang masih sangat susah karena medan jalan yang masih bebatuan serta bila musim penghujan datang medan akan bertambah sulit karena licin serta medan yang terjal khas daerah perbukitan. Potensi wisata Sungai Pisang sangat tinggi, karena tempat ini memiliki pesona alam yang sangat indah, terdapat pandai, area persawahan serta perbukitan.

Sungai Pisang merupakan titik paling strategis untuk mengakses pulau – pulau yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Diantaranya Mandeh, Pulau Pasumpahan, Sirandah, Sironjong, Pagangn dan Sikuai. Namun sarana dan prasarana yang mencakup wilayah tersebut masih sangat kurang, hal ini yang membuat pemerintah sekitar merencanakan pembangunan infra struktur untuk mencapai daerah – daerah sekitaran Sungai Pisang. Apabila jalan penghubung sudah terealisasikan, pasti akan bertambah banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke kawasan wisata sungai pisang.

Warga lokas sekitaran kawasan sungai pisang mayoritas bekerja sebagai nelayan dan adapula yang bercocok tanam. Di daerah kawasan wisata Sungai Pisang, masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat dari para leluhur. Hal itu pula yang bisa dimanfaatkan sebagai wisata kampung budaya, dengan makanan – makanan tradisional serta pernak – pernik khas daerah Sungai Pisang.

Fasilitas

Di Sungai Pisang terdapat beberapa kapal penyebrangan yang dapat mengantar anda ke pulau – pulau sekitar, dengan biaya berkisar Rp.35.000,- hingga Rp.50.000,- perorang untuk biaya bolak balik dari Sungai Pisang ke Pulau Pasumpahan. Daratan Pulau Pasumpahan memiliki luas 16,9 Hektar serta keliling 1.916 Meter, seperti pulau – pulau kecil lainnya di Sumatera Barat, memiliki pasir yang berwarna putih serta ditumbuhi banyak pohon kelapa.

Apabila anda tidak ingin berkunjung ke Pulau Pasumpahan, ada tujuan lain yang sangat terkenal, yaitu Teluk Mandeh. Bahkan Presiden Indonesia ke 7 pernah mengatakan bahwa Teluk Mandeh merupakan Raja Ampatnya Sumatera, dengan menghadirkan pemandangan perbukitan yang masih alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top