Ide Resep Masakan Rumahan Berkuah Menggugah Selera

Resep masakan rumahan berkuah memang seringkali menjadi menu wajib yang tak boleh terlewat untuk dihidangkan. Kuah segar berpadu dengan bahan serta bumbu lengkap dijamin bisa membuat acara makan semakin terasa spesial. Mungkin ada beberapa di antara Anda yang berpikir membuat sayur berkuah itu lebih ribet prosesnya. Namun kami punya referensi resep yang mudah untuk Anda coba.

Sedikit meluangkan waktu untuk memberi hidangan spesial bagi keluarga tercinta tentunya bukan ide yang buruk. Daripada Anda harus membuang uang setiap hari dan menjadi lebih boros, ada baiknya menyempatkan membuatnya sendiri. Berikut akan kami sertakan tips memasak sayur berkuah yang super lezat sekaligus mudah untuk menjadi hidangan spesial bagi keluarga tercinta. Selamat mencoba ya.

Resep Sayur Kerecek Spesial

Sayur kerecek spesial untuk menu hidangan makan keluarga dijamin akan memberikan citarasa kenyal unik nan menggugah selera. Untuk Anda yang berminat membuatnya, jangan khawatir, berikut kami tuliskan resepnya yang termudah.

unsplash.com

Pertama-tama Anda harus menyiapkan bahan berupa daging apa saja sesuai selera sebanyak segenggaman tangan. Tambahkan pula semangkuk kerecek. Tambahkan pula tahu kuning sebanyak 3 buah yang dipotong agak tipis dan digoreng kering. Jangan lupa tambahkan sayuran. Bisa buncis 10 buah dan wortel 2 buah berukuran kecil. Potong-potong sesuaikan dengan ukuran tahu goreng milik Anda tadi ya.

Nah, untuk bumbu halusnya Anda cukup sediakan 4 siung bawang merah, 3 biji cabai keriting serta 5 biji cabai merah. Jangan lupa juga untuk siapkan bumbu garam, gula, merica, kaldu ayam, air serta minyak secukupnya. Sediakan juga 1 pak santan instan, 1 lembar daun salam, serta 1 batang sereh. Jika sudah tersaji semua bahan lengkap, saatnya kini kita mulai untuk mengeksekusi resep sayur spesial ini.

Pertama kali yang harus dilakukan yakni menyiapkan minyak goreng panas untuk menumis bumbu halus. Jangan lupa masukkan daun salam serta sereh juga ya. Masak hingga tercium bau harum. Setelah itu siram dengan air secukupnya. Masukkan daging dan tumis sampai terlihat mulai empuk. Kemudian Anda bisa tambahkan sayuran buncis dan wortel. Tunggu sampai bahan tersebut agak layu.

Jangan lupa tambahkan semua bumbu penyedap secara lengkap secukupnya. Santan instan juga ditambahkan. Untuk selanjutnya hampir terakhiran, masukkan tahu goreng serta kerecek. Aduk secara merata. Jangan lupa tes rasa ya.

Tunggu sebentar hingga kuah sayur agak meresap sempurna pada bahan sayuran Anda. Biarkan kerecek mulai sedikit melembek juga. Anda bisa kecilkan apinya pada tahap satu ini. Aduk terus hingga merata tapi jangan terlalu keras sehingga menghancurkan tekstur bahan sayuran kuah Anda. Setelah dirasa cukup masak sempurna, Anda bisa siapkan sayur kerecek spesial dalam mangkuk siap hidang.

unsplash.com

Resep Sayur Bening Seafood

Resep sayur berkuah yang bisa Anda coba selanjutnya adalah sayur bening seafood. Bahan utama yang Anda butuhkan di antaranya adalah 1 ekor kakap putih. Cuci dan bersihkan kakap dan lumuri dengan perasan air jeruk nipis hingga hilang bau amisnya. Siapkan juga air sebanyak 1,5 liter yang akan digunakan sebagai kuah nantinya.

Sedangkan bumbu-bumbu yang Anda butuhkan adalah garam, 3 serai, 3 cm jahe, 3 cm lengkuas, 5 lbr daun jeruk dan dua lembar daun pandan. Sedangkan untuk bumbu halusnya adalah merica, 3 buah cabai besar, dua cabai hijau, 8 siung bawang merah dan 5 siung bawang putih. Jangan lupa untuk menambahkan 6 buah tomat, 3 sdm perasan jeruk nipis dan 20 cabai rawit.

Jika bahan-bahan sudah siap, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memanaskan api. Setelah mendidih masukkan jahe, serai, lengkuas, daun jeruk, daun pandan, garam dan merica.

Setelah air sudah tercampur sempurna dengan bumbu, maka Anda bisa memasukkan ikan kakap putih. Masukkan juga bawang merah, bawang putih, cabaoi merah dan cabe hijau. Selanjutnya Anda tinggal meneruskan memasak hingga ikan kakap menjadi lunak. Untuk sentuhan akhir Anda bisa menambahkan kemangi, perasan jeruk nipis, tomat dan cabai rawit lalu aduk rata. Siap dihidangkan.

Demikianlah inspirasi resep masakan rumahan berkuah paling menggugah selera yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Perpaduan rasa segar dengan citarasa yang kaya dijamin akan membuat setiap anggota keluarga menggemarinya. Nah, untuk mendapatkan ide seputaran resep masakan atau juga info ter-update lainnya, kini Anda bisa percayakan pada situs tipsberbagi.com yang tentunya bisa diandalkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top