Potong dan Grafir Kayu dengan CNC Router

Anda tentu sering melihat kayu yang di grafir dengan ukiran tertentu. Namun, tahukah Anda bagaimana cara pembuatannya. Memotong dan menggrafir kayu bisa digunakan dengan cara manual atau menggunakan mesin. Biasanya menggunakan cara manual apabila pemesanan dalam jumlah sedikit, sedang menggunakan mesin untuk produksi ukiran kayu dalam jumlah banyak.

Pemotongan dan grafir kayu dalam produksi banyak biasanya mengguakan mesin yang disebut dengan CNC router. CNC router adalah mesin yang dilengkapi dengan digital signal processing (DSP) untuk memotong atau mengukir bahan. Pengoperasiannya bisa digunakan secara otomatis menggunakan komputer dan manual menggunakan layar monitor portable.

pixabay.com

CNC router sering digunakan untuk mengganti cara manual dalam memotong dan mengukir/grafir kayu oleh para pengrajin kayu ukiran. Dengan menggunakan mesin ini, para pengrajin bisa memproduksi kayu ukir atau grafir dalam jumlah yang banyak. Sehingga, lebih menguntungkan dan menghemat waktu. Biasanya, mesin ini digunakan untuk kebutuhan pabrikan.

Zaman dulu memang melakukan potong dan grafir kayu dengan CNC router masih sedikit sekali. Hal ini karena penggunaan alat canggih memerlukan biaya produksi yang tidak sedikit. Namun, semakin berkembangnya zaman, mesin CNC router ini semakin banyak yang membutuhkannya, karena manfaatnya yang dihasilkan dari penggunaannya memang sangat banyak.

Bahkan, mesin ini sudah bukan saja digunakan oleh perusahaan besar saja, melainkan juga industri rumahan. Hal ini tentu saja karena mesin ini membuat pekerjaan semakin mudah dan lebih cepat, serta memiliki kegunaan yang beragam. Lantas, apa saja fungsi dan kegunaan dari mesin CNC router? Mesin CNC router memiliki 3 kegunaan, yaitu sebagai berikut:

  1. Kegunaan yang pertama adalah untuk memotong atau cuttingkayu sesuai kebutuhan. Pengoperasiannya bisa menggunakan komputer secara otomatis. Keuntungan menggunakan cara ini adalah bisa mengurangi kesalahan dalam pemotongan, sehingga juga bisa menghemat biaya produksi dari kayu yang dipotong.
  2. Kegunaan yang kedua adalah untuk menggrafir atau engraving. Dengan menggunakan mesin ini, grafir kayu bisa semakin terlihat lebih bagu dan memiliki kesan yang lebih unik. Tentu saja ini akan membuat barang yang dihasilkan semakin memuaskan dan indah dipandang. Banyak para pengrajin kayu yang menggunakan mesin ini untuk menggrafir kayu olahannya.
  3. Fungsi lainnya selain potong dan grafir kayu dengan CNC router adalah untuk pembuatan marka. Marka yang dimaksud di sini adalah pemberian tanda-tanda pada kayu yang akan digunakan, sehingga sentuhan finishingakan sesuai dan lebih rapi. Fungsi ini biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang membuka jasa CNC router untuk marka.
pixabay.com

Setelah mengetahui beberapa fungsi atau kegunaan dari mesin CNC router, penting juga untuk menegetahui lebih jauh tentang cara kerja dari mesin CNC router. Dengan mengetahui cara kerja mesin CNC router, maka ini bisa digunakan sebagai referensi. Nah, berikut ini adalah cara kerja mesin CNC router yang perlu diketahui:

  1. Hal pertama yang harus dipahami tentang CNC router ini adalah basis CNC router dalam melakukan pemotongan, grafir, atau marking adalah memakai mata bor dengan berbagai macam bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan. Mata bor ini dipasangkan pada bagian kepala spindle yang akan bergerak secara otomatis mengikuti pergerakan yang dibutuhkan. Mata bor mesin ini pun beragam.
  2. Mesin ini bisa menggerakkan mata bor tersebut ke arah kanan dan kiri, maju dan mundur, juga turun dan naik. Dengan gerakakan ini, tentu saja mesin ini dapat melakukan grafir kayu dengan hasil tiga dimensi dan memiliki hasil ukiran yang sangat pas, sesuai dengan desain yang telah ditentukan sebelumnya.
  3. Karena mesin ini menggunakan mata bor, maka sebaiknya para pemilik jasa CNC router melakukan pemeriksaan secara berkala akan ketajamannya. Sebab, ketajaman mata bor tersebut lama kelamaan akan “haus” dan berakibat fatal, yaitu mata bor bisa patah. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi hasil produksinya.
  4. Pemotongan yang dilakukan mungkin memang tidak bisa terlalu tajam, karena menggunakan mata bor. Sehingga, hasil pemotongan yang masih ada lekukan akan disesuaikan dengan diameter mata bor itu yang digunakan untuk memotong. Ini sebetulnya menjadi kekurangan dari mesin router kayu dari sejumlah kelebihan yang dimilikinya.
  5. Soal harga, mesin CNC router memiliki harga yang cukup variatif tergantung dari jenisnya. Sebab, memang jenis mesin ini bisa dikatakan sangat banyak. Semakin banyak fungsi yang ditawarkan, maka semakin tinggi juga harga yang ditawarkan. Untuk itu, sesuaikan pembeliannya dengan kebutuhan produksi Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai mesin CNC router yang banyak dimanfaatkan untuk memotong, menggrafir, dan membuat marka oleh para pengusaha kayu ukir. Jika ingin menggunakan jasanya, usahakan pilihlah jasa potong dan grafir yang menggunakan mesin CNC router berkualitas baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top