Inilah Perlengkapan Umroh Wanita Untuk Menunjang Ibadah!

Tahukah Anda seperti apa perlengkapan umroh wanita yang dibutuhkan? Perlengkapan ini tentunya wajib dibawa sewaktu pelaksanaan ibadah dilakukan. Jadinya, Anda harusnya mempersiapkan dari awal agar tidak kerepotan di sana.

Perlengkapan yang dimaksud di sini tak lain perlengkapan untuk menunjang kebutuhan ibadah. Tentunya, ini berhubungan dengan ihrom. Yakni memakai pakaian yang utamanya adalah memakai pakaian serba putih.

Pakaian Ihrom Wanita

pixabay.com

Pakaian ihrom bagi wanita ini sebenarnya telah dipersiapkan sejak awal. Biasanya sebelum keberangkatan, pakaian ini sudah disediakan. Bahkan dibantu penyediaannya oleh biro ketika Anda melakukan pendaftaran.

Anda sudah tidak lagi perlu memikirkannya repot-repot. Anda cukup membiayai umroh murah yang ditawarkan. Kemudian melakukan pembelian pakaian tersebut sesuai yang direkomendasikan.

Sebagai penambah wawasan, pakaian ihrom khusus wanita ini dipandang lebih bebas ketimbang kaum pria. Faktanya, pakaian khusus lelaki yang hanya menggunakan 2 helai kain tidak berlaku bagi wanita.

Wanita yang berumroh hanya disyaratkan untuk memakai pakaian ihrom yang cukup untuk menutup auratnya saja. Yang paling penting adalah pakaian tersebut tidak membentuk lekuk tubuhnya. Itu sudah cukup untuk memenuhi persyaratannya.

Melihat kondisi ini, seorang wanita cukup mengusahakan pakaian yang bisa menutup seluruh auratnya. Terhitung dengan melepas dua bagian. Yakni menghindari pemakaian cadar dan kaos tangan. Karena kedua area ini tidak termasuk aurat wanita.

Sementara untuk bagian kaki termasuk aurat. Wanita diwajibkan untuk menutupinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan kaos kaki. Tetapi bila wanita menggunakan bawahan rok yang menjulur dan menutupi kakinya, itupun sudah cukup.

Bagi Anda yang sedang mengikuti paket umroh murah dari travel tour, Anda harus menyediakan pakaian ini sejak awal. Karena Anda harus menggunakannya dalam kurun waktu beberapa hari, Anda dianjurkan untuk membawa 2-3 potong pakaian ihrom.

Kenapa? Karena cukup lamanya durasi pemakaian, pakaian ini lebih mudah untuk kotor. Makanya, Anda dianjurkan untuk membawa lebih dari 1 pakaian ihrom.

Lamanya Menggunakan Pakaian Ihrom

Bukan hanya pakaian ihrom saja yang harus dibawa, perlengkapan umroh wanita seperti pakaian non ihrompun harus dibawa. Pakaian seperti ini hanya digunakan sehabis ihrom. Baik untuk keperluan istirahat, ziarah ke suatu tempat dan lain sebagainya.

Sebelum menggunakan pakaian biasa, Anda harusnya menyadari kapan seharusnya melepas pakaian ihrom itu. Jangan sampai melakukan pelanggaran. Karena pelanggaran ini akan membuat ibadah tercederai dan solusinya adalah membayar dam (sembelihan).

Mengenai durasi penggunaan pakaian ibadah ihrom ini, penggunaannya terhitung sejak melakukan niat ihrom. Tepatnya niat ini dilantunkan ketika berada di miqot zamani. Praktis setelah niat ini, pakaian ihrom wajib dikenakan dan larangannyapun harus dihindari.

Dan penggunaan pakaian ini baru berakhir ketika tahallul dilakukan. Meskipun pada kenyataannya, tahallul ini masih banyak yang mengenakannya. Tapi setelah proses pemotongan rambut, pakaian ihrom sudah bisa dilepas tanpa khawatir akan melakukan pelanggaran.

Cara Memilih Pakaian Ihrom

pixabay.com

Untuk menunjang kelangsungan ibadah umroh yang sempurna, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Selain membekali ilmu dan tata cara umroh, Anda juga perlu memperhatikan pakaian yang sesuai di sana. Lebih tepatnya untuk mendukung sahnya ibadah serta mendukung kenyamanan ketika dikenakan. Diantara cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Utamakan Warna Putih

Faktanya, pakaian ihrom ini tidak melulu harus yang berwarna putih. Dulu di zaman Rosululloh, beliaupun ihrom menggunakan pakaian berwarna hijau. Ini merupakan sebuah percontohan bahwa pakaian berwarna selain putih masih diperbolehkan.

Meskipun begitu, beliau tetap memberikan teladan dengan memakai pakaian serba putih saat ihrom adalah yang terbaik. Artinya, keafdolan pakaian ihrom adalah berwarna putih. Makanya, para jemaah dianjurkan untuk mengenakannya.

  1. Hindari Mengenakan Pakaian Menerawang/Membentuk Tubuh

Selain muka dan telapak tangan, seluruh tubuh wanita adalah aurat. Aurat sendiri wajib disembunyikan. Bahkan itu berlaku seperti menyembunyikan lekuk tubuh dari pandangan lelaki.

Ingat, Anda sedang beribadah di tanah suci. Menjaga kehormatan diri sendiri dan tanah suci jauh lebih utama. Dengan niatan seperti ini, ibadah Anda jauh lebih sempurna.

  1. Pilih Pakaian Yang Baik Dalam Menyerap Keringat

Cuaca di tanah suci cukup terik. Hal ini membuat jemaah akan mudah untuk mengeluarkan keringat. Keringat ini akan bercucuran bila Anda belum terbiasa dengan cuaca tersebut.

Untuk menghindari keringat yang terus menetes, sebaiknya pilih pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik. Dengan pakaian seperti ini, Anda tidak akan sering melakukan pergantian. Bahkan ibadahpun akan lebih nyaman dan khusyu.

Kesimpulannya, lebih bijaklah dalam menentukan pakaian ihrom. Bawa seperlunya sesuai kriteria. Sisanya, Anda bisa menyematkan perlengkapan umroh wanita beberapa potong untuk kegiatan selain ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top