Perbedaan Jamur Pada Tempe Dan Tape

Pernahkah Anda berpikir bagaimana bisa biji-biji kedelai menyatu dan padat sehingga menjadi tempe? Jamur jenis apa yang membantu proses fermentasi tempe? Samakah Jamur pada tempe dengan jamur pada tape?

Tentu saja dua jenis jamur itu berbeda, meski namanya sama-sama ragi tapi fungsinya berbeda.  Jamur atau ragi tempe disebut Rhizopus sp. Jamur ini tumbuh dan menghubungkan biji-biji kedelai ketika proses fermentasi berlangsung.

Sementara jamur proses fermentasi tape disebut saccharomyces cerevisiae. Fungsinya mengubah pati menjadi glukosa dan akhirnya menghasilkan alkohol yang dapat dicerna.

Meski sama-sama mengandung probiotik dan prebiotik, manfaat tempe dan tape bagi tubuh pun sedikit berbeda namun saling melengkapi. Tempe sebagai sumber protein yang melebihi protein hewani dan tape yang bagus untuk pencernaan.

Kandungan protein pada tempe membuat para vegetarian melirik ke makanan asal Indonesia ini. Sehingga banyak yang memproduksi tempe sebagai menu pengganti daging. Malahan, tempe ini sangat sering dikonsumsi di tiap harinya. Itulah perbedaan utama antara jamur pada tempe dan tape.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top