Penjelasan Paragraf Beserta Unsur Dan Syaratnya

Kumpulan kalimat yang berisi satu ide pokok atau gagasan utama itulah yang dinamakan dengan paragraf. Dengan paragraf yang baik hal itu tentu akan membantu penulis maupun pembaca dalam memahami isi artikel ataupun karya tuliss.

Dalam menyampaikan ide atau gagasan pokok dalam sebuah paragraf harus mengikuti aturan yang benar. Hal tersebut bertujuan supaya pembaca tidak merasa kebingungan pada saat membaca artikel atau karya tulis yang dibuat oleh penulis.

Secara sederhana paragraf dapat dikatakan sebagai grup atau gabungan dari beberapa kalimat yang menjelaskan suatu ide pokok. Untuk dapat membuat ataupun memahami paragraf dengan baik tentu sebagai penulis paling tidak harus mengerti unsur-unsur paragraf.

Berikut ini ada beberapa penjelasan paragraph yang kami kutip dari website Hidupsimpel, untuk dijadikan sumber pengetahuan dan informasi untuk Anda.

Unsur-Unsur Paragraf

Paragraf memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan oleh seorang penulis. Pasalnya jika seorang penulis memahami unsur-unsur yang ada pada paragraf tentu bukan hal yang sulit bagi seorang penulis untuk dapat menghasilkan atau membuat sebuah artikel ataupun karya ilmiah yang bagus.

Topik

Salah satu unsur penting yang ada pada paragraf adalah topik atau gagasan utama. Topik atau gagasan utama adalah bagian paragraf yang merupakan pokok atau inti dari pergaraf yang dibuat.

Dengan kata lain topik merupakan pondasi dari sebuah paragraf yang ingin dibuat. Pasalnya ketika ingin membuat sebuah paragraf tentu seorang penulis harus mengetahui topik paragraf tersebut terlebih dahulu. Dimana dengan topik tersebut nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah paragraf dalam artikel ataupun karya tulis.

stocksnap.io

Kalimat Utama

Setelah berhasil menentukan topik paragraf, penulis akan membuat sebuah kalimat utama. Dimana kalimat utama merupakan unsur paragraf lainnnya selain topik. Kalimat utamattt merupakan sebuah kalimat yang isinya mengandung topik atau gagasan utama yang dituliskan secara tersirat.

Kalimat utama biasanya berisi kalimat yang bersifat umum. Pasalnya dengan kalimat utama tersebut nantinya akan dikembang lagi dengan beberapa kalimat penjelas sehingga akan menghasilkan paragraf yang bagus.

Kalimat Pendukung

Unsur lainnnya yang ada didalam paragraf adalah kalimat pendukung. Kalimat pendukung dapat diartikan sebagai kalimat yang mengandung gagasan penjelas. Adapun fungsi dengan adanya kalimat penjelas adalah untuk mendukung atau memperjelas gagasan uatama yang terdapat dalam kalimat utama.

Kalimat pendukung biasanya berisi tentang sebuah data yang berupa fakta, opini, contoh ataupun data lainnnya yang dapat menguatkan kalimat utama.

Transisi

Transisi memiliki kontribusi yang cukup besar dalam menghasilkan sebuah paragraf yang bagus. Pasalnya untuk dapat menghasilkan sebuah paragraf yang bagus kalimat-kalimat yang ada didalam paragraf harus disusun menggunakan transisi atau konjungsi.

Transisi yang sering dipakai dibedakan menjadi 2 macam yaitu tanransisi antar kalimat dan transisi intra kalimat.

Adapun yang dimaksud dengan transisi atau kata penghubung intra kalimat adalah kata sambung yang digunakan untuk menghubungkan antara kalimat induk dengan anak kalimat. Misalnya kata dan agar, tapi dan lin sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan transisi antar kalimat adalah kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan antar kalimat yang ada didalam paragraf. Misalnya seperti kata oleh karena itu, lagi pula, terlebih lagi serta masih banyak lagi kata lainnya.

stocksnap.io

Penegas

Unsur lainnya yang ada didalam paragraf adalah penegas. Berbeda dengan unsur lainnnya yang ada didalam paragraf, penegas merupakan unsur paragraf yang sebeanrnya tidak terlalu penting. Pasalnya tidak semua paragraf menggunakan penegas.

Adapun fungsi dari penegas itu sendiri adalah untuk memperbagus atau menambah daya tarik sebuah paragraf. Dengan begitu pembaca akan lebih tertarik lagi untuk membaca paragraf tersebut. Selain itu dengan adanya penegas pembaca akan terhindar dari kebosanan yang bisa terjadi saat membaca paragraf.

Syarat Paragraf

Setelah mengetahui unsur-unsur paragraf, ada hal lain yang harus dipahami ketika membuat sebuah paragraf. Dimana untuk bisa membuat paragraf yang bagus selain penulis harus mengetahui unsur-unsur paragraf penulis juga harus mengetahui syarat paragraf.

Paragraf yang baik adalah paragraf yang dapat menyampaikan isi pargaraf tersebut kepada pembaca atau dengan kata lain pembaca dapat memahami apa yang disampaikan penulis dalam paragraf tersebut.

Dimana untuk bisa menghasilkan paragraf yang mudah dipahami pembaca, tentu penulis harus memahami syarat paragraf.

Kesatuan

Salah satu syarat paragraf adalah harus ada kesatuan. Dimana kesatuan yang dimaksud adalah paragraf yang dibuat harus berdasarkan satu pikir yang jelas. Dengan satu pikiran tersebut nanti diuraikan lagi menjadi pikiran pokok dan beberapa pikiran penjelas. Jika pikiran yang satu sudah terhubung dengan pikiran yang lain itu tandanya paragraf tersebut sudha mempunyai kesatuan.

Kepaduan

Selain kesatuan, paragraf memiliki syarat lainnya berupa kepaduan. Terwujudnya kepaduan berasal dari hubungan antar kalimat yang membentuk paragraf. Paragraf dikatakan memiliki kepaduan yang baik jika hubungan antar kalimat dalam paragraf tersebut mudah untuk dipahami pembaca.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakuakn untuk dapat memghasilkan kepaduan yang baik diantaranya adalah dengan menggunakan kata penghubung, kata ganti serta memiliki urutan pikiran dan perinsian yang jelas.

Kelengkapan

Syarat paragraf yang tidak kalah penting adalah kelengkapan. Seperti namanya syarat kelengkapan merupakan syarat paragraf yang membuat paragraf menjadi semakin lengkapa atau bagus. Paragraf dikatakan lengkap apabila terdapat kalimat-kalimat penjelas yang cukup untuk mendukung kalimat pokok atau kalimat utama.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top