Cara Membuat Penangkaran Murai Batu Dan Peluang Bisnisnya

Burung dari jenis murai merupakan jenis burung yang memiliki banyak peminat. Jumlah peminat murai semakin lama semakin bertambah banyak dengan adanya penangkaran murai batu yang memang bisa berpeluang untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Mendirikan sebuah penangkaran khusus untuk burung murai memiliki peluang keuntungan yang cukup besar.

Besaran jumlah keuntungan yang dihasilkan tersebut karena memang murai memiliki harga jual yang cukup tinggi. Jumlah peminatnya yang cukup banyak karena memang jenisnya yang bervariasi inilah yang membuat murai diminati oleh banyak orang. Mulai dari kemampuannya untuk menghasilkan kicau yang indah serta merdu hingga kemampuannya dalam pertarungan membuat jenis burung ini banyak disukai oleh para penggemar burung. Terutama dari jenis burung kicau.

rgbstock.com

Memulau Usaha Penangkaran Murai Batu

Mendirikan penangkaran murai batu menjadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan. Meskipun peluangnya menjanjikan namun tidak semua orang bisa mengerjakannya dengan baik dan benar. Salah satu yang harus sangat diperhatikan ketika ingin melakukan budidaya jenis burung murai adalah ukuran kandang dan juga kebersihan kandang. Apabila kandang tidak bersih maka kemungkinan besar burung murai yang dibudidayakan tidak akan hidup dengan sehat. Sebab kandang yang tidak bersih akan membuat peluang untuk mendatangkan penyakit bagi burung murai.

Selain itu, ukuran kandang juga harus diperhatikan dengan benar. Apabila tidak diperhatikan dengan benar, maka burung murai yang dibudidayakan tidak akan tumbuh dengan optimal dan sehat. Serta tidak akan nyaman ketika berada di dalam kandang

Faktor penting dalam melakukan ternak burung murai adalah faktor lokasi kandang. Pemilihan lokasi kandang yang tepat akan membuat burung murai menjadi lebih nyaman. Jika burung murai nyaman maka burung tidak akan mudah merasakan stres. Stres pada burung akan mempengaruhi kualitas burung secara keseluruhan. Jika burung stres maka burung akan mudah sekali jatuh sakit. Kualitas pertumbuhan burung tidak akan berjalan dengan optimal. Apabila hal ini terjadi maka burung tidak akan hidup dengan kualitas yang baik.

Setidaknya pemilihan lokasi yang tepat adalah lokasi yang tenang. Apabila memilih lokasi kandang yang bising dan banyak suara, maka burung murai tidak akan nyaman untuk berada di dalam kandang. Jika terlalu berisik, burung murai tidak akan mendapatkan istirahat yang cukup untuk memaksimalkan kondisi pertumbuhannya. Akan lebih baik jika burung murai dibudidayakan di dalam kandang yang berlokasi jauh dari pusat keramaian. Apabila perlu budidayakan di lokasi yang benar-benar steril dari kebisingan suara dan jauh dari pusat kota. Tujuannya adalah untuk mencapai target burung yang tidak pernah merasakan stres dan kurang istirahat. Jika burung murai kurang istirahat maka burung tidak akan memiliki kesehatan yang baik dan kemungkinan gagal akan semakin tinggi.

pickupimage.com

Peluang Bisnis Ternak Burung Murai Batu

Jenis burung murai memiliki peluang untuk dijadikan ladang penghasilan. Membuat penangkaran murai batu yang memiliki kualitas yang baik akan membuat burung murai tumbuh sesuai dengan keinginan. Menjauhkan burung murai dari gangguan seperti gangguan binatang buas maupun gangguan dari potensi pencurian memang menjadi salah satu yang paling utama. Alasannya adalah binatang buas yang memangsa burung murai akan mengurangi jumlah burung murai yang diternakkan. Akan lebih baik lagi jika burung murai diletakkan disekitar rumah saja. Namun upayakan rumah yang memiliki halaman yang cukup luas untuk menempatkan banyak jumlah kandang burung murai. Termasuk membuat kandangnya memiliki ukuran yang senyaman mungkin untuk burung murai.

Pembuatan kandang burung murai tidak bisa sembarangan. Syarat utamanya adalah kandang harus memiliki ruang terbuka untuk membuat burung bisa memperoleh sinar matahari yang cukup. Kecukupan sinar matahari pada burung murai membuat burung murai memiliki kesehatan maksimal.

Selain harus memiliki ruang yang terbuka untuk tempat sinar matahari masuk, akan tetapi ukuran kandang juga harus disesuaikan dengan ukuran lokasi yang akan digunakan. Meskipun bisa dikatakan ukuran pembuatan kandang bisa bebas, namun upayakan untuk mempertimbangkan kenyamanan dari burung yang dibudidayakan supaya bisa istirahat dengan baik. Itulah  mengapa pembuatan kandang harus dipertimbangkan dengan matang.

Proses budidaya burung jenis murai batu memang hampir sama dengan jenis burung lain. Pemilihan lokasi dan juga ukuran kandang harus diperhatikan. Selain itu, nutrisi dari murai harus diperhatikan untuk menjamin pertumbuhan dari murai. Kecukupan air juga harus diperhatikan agar murai tidak mengalami dehidrasi akibat kekurangan air. Pergantian air juga harus dilakukan secara rutin. Murai harus rutin diberikan suplai air bersih agar senantiasa sehat.

Membuat peternakan burung murai memang harus diperhatikan juga faktor indukannya. Pemilihan indukan harus tepat juga untuk memastikan bahwa hasilnya maksimal.

Budidaya burung murai yang dilakukan dengan cara yang benar akan menghasilkan burung murai dengan kualitas yang cukup bagus. Termasuk memperhatikan nutrisi yang harus diberikan serta penempatan burung murai agar bisa tumbuh dengan benar serta mendapatkan pertumbuhan yang lebih optimal. Itulah alasannya mengapa burung murai merupakan burung yang harus diperhatikan mentalnya agar tidak terganggu pertumbuhannya. Jika mentalnya terganggu maka burung murai tidak akan bisa menghasilkan sesuatu sesuai yang diharapkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top