Olahan Buah Salak Sidempuan untuk Oleh-oleh

Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan dikenal sebagai penghasil buah salak. Buah salak sidempuan juga di ekspor ke negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Uniknya buah ini diolah menjadi berbagai makanan untuk oleh-oleh. Olahan tersebut seperti dodol, keripik, sirup, kopi dan sebagainya.

Ciri Khas Buah Salak Sidempuan

Salak sidempuan dagingnya memiliki warna merah, berbeda dengan jenis lainnya. tampilan dari buah ini cukup menggiurkan karena memiliki ukuran besar. untuk rasanya yaitu ada paduan antara asam dan manis. Teksurnya sedikit lunak, berair dan memiliki serat halus. Di dalam salak sidempuan terdapat kandungan antioksidan yang dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Olahan Buah Salak Sidempuan

  1. Kopi

Olahan dari salak yang satu ini memang masih tergolong baru. Biji salak yang selama ini dibuang dan menjadi limbah bisa dibuat menjadi kopi yang memiliki nilai jual tinggi. Pastinya juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan kopi pada umumnya.

  1. Dodol

Selama ini salak sering diolah menjadi manisan ataupun keripik. Namun saat ini buah ini bisa diolah menjadi dodol. Menariknya lagi, dodol dari salak sidempuan telah menjadi oleh-oleh khas dari Tapanuli Selatan yang banyak diburu oleh masyarakat luar daerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top