Sejarah Dibalik Nama Hari dalam Bahasa Inggris yang Belum Banyak Diketahui

Pernahkah anda merasa penasaran dari mana asal mula nama hari dalam bahasa inggris? Perlu anda ketahui bahwa sebetulnya bahasa inggris sendiri dipakai oleh orang-orang Germanic. Dimana orang-orang tersebut merupakan orang-orang yang dahulu bermukim di Eropa bagian utara. Dari orang-orang Germanic menjadi leluhur bangsa Inggris, Jerman, Denmark, Belanda, Norwegia, Swedia serta bangsa Eropa Utara lainnya.

Selain itu terdapat banyak kata dalam bahasa Inggris yang diadopsi dari kata dalam bahasa Germanis. Termasuk juga pemberian nama-nama hari yang berbahasa inggris yang ternyata beberapa nama hari tersebut diambil secara langsung dari nama figur mitologi orang Germanic.

Asal Mula Nama Hari Berbahasa Inggris

pixabay.com

Ketika anda belajar bahasa inggris di bangku Sekolah Dasar maka anda akan diperkenalkan dengan nama-nama hari yang menggunakan bahasa inggris. Namun mungkin belum anda penjelasan yang lengkap mengenai asal mula pemberian nama-nama hari tersebut. Berikut ini akan dijelaskan asal mula pemberian nama hari berbahasa inggris yang perlu anda ketahui.

  1. Sunday
    Nama hari Sunday diambil dari kata dalam bahasa inggris kuno yaitu “Sunnandaeg” artinya sun’s day atau hari matahari. Sejak zaman dahulu banyak kepercayaan maupun kebudayaan masa lampau yang menjadikan matahari sebagai figur dewa paling utama. Hal inilah yang membuat hari matahari ditempatkan sebagai hari di awal dari hari-hari yang lainnya. Tetapi dengan semakin berkembanya zaman, Sunday dijadikan sebagai hari libur internasional serta dianggap sebagai akhir pekan.
  2. Monday
    Bila ada hari matahari maka pasti akan ada hari bulan. Pemberian kata Monday berasal dari kata Monandseg yang artinya mon’s day. Dimana hari ini adalah hari yang sangat tidak disukai oleh pekerja kantoran dibandingkan hari-hari lainnya. Sebab Monday menandai hari pertama untuk kembali bekerja.
  3. Tuesday
    Hari Selasa dalam bahasa Inggris kuno disebut dengan Tiwesdaeg yang artinya Tiw’s day. Tiw atau tyr merupakan dewa perang bertangan satu yang dalam mitologi Nordik dikenal sebagai dewa yang membunuh serigala raksasa Gamr saat perang terakhir Ragnarok. Tetapi sayangnya Tyr akhirnya tewas bersamaan lawannya tersebut.
  4. Wednesday
    Wednesday berasal dari kata Wodnesdaeg yang artinya Woden’day. Perlu anda ketahui bahwa Woden adalah dewa yang sangat dikenal oleh orang Germanic di abad ke-7 sesudah Masehi. Selain itu Woden dalam mitologi Nordik juga disebut Odin dan ayah dari beberapa nama dewa Nordik seperti Baldr dan Thor. Dewa Odin sering digambarkan dengan bermata satu serta memiliki senjata tombak bernama Gungnir.
  5. Thursday
    Thor adalah personifikasi dari dewa petir yang ada dalam mitologi Nordik. Pemberian nama Thursday didedikasikan kepada dewa petir oleh orang-orang Germanic. Pemberian nama hari tersebut berasal dari Bahasa Inggris Kuno yang ditulis sebagai Punresdaeg yang artinya hari petir. Sedangkan dalam bahasa Nordik, kata petir disebut dengan Punor lalu ditulis sebagai Thor pada bahasa Inggris modern.
  6. Friday
    Nama Friday berasal dari kata Frigedaeg yang artinya Frige’s day. Dimana Frige adalah dewi dalam kebudayaan Anglo-Saxon serta digunakan oleh orang Norse dalam menyebut planet venus dengan sebutan Frigg’s star atau friggjarstjarna.
  7. Saturday
    Pemberian nama Saturdat berasal dari kata bahasa Inggris kuno yaitu Saeturnesdaeg. Pemberian nama hari tersebut tidak diambil dari nama dewa dalam mitologi Nordik. Tetapi nama hari tersebut berasal dari nama dewa Saturn yang merupakan nama dari dewa dalam mitologi Romawi. Saturn adalah ayah dari Jupiter atau dalam mitologi Yunani disebut Zeus.

Cara Mudah Menghafal Nama Hari Berbahasa Inggris

pixabay.com

Nama-nama hari yang berbahasa inggris memang sudah diajarkan sejak bangku Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Dengan begitu anda dipastikan hafal nama-nama hari tersebut karena juga sering dipakai dalam berbagai jenjang pendidikan.

Tetapi bagi anda yang masih pemula dalam belajar bahasa Inggris atau ingin mengenalkan nama-nama hari untuk buah hati tercinta secara mudah sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab berikut akan dijelaskan cara mudah menghafal nama hari yang berbahasa inggris untuk menambah wawasan anda.

  1. Menggunakan Jembatan Keledai
    Cara menghafal nama hari yang berbahasa Inggris bisa anda lakukan dengan menggunakan jembatan keledai. Cara dengan memakai kata atau suku kata lalu ditambahkan ke kata yang akan dihafal sehingga menjadi lebih muda dihafal. Contohnya Sunming Mosen Tusel Wera Thurka Friju Sasa.
  2. Dengan Dilagukan
    Supaya lebih mudah menghafal nama hari maka anda bisa membuat lagu menggunakan nama-nama hari tersebut. Anda bisa memilih jenis lagu tertentu yang mudah dihafal namun diganti liriknya dengan nama-nama hari.
  3. Membuat Gerakan
    Agar nama-nama hari tersebut mudah dihafalkan maka anda bisa menggunakan cara dengan membuat gerakan untuk setiap hari. Cara ini sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki kinetik lebih dominan. Contoh gerakan tersebut Monday dilambangkan jari yang membentuk huruf O, Friday dilambangkan menggunakan jari yang membentuk huruf F dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah pemberian nama hari dalam bahasa inggris yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa tahu sejarah pemberian nama berbahasa inggris. Bila anda tertarik belajar mengenai bahasa inggris maka silakan mengikuti kursus melalui Kampung Inggris Kediri saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top