Menggoyang Lidah, Yuk Intip Resep Sate Domba Afrika

Tidak banyak orang tau kandungan daging kambing asal Afrika yang patut dicoba untuk diolah. Daging kambing ini memiliki banyak nutrisi yang dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu daging kambing ini mengandung rendah kalori, lemak total, lemak jenuh, dan kolestrol. Salah satu olahan daging kambing yang disukai banyak orang adalah sate kambing. Nah yuk simak resep sate daging domba afrika berikut.

Mengolah Daging Afrika Menjadi Makanan Lezat

  1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum membuat olahan sate, ada baiknya untuk menyiapkan alat dan bahan untuk memasak. Bahan yang digunakan untuk membuat olahan sate daging afrika ialah bawang putih, bawang Bombay, pisang raja, merica putih, merica hitam, garam, gula, oregano, kecap asin, minyak wijen dan margarin. Sementara untuk alat yang harus anda siapkan adalah panci dan alat panggang.

  1. Memisahkan Daging dengan Lemak

Untuk mendapatkan tekstur sate yang lembut maka pisahkan daging kambing dengan lemaknya. Iris daging menjadi kotak kotak atau sesuai dengan selera anda. Setelah meyiapkan daging, geprek bawang putih yang dicampur dengan kecap asin, merica putih, merica hitam, bubuk kari, oregano dan minyak wijen. Masukkan daging yang sudah dipisahkan dan diamkan ke dalam bumbu yang sudah disiapkan kurag lebih satu jam.

3 Panggang Daging

Setelah didiamkan hampir satu jam, daging domba afrika kemudian digoreng dengan api yang sangat kecil dan jangan lupa untuk menutup penggorengan. Setelah itu diamkan beberapa menit hingga daging mengeluarkan air kaldu. Pastikan jika daging yang dimasak memiliki tekstur yang empuk. Jika daging tidak segera empuk, tambahkan air sedikit demi sedikit agar daging segera empuk. Setelah itu, panggang daging hingga berubah warna menjadi sedikit lebih kering.

  1. Merebus Daging

Setelah daging sudah dipanggang dan memiliki warna yang kering kecoklatan, masukkan daging dalam panci. Tambahkan jeruk nipis, bawang Bombay, merica putih, bubuk kari dan garam saat merebus daging. Masak sebentar daging yang direbus dan lakukan dengan mengocok panci agar bumbu teresap dalam makanan. Hal ini untuk menambah cita rasa daging afrika agar lezat dan enak saat disantap.

  1. Sambal Sebagai Pelengkap Makanan

Menyantap sate domba afrika ini tak lengkap rasanya jika tidak dibarengi sambal yang menggoyangkan lidah. Untuk membuat sambal cukup merebus cabai rawit merah dan haluskan bersama dengan sedikit garam dan gula. Sajikan sate dengan irisan bawang Bombay mentah, pisang yang sudah digoreng, sambl yang sudah dibuat, dan juga kecap manis sebagai pelengkap rasa.

Bersantap bersama keluarga adalah hal yang selalu menyenangkan. Apalagi jika ditemani dengan makanan yang sedap dan enak untuk disantap beramai ramai. Sate daging afrika cocok dihidangkan saat ada acara hajatan, perayaan hari raya, reuni keluarga besar atau di makan sebagai lauk pauk sehari hari. Momen makan bersama keluarga pun akan terasa menyenangkan dan timbul hubungan yang terjalin harmonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top