Mengenal Burung Cililin Lebih Jauh

Burung Cililin termasuk ke dalam salah satu family corvidae atau keluarga burung gagak. Biasa juga disebut sebagai burung Tangkar Ongklet. Sebagai salah satu bagian dari keluarga gagak, maka burung cililin dinilai memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi dibandingkan beberapa burung lainnya. Meski demikian, burung ini juga memiliki tingkat stress yang cukup tinggi, sehingga ia rawan terkena stress ketika mendapatkan suatu tekanan. Bahkan, ia juga mudah terpancing emosinya, sehingga perlu diperhatikan lebih lanjut ketika Anda memilih untuk memelihara jenis burung ini atau berhati-hati dan tetap memperhatikan habitat serta perawatannya yang sesuai agar ia tidak mudah stress atau minimal bisa meminimalisir tingkat resiko stress dan emosi yang dimilikinya. Hal ini perlu diwadpadai karena stress yang diderita bisa mengakibatkan pada hilangnya suara bahkan kematian. Mengenai suara kicauannya, burung Cicilin dinilai sebagai salah satu burung dengan tingkat kicauan yang bagus, karena dalam sekali ia berbunyi, maka akan menciptakan suara yang keras disertai variasi kicauan.

Ciri Umum Burung Cililin

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Pertama, burung ini memiliki panjang tubuh kurang lebih 28 cm disertai jambul panjang yang ada di bagian kepalanya. Kedua, mayoritas burung ini memiliki corak bulu yang berwarna gelap yaitu coklat kehitaman serta pada bagian lehernya biasanya dijumpai bercak berwarna putih. Akan tetapi, terdapat perbedaan khusus pada burung Cicilin Jawa atau yang memiliki nama latin Platylophus Galericulatus karena ia memiliki bulu yang berwarna abu-abu kehitaman. Sedangkan Burung Cililin Sumatera dan Kalimantan atau kerap disebut Platylophus Coronatus memiliki bulu berwarna coklat gelap, paruh berwarna hitam, warna kaki biru serta iris mata kemerahan. Ketiga, mengenai ciri dalam kicauannya, maka cililin yang berwarna coklat dinilai lebih rajin berkicau dengan hasil kicauan yang lebih panjang dibandingkan beberapa jenis Cililin lainnya.

Ciri Khusus yang Membedakan Burung Cililin Jantan dan Betina

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Melalui postur tubuhnya atau secara fisik kita dapat mengetahui secara jelas perbedaan burung Cililin Jantan dengan Betina. Terdapat bintik putih yang lebih kecil di bagian alis atau atas mata pada burung cililin jantan. Selanjutnya, terdapat pula pemisah yang jelas antara warna bulu dengan bintik putih yang berada di bagian leher cililin jantan, bahkan bintik putih yang ada juga memiliki ukuran lebih besar dibandingkan cililin betina. Ukuran badan dan kepala lebih besar dan warna bulu yang dimiliki lebih pekat serta tingkat kicauan bisa bertahan lebih lama dengan tekstur suara yang lebih kasar dan agresif. Sedangkan pada cililin betina terdapat bintik putih di dekat alis yang lebih besar dibandingkan cililin jantan. Selanjutnya bintik putih dan warna pemisah pada leher juga tidak terlalu jelas terlihat, warna bulu jauh lebih terang serta bentuk tubuh yang lebih bulat dan cenderung membungkukuk. Sementara itu, suara  kicauan yang dihasilkan juga lebih pendek dan terkesan lebih halus.

Selanjutnya, mengenai habitat atau tempat tinggal burung ini biasanya berada pada area hutan dataran rendah yang memiliki rata-rata ketinggian mencapai 1200 meter di atas permukaan laut. Populasi burung ini banyak ditemukan di kawasan semenanjung Malaya dan sebagian Malaysia, sedangkan di Indonesia banyak dijumpai di beberapa daerah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Burung ini merupakan jenis hewan pemakan serangga, seperti mjsalnya jangkrik, belalang, ulat dan masih banyak lagi. Berhubung bentuk atau postur tubuhnya yang unik serta kemampuannya dalam berkicau yang hebat, maka jenis burung ini banyak dicari oleh masyarakat, terutama bagi mereka komunitas pecinta burung atau birdlovers. Kebanyakan dari mereka mencari burung ini untuk diikutkan dalam ajang perlombaan dan beberapa lainnya sebagai hewan peliharaan yang bisa berkicau sepanjang waktu.

Itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh burung Cililin, baik secara umum atau secara khususnya. Sehingga, setelah membaca ulasan diatas Anda akan sedikit mendapatkan gambaran menganai burung cililin. Di samping itu, Anda juga bisa download suara cililin di beberapa situs internet ketika Anda penasaran mengenai bagaimana merdunya suara kicauan yang dihasilkan oleh burung ini. Setelah anda mendengarnya, maka biasanya akan muncul keinginan untuk memelihara atau memilikinya. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena jenis burung cililin saat ini mudah dijumpai dan ditemukan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menginginkannya maka perburuan burung ini juga meningkat sangat drastis. Dengan demikian, populasi cililin di alam bebas juga menurun seiring banyaknya perburuan yang dilakukan. Mengenai harga, Anda bisa mendapatkan burung ini dengan berbagai varian, mulai dari yang murah sampai mahal sekalipun. Biasanya penentuan harga ini didasarkan pada kemampuan kicauan yang dimiliki dan bentuk atau postur tubuh serta kombinasi keindahan warna bulunya.

Ketika Anda berniat untuk memelihara burung ini, maka Anda harus tetap menjaga kelestariannya agar tidak punah dan hilang, tetap memperhatikan habitat dan cara perawatannya mengingat kondisi burung cililin yang mudah stress dan memiliki resiko kematian yang cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa burung lainnya. Di samping itu, Anda bisa menggunakan burung ini untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan burung agar melatih dan mengembangkan kemampuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top