Mengenal Alat Pernapasan Kadal Dan Cara Kerjanya

Sudahkah Anda mengetahui tentang alat pernapasan kadal? Kadal memiliki sistem pernafasan yang hampir sama dengan reptil lainnya. Udara masuk melalui hidung dan rongga lainnya, kemudian mengeluarkan karbondioksida melalui saluran yang sama.

Peralatan utama untuk bernafas adalah paru-paru. Organ ini sangat penting. Berada di dalam kerangka tulang rusuk yang menjadi pelindung organ tersebut.

Meskipun kenyataannya kadal bisa santai di air, bukan berarti ada alat pernafasan tambahan. Kadal tetap menggunakan paru-paru sebagai alat pernafasannya. Sementara kemampuannya dalam berenang dipengaruhi oleh kaki-kakinya yang cukup lincah.

Cara kerjanya diawali dengan menghirup oksigen dari luar. Ini biasanya ditandai dengan mengembangnya tulang rusuk. Yang artinya, ada oksigen yang dimasukkan dalam jumlah besar.

Sementara di waktu berikutnya, paru-paru akan mengeluarkan karbondioksida. Ini ditandai dengan menyempitnya tulang rusuknya. Proses ini berlangsung secara bergantian sebagaimana mestinya.

Nah, organ yang dilibatkan dalam proses pernafasannya cukup banyak. Diantaranya adalah paru-paru, trakea, bronkus, katup penutup dan hidung. Masing-masing organ inilah yang bekerja untuk mendukung terjadinya sistem pernafasan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top