Menengok Air Terjun Niagara, Salah Satu Air Terjun Terbesar Di Dunia

Amerika Serikat memiliki panorama alam luar biasa yang terkenal di seluruh dunia. Bagaimana tidak, panorama alam ini merupakan air terjun terbesar di dunia. Ia adalah Air Terjun Niagara. Bertempat di Ontario dan New York, air terjun Niagara memiliki tinggi sekitar 51 meter dan debit air yang tinggi yaitu 6 juta kaki kubik per menit. Air terjun niagara merupakan gabungan dari tiga air terjun, yakni air terjun Horseshoe, air terjun America, dan air terjun Bridal Veil. Niagara juga dikenal dengan penampakan pelangi yang sangat indah yang sering terlihat di kawasan ini. Air terjun ini memisahkan dua negara di Amerika Serikat, yakni Kanada dan New York.

Berasal dari Kumpulan Tiga Air Terjun

Ketiga air terjun yang menjadi kesatuan air terjun Niagara dinamakan berdasarkan ciri khasnya masing-masing.  Air terjun pertama yaitu American Falls atau air terjun America, dinamakan demikian karena letaknya yang sebagian besar berada di kawasan perbatasan Amerika Serikat.

Air terjun kedua yakni Horseshoe Falls atau air terjun Horseshoe dinamakan demikian karena memiliki bentuk yang terlihat seperti tapal kuda. Air terjun ini dikenal juga sebagai Canadian Falls atau air terjun Kanada, karena sebagian wilayahnya berada di Kanada. Sedangkan air terjun terakhir yakni air terjun Bridal Veil (Bridal Veil Falls) dinamakan demikian karena bentuknya seperti tudung pengantin. Diantara ketiga air terjun tersebut, air terjun Horseshoe merupakan yang paling tinggi dengan ketinggian sekitar 57 meter.

Debit air yang tinggi dari air terjun Niagara merupakan air terjun dengan volume air tertinggi di dunia. Air terjun yang mengalir tidak hanya berasal dari aliran sungai saja, tetapi juga berasal dari gletser es yang mencair. Tingginya debit air di air terjun Niagara dimanfaatkan untuk menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air bagi Kanada dan Amerika. Bangunan pembangkit listrik tenaga air tersebut berdiri pada tahun 1881. Air terjun Niagara berusia sekitar 12.000 tahun dan merupakan air terjun termuda di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top