Mencegah Penyakit Jantung dengan Melon Kuning

Melon kuning, atau yang biasa disebut muskmelon, merupakan spesies melon yang terdiri dari berbagai jenis melon. Salah satu dari spesies ini yang populer di Indonesia adalah melon madu, yang terkenal karena rasanya yang sangat manis dan aromanya yang harum. Selain dimakan secara langsung, melon di Indonesia biasa dikonsumsi sebagai bahan baku es buah, salad buah, atau dengan cara menjadikannya jus.

Selain rasanya yang lezat untuk dikonsumsi, melon jenis ini juga berkhasiat dalam mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Hal tersebut terjadi karena beberapa kandungan yang ada pada buah melon. Lantas, apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya? Yuk, simak jawabannya!

Inilah Aneka Kandungan Nutrisi Terbaik Buah Melon Kuning

Berikut ini adalah berbagai macam kandungan nutrisi buah melon:

  1. Adenosin

Adenosin yang terdapat pada melon berfungsi mengencerkan darah dan sebagai pemecah gumpalan yang ada di dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Kalium

Melon memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang berguna untuk melancarkan peredaran darah, yang menyebabkan jantung berdetak dengan stabil dan kesehatan jantung pun terjaga.

  1. Potasium

Melon juga mempunyai kandungan potasium, yang bekerja sebagai zat antikoagulan untuk mencegah pengentalan pada darah dan mencegah terjadinya aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat plak yang menumpuk pada pembuluh darah, yang menjadi penyebab umum penyakit jantung koroner

  1. Vitamin B

Vitamin B pada melon memiliki banyak khasiat yang ditawarkan, selain membuang racun yang ada di dalam tubuh, vitamin B juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan juga alzheimer.

Selain itu, melon juga memiliki khasiat lain, seperti mempertajam penglihatan dengan vitamin A nya, lalu kandungan vitamin C yang melon tawarkan juga mampu mencegah penuaan dini sekaligus memperkuat sistem imun tubuh, dan nutrisi-nutrisi lain yang terdapat pada melon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat yang diperoleh akan maksimal dengan mengkonsumsi melon kuning secara teratur, yaitu 250-300 gram per hari. Sementara untuk penderita diabetes, dianjurkan untuk memakannya dengan jumlah yang lebih sedikit, yaitu 100-150 gram dan hindari buah yang terlalu matang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top