3 Cara Memisahkan File PDF Secara Online

Format file pdf merupakan salah satu jenis format yang paling fleksibel. Karena format file ini bisa kamu gabungkan atau bisa juga kamu pisahkan. Berbicara mengenai memisahkan file pdf terkadang perlu dilakukan untuk dapat melakukan tahapan berikutnya yaitu cara mengubah pdf ke word. Mungkin kamu perlu melakukan hal tersebut karena ada bagian yang ingin kamu pisahkan dari file pdf tadi.

Kami akan menjelaskan bagaimana step by step dalam memisahkan file pdf menjadi beberapa bagian yang bisa kamu sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk dapat memisahkan file pdf sesuai dengan part-part yang kamu butuhkan. Simak ulasan artikel yang akan kami uraikan di bawah ini.

1. Menggunakan Laman Website SmallPDF

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memisahkan file pdf menjadi beberapa bagian adalah dengan menggunakan bantuan dari situs web SmallPDF. Untuk dapat mengakses website dari SmallPDF ini, kamu membutuhkan koneksi internet yang stabil agar ketika memisahkan file tidak gagal karena terhambat koneksi. Adapun cara untuk memisahkan file menggunakan situs web SmallPDF adalah sebagai berikut. Simak ulasan artikel di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman website dari SmallPDF. Untuk halaman website tersebut kamu bisa klik di www.smallpdf.com/id/pisahkan-pdf.
  2. Pada halaman beranda dari website SmallPDF kamu klik opsi menu pilih file.
  3. Kemudian kamu pilih file pdf yang berada di browser penyimpanan di perangkat laptop atau pc mu untuk mengunggah file tersebut ke situs SmallPDF.
  4. Kamu juga bisa mengunggah file pdf yang kamu simpan di penyimpanan awan semisal google drive, dropbox dan lain sebagainya.
  5. Tunggu beberapa saat sampai file pdf tersebut terupload sempurna di laman website tersebut. Jika file sudah terunggah, langkah berikutnya adalah kamu ekstrak halaman dari file pdf.
  6. Untuk mengaktifkan ekstrak tersebut kamu klik menu dengan tulisan pilih opsi.
  7. Maka laman website SmallPDF akan melakukan konversi dari file pdf tersebut dan file pdf akan berubah format menjadi zip.
  8. Langkah selanjutnya kamu unduh file zip yang merupakan hasil dari pecahan file pdf tersebut.
  9. Setelah file selesai kamu unduh, langkah terakhir adalah kamu ekstrak file zip tersebut dan kamu berhasil memisahkan file pdf tadi menjadi beberapa file pdf di dalam satu folder tersebut.

Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk memisahkan file pdf dengan menggunakan website SmallPDF.

pexels.com

2. Menggunakan Website ilovePDF

Cara selanjutnya yang bisa kamu praktekan untuk memisahkan file pdf menjadi beberapa halaman lagi adalah dengan menggunakan laman website ilovePDF. Situs web ilovePDF ini sudah cukup terkenal dan terbukti efektif dalam memisahkan file pdf. Secara tampilan situs web ini mudah di cerna sehingga kamu tidak akan kebingungan. Berikut ini adalah cara memisahkan file pdf dengan menggunakan software ilovePDF.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman website dari ilovePDF dengan cara klik link yang tercantum di www.ilovepdf.com/split_pdf.
  2. Setelah masuk ke halaman website dari ilovePDF, tahapan berikutnya adalah kamu upload file pdf yang ingin kamu pisahkan menjadi beberapa halaman.
  3. Tunggu beberapa saat kemudian sampai proses penguploadan selesai dilakukan. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah kamu klik ekstrak file yang berada di tools dari ilovePDF.
  4. Dengan kamu klik ekstrak all file, maka file pdf tersebut akan dipisahkan semua per halaman sesuai dengan jumlah halaman file pdf tersebut.
  5. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah pilih dan klik opsi split pdf. Tunggu beberapa saat sampai proses konversi file pdf tersebut selesai dilakukan.
  6. Proses konversi selesai, kamu langsung download file tersebut yang telah berbentuk format zip. Kamu download dan setelah itu kamu ekstrak file agar bisa terbuka file tersebut.

Nah itulah cara memisahkan file pdf dengan menggunakan website ilovePDF. Cara tersebut sangat mudah dan hampir tak jauh beda dengan website sebelumnya. Yang menjadi perbedaan hanya dari segi bahasa saja.

pexels.com

3. Menggunakan Situs PDFCandy

Satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk memisahkan file pdf secara online yaitu dengan menggunakan website PDFCandy. Situs web ini sangat berkualitas dan kami rekomendasikan untuk kamu gunakan dalam memisahkan file pdf. Adapun untuk cara dan langkah-langkahnya, simak ulasan artikel dibawah ini.

  1. Sama seperti step awal sebelumnya, pertama kamu harus masuk ke halaman website dari PDFCandy dengan cara klik link yang ada di www.pdfcandy.com/id/split-pdf.html.
  2. Langkah selanjutnya setelah kamu masuk ke halaman beranda dari website ini adalah kamu klik ikon plus atau tambahkan file.
  3. Kemudian kamu cari file yang ingin kamu pisahkan. Setelah itu kamu klik ok dan tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai dilakukan.
  4. Langkah berikutnya setelah file pdf terupload adalah kamu klik menu dengan tulisan halaman tunggal.
  5. Setelahnya kamu klik pisahkan pdf. File pdf tadi akan di konversikan menjadi format zip.
  6. Kamu unduh format zip tersebut dan jika sudah selesai kamu lakukan ekstrak pada file zip tadi agar bisa di buka halaman per halamannya.

Nah itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memisahkan file pdf. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top