Memiliki Cita Rasa Khas, Yuk Intip 5 Makanan Khas Sunda yang Melegenda

 

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan cita rasa kuliner penuh dengan rempah rempah. Salah satu daerah yang terkenal memiliki keragaman makanannya adalah Jawa Barat. Daerah yang lebih dikenal dengan tanah Sunda ini ternyata memiliki banyak makanan khas yang masih banyak ditemukan. Apalagi makanan khas Sunda terkenal menggunakan rempah rempah yang sangat komplit. Yuk simak apa saja makanan khas dari Sunda yang sangat melegenda.

Makanan Tradisional Sunda yang Memiliki Cita Rasa Tinggi

1 Sate Maranggi

Makanan khas dari tanah Sunda yang pertama adalah Sate Maranggi. Sate ini menggunakan daging kambing atau daging sapi sebagai bahan utamanya. Pembuatan sate maranggi berbeda dengan sate lainnya. Sate ini dibuat dengan cara merendam daging yang sudah dibumbui sebelum ditusuk dan dibakar. Karena sudah dibumbui sebelumnya sate ini tak perlu disajikan bersama dengan saus pelengkap.

  1. Lotek

Salah satu makanan dari tanah Sunda yang hampir mirip dengan gado gado adalah lotek. Namun jika diperhatikan lebih seksama lotek ini lebih mirip dengan pecel khas Jawa. Makanan ini berupa sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang. Sayur yang digunakan dalam lotek ini tak jauh berbeda dengan gado gado diantaranya seperti kangkung, kembang kol dan tauge. Namun ada yang wajib ada di lotek seperti bayam, kapri dan kacang kedelai.

  1. Empel Gentong

Empel gentong adalah salah satu makanan khas Sunda yang sayang untuk dilewatkan. Makanan satu ini hampir mirip dengan jenis gulai yang berisi potongan daing sapi cincang yang diberi kuah santan. Biasanya makanan ini akan disajikan bersama dengan lontong atau nasi. Agar semakin lengkap, empel gentong juga disajikan dengan cabai bubuk. Cita rasa yang ditimbulkan oleh daging sapi sangatlah spesial dan bisa menggoyangkan lidah para penikmatnya.

  1. Mie Kocok

Mie kocok adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar mi kuning yang dihidangkan bersama kuah dan disajikan dengan kuah kaldu sapi. Makanan ini banyak sekali ditemukan di kawasan Bandung. Biasanya mi kocok ini akan disajikan bersama tauge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, jeruk nipis dan taburan daun seledri. Untuk menambah kelezatannya bisanya sajian makanan khas ini disajikan dengan taburan daun bawang, bawang goreng dan potongan babat.

  1. Awug

Makanan khas Sunda yang wajib anda coba adalah Awug. Makanan satu ini diolah dari tepung beras yang dicampur dengan air, garam, gula merah dan kelapa parut. Biasanya hidangan ini akan dimasak dengan cara dikukus dengan menggunakan perabot beranyam bamboo. Hal inilah yang menjadikan awug sangat spesial karena memiliki bentuk serupa kerucut yang merupakan tradisi turun menurun.

Ada banyak sekali makanan khas dari Tanah Sunda yang wajib anda coba. Dengan mencicipi makanan khas tanah Sunda tersebut, maka anda akan bisa merasakan perbedaan makanan dengan daerah lainnya. Makanan yang ada di tanah Sunda ini cenderung memiliki rempah yang sangat berlimpah sehingga  memanjakan lidah. Jika anda berkunjung ke Jawa Barat, maka cobalah deretan makanan khas di daerah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top