7 Cara Mudah Membuat Blog dengan Blogger

Blogger merupakan salah satu layanan pembuat blog yang sangat mudah digunakan dan bisa diperoleh secara gratis. Meskipun mudah digunakan, membuat blog dengan blogger bagi pemula terkadang dianggap ribet. Untuk Anda yang masih bingung membuat blog menggunakan platform blogger, simak penjelasan berikut ini.

Alasan Memilih Blogger

Sebenarnya ada banyak sekali platform pembuatan blog yang bisa Anda gunakan. Namun, ada beberapa platform yang memiliki banyak sekali pengguna dibandingkan dengan platform jenis lainnya. Salah satunya adalah blogger. Ada beberapa alasan mengapa mayoritas orang di Indonesia lebih memilih blogger untuk membuat blog, diantaranya…

pxhere.com

·        Tidak berbayar alias gratis

Ya benar, platform blogger dari Google ini gratis tanpa dipungut biaya. Anda cukup bermodalkan email dari Google saja sudah bisa mendaftar.

·        Fitur yang diberikan lumayan lengkap

Fitur-fitur di sini tidak kalah dengan WordPress. Mulai dari pemilihan template hingga editing artikel sangat lengkap.

·        Mudah digunakan untuk para pemula

Ini merupakan alasan paling utama para pemula memilih blogger. Platform satu ini lebih sederhana dibanding wordpress untuk pemula.

·        Bisa dipakai untuk menghasilkan pendapatan alias uang

Dengan bermodal gmail saja untuk mendaftar, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan. Caranya dengan mendaftarkan blog ke adsense.

·        Merupakan platform terpercaya karena dikelola oleh pihak Google

Siapa yang tidak tahu Google? Jika blogger dinaungi oleh Google, maka tidak perlu dikhawatirkan tentang kredibilitasnya.

pxhere.com

Cara Membuat Blog di Blogger

Membuat blog menggunakan blogger sangat mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan akun Google, kemudian tinggal mendaftarkan diri di alamat website www.blogger.com. Untuk Anda yang ingin membuatnya sendiri, simak tutorial blog berikut…

  1. Masuk ke halaman website https://blogger.com.
  2. Kemudian login memakai akun Google yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki akun, maka buatlah terlebih dahulu.
  3. Jika Anda sebelumnya belum membuat profil Google+, maka lakukan klik pada tulisan Buat profil Google+. Namun, jika sudah membuat profil Google+, maka langsung saja ke langkah selanjutnya.
  4. Jika sudah, klik tulisan Lanjutkan ke Blogger.
  5. Kemudian untuk membuat blog baru klik tulisan “Blog Baru”.
  6. Isilah detail blog Anda, lalu klik tulisan “Buat Blog.
  7. Sekarang blog Anda sudah jadi. Klik saja tombol “Lihat Blog” untuk melihat hasilnya.
pxhere.com

Cara Memposting Artikel di Blogger

Sesudah Anda berhasil membuat blog menggunakan blogger, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu memulai untuk mengisi blog dengan berbagai macam tulisan. Cara melakukan posting artikel di akun blogger tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah yang sangat mudah. Menulis artikel di blogger pada dasarnya hampir sama seperti Anda menulis di email.

Tentu tidak akan terasa sulit melakukan posting artikel di blogger jika Anda sudah terbiasa menulis di akun email. Namun, jika Anda belum pernah sama sekali menulis di email, maka memahami atau mempelajarinya terlebih dahulu sangat penting dilakukan. Langkah-langkah memposting artikel yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut…

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah login terlebih dahulu ke https://blogger.com memakai akun Google yang Anda miliki.
  • Jika sudah masuk, maka lakukan langkah selanjutnya yaitu tinggal klik tombol yang memiliki ikon pensil.
  • Kemudian Anda akan masuk ke halaman editor artikel pada blogger. Perhatikan setiap menu ikon perintah yang ada karena setiap menu ikon perintah memiliki fungsi masing-masing.
  • Sesudah memahami menu-menu tersebut dengan baik, Anda bisa langsung menulis berbagai macam hal yang ingin ditulis.
  • Jika sudah selesai menulis artikelnya, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah klik tombol publikasikan.
  • Sesudah itu, Anda tinggal mengecek alamat blog Anda. Nah, sekarang tulisan Anda sudah diunggah secara online dan bisa dibaca oleh semua orang. Jadi, orang lain bisa melihat postingan Anda ketika masuk ke alamat blog Anda.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai tutorial blog atau cara membuat blog dengan blogger. Cara pembuatannya sangat mudah dan praktis. Jadi, Anda bisa memposting tulisan dengan sangat mudah menggunakan platform blogger tanpa harus mengeluarkan uang. Hal ini karena mendaftarkan di blogger tidak dipungut biaya alias gratis. Sudah paham cara membuatnya, yuk segera praktek bikin blog Anda sendiri….

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top