Masjid An-Nur Pekanbaru

Pekanbaru merupakan ibu kota dari provinsi Riau dan sebagai pusat ekonomi terbesar yang ada di pulau Sumatera. Kota yang terdiri dari 12 kecamatan ini berdiri sebuah masjid yang termasuk megah dan indah yang ada di Indonesia. Masjid I I memiliki cii khas pada gaya arsitekturnya.

Masjid yang dibangun pada 19 Oktober 1968 dan diresmikan pada tahun 2000 ini menjadi salah satu masjid termegah di kota Pekanbaru, Riau. Dengan menampilkan ciri khas bangunan dengan 4 unsur sekaligus yaitu Turki, India, Melayu dan Arab. Dirancang oleh seorang arsitek terkemuka yang bernama Ir Roseno.

Di bawah kepemimpinan Slaeh Djasit, bangunan awal masjid tampak biasa layaknya masjid pada umumnya. Karena mengalai perombakan besar-besaran membuat masjid ini begitu terlihat megah dan indah di pandang mata. Dekorasinya sangat menakjubkan sehingga membuat masjid ini disebut sebagai Tajma Mahal Pekanbaru.

unsplash.com

Arsitektur Masjid An-Nur

Masjid ini memiliki 3 lantai yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Pada bagian lantai bawah dijadikan sebagai kantor dan tempat pertemuan, dan ruang kelas. untuk melakukan koordinasi. Dan selebihnya di jadikan sebagai tempat ibadah serperti shalat.

Masjid dengan luas 4 x 2 meter persegi ini mampu menampung 4.500 jamaah. Keseluruhan pintu yang ada pada masjid An-Nur ini berjumlah 17 pintu. 4 pintu berada pada bagian lantai bawah. Bagian kaligrafi dari masjid ini dibuat oleh seorang kaligrafer terkenal yang bernama Azhari Nur yang berasal dari Jakarta.

Unsur budaya yang mencirikan dari bangunan ini ada di setiap detail masjid. Halaman yang luas mengingatkan akan bangunan penuh cinta, Taj Mahal. Unsur melayu dan Arab terlihat pada bagian kubahnya. Dengan warna dan detail yang mengkombinasikan unsur Melayu.

Satu kubah besar dan empat kubah kecil yang didominasi warna hijauPada bagian bawah kubah memiliki motif seperti kain songket Melayu dengan kombinasi warna emas. Warna tersebut akan semakin tampak nyala dengan penerangan lampu bawah kubah. Dengan begitu kesan mewah muncul dengan begitu menakjubkan.

Di dalamnya juga terdapat karpet yang membentang luas dengan bahan karpet yang lembut dan yang pasti harga karpet masjid cukup mahal. Untuk memberikan kenyamanan, di dalam masjid juga terdapat pendingin sehingga akan merasakan kenyamanan yang berarti.

unsplash.com

Tidak hanya pada kubahnya, pada ukiran kayu di mimbarnya juga di ukir sebuah kaligrafi berbahasa arab pada bagian mihrabnya. Tidak cukup dengan itu, pada masjid An-Nur ini juga berdiri menara yang tinggi pada empat sudut bangunan. Walaupun tidak menyatu dengan bangunan masjid.

Menara ini selaras dengan bangunan pada sisi kanan dan kiri, dengan menampilkan gaya Turki. Sebagai masjid yang megah dan menampilkan kesan budaya dari 4 tempat, membuat masjid ini memiliki keindahan tersendiri. Terlebih tidak hanya dijadikan tempat ibadah, tetapi juga dijadikan sebagai tempat kegiatan sosial.

Peran masjid dalam keiatan sosial sangat penting, sehingga tidak hanya terpacu pada kegiatan ilmu pendidikan agama. Selain itu pada bagian eksterior masjid terdapat taman dan juga kolam yang luas. Berdasarkan sejarah, sebelum dibangun masjid, tepat ini adalah lapangan stadion yang luas.

Oleh karena itu, tidak heran jika lahan yang lebih dijadikan taman dan tempat parkir yang luas. Pada pagi hari, masyarakat dekat masjid tak jarang memanfaatkan area tersebut untuk berolahraga ringan. Lebih dari itu, fasilitas masjid juga sangat lengkap dan modern.

unsplash.com

Terdapat pula ruang serbaguna, perpustakaan, kamar mandi dan toilet serta terdapat pula eskalator. Tidak hanya itu, tersedia pula jaringan WiFi tanpa dilengkapi dengan pasword. Itu artinya siapapun dapat memanfaatkan jaringan nirkabel tersebut. Sebuah masjid bergaya modern dengan tetap mempertahankan unsur budaya.

Di samping masjid An-Nur juga berdiri hotel-hotel berbintang. Aksesnya jalan menuju masjid juga sangat terjangkau yakni di pusat kota Pekanbaru. Masjid dengan aula yang luas ini juga sering dijadikan tempat untuk pertemuan penting, sehingga membuat eksistensi masjid menjadi lebih dikenal.

Kini masjid ini menjadi salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia. Sekaligus sebagai salah satu rekomendasi wisata religi jika berkunjung di kota Pekanbaru. Sebuah kota yang memiliki peran penting dan kemajuan yang terus meningkat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai masjid an-Nur yang sering disebut sebagai masjid Jami’ atau masjid Agung An-Nur. Kata an-Nur sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti cahaya. Sama seperti namanya, masjid ini dengan kombinasi warna yang indah terlihat sangat bercahaya.

Sebagus-bagunya masjid, tetaplah tempat suci bagi umat Islam untuk mengadukan diri kepada Sang Pencipta. Semakin manfaat masjid terus difungsikan, masjid tersebut telah berhasil seuai dengan tujuan utama pendirian. Dan masjid an-Nur sebagai masjid provinsi adalah masjid kebanggan masyarakat Pekanbaru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top