Mangga Mahatir Super

Siapa sih yang tidak menyukai buah mangga? Buah segar yang mengandung banyak manfaat ini memang sangat populer. Banyak juga dari Anda mungkin paham, bahwa buah mangga ada banyak sekali jenisnya. Namun, mungkin hanya sebagian dari Anda yang tahu jenis mangga mahatir. Apa sebenarnya mangga mahatir?

Tentang Mangga Mahatir Super

Mangga mahatir memang belum banyak yang mengetahuinya. Namun oleh masyarakat tanah air yang tahu, mangga ini sering disebut dengan mangga esmo, yaitu tanaman buah mangga yang berasal dan banyak dibudidayakan di daerah Kinabali, Malaysia. Ia dikenal karena keunggulannya pada ukurannya yang bisa mencapai berat 2,5 – 3 kg per buahnya. Karenanya, sering pula disebut mangga mahatir super.

Selain terkenal karena ukurannya yang besar, mangga mahatir juga terkenal karena jarak panen yang dekat. Mangga mahatir super ini memang termasuk jenis buah mangga yang cepat berbuah. Ia sudah bisa mulai berbuah bahkan saat usianya antara 3 sampai 4 tahun. Suatu keunggulan yang jarang sekali dimiliki jenis mangga lainnya.

Tanaman ini memiliki karakteristik yang dapat dikenali, yaitu pada bagian daunnya. Daunnya berukuran panjang dan lebar dengan bentuk yang bergelombang. Menariknya, urat-urat daunnya kelihatan lebih menonjol jika dibandingkan dengan urat daun lainnya. Jika sepotong kecil daun yang sudah tua diremas, maka akan mengeluarkan aroma khas sengir yang tidak umum dimiliki varietas mangga lainnya.

Pada bagian cabang dan ranting, pohon mahatir memilki cabang yang lebih lemas dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Sehingga, ia bisa tumbuh menjuntai-juntai ke bawah. Bahkan, jika sedang berbuah, pohon ini terlihat rindang sekali, karena buah yang bergelayut di bagian cabangnya, membuat cabangnya semakin berat dan menjuntai.

Pohon mangga mahatir juga terkenal mudah dapam perawatan dan budidayanya. Karena, mangga ini tidak membutuhkan perawatan khusus dan bisa tumbuh dengan cepat secara alami. Namun, untuk hasil yang maksimal, usahakan untuk menanam pohon ini di tempat dengan sinar matahari yang cukup, serta penyiraman rutin pagi dan sore.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top