Macam-Macam Diksi Dalam Kepenulisan

Struktur dalam kepenulisan memang menjadi hal yang perlu utuk diperhatikan sebab dapat mempengaruhi isi dalam sebuah tulisan. Banyak penulis awal yang bingung dalam menerapkan kosakata yang pas untuk dituliskannya. Sehingga memang penting untuk menerapkan penggunaan diksi yang tepat sehingga mampu menghasilkan beragam jenis karya tulisan yang terbaik. Ketika berbicara mengenai diksi, maka perlu untuk mengetahui makna dari diksi. Diksi merupakan suatu kata yang tepat dan selaras, sehingga mampu untuk menyampaikan maksud yang sesuai dengan keinginan melalui tulisan. Diksi memang menjadi hal yang penting karena penerapannya tidak hanya pada tulisan melainkan juga dapat melalui bahasa bicara. Sehingga perlu untuk memperhatikan beragam jenis diksi yang terbaik. Apalagi ketika menulis sebuah artikel yang mengharuskan menggunakan diksi yang tepat dan lugas agar pembaca dapat mengetahui maksud dalam tulisan tersebut.

Apalagi sekarang sudah banyak sekali jenis dari diksi yang bisa digunakan dalam sebuah tulisan terbaik. Oleh karenanya sangat penting sekali untuk menggunakan diksi yang menarik untuk membuat pembaca semakin terkesan dengan tulisan dan ingin membacanya sampai tuntas. Apalagi juga perlu untuk menarik pembaca dengan menggunakan diksi yang terbaik dan unik namun tetap memiliki makna yang sama. Bahkan ketika menuliskannya dalam sebuah pembahasan yang menarik maka harus diselaraskan dengan menggunakan diksi yang menarik juga. Banyak penulis yang gemar membaca untuk memperbanyak kosakata sehingga ketika menulis sebuah tulisan sudah menyimpan diksi yang banyak.

Sehingga perlu sekali untuk mempelajari beragam jenis diksi yang dapat digunakan untuk sebuah tulisan. Sekarang sudah banyak sekali yang telah mempelajari mengenai jenis dari diksi, macam maam dari diksi memang banyak. Bahkan sudah banyak sekali portal online yang menyediakan beragam informasi seperti macam macam diksi. Salah satu media online tersebut adalah materibelajar yang mana dapat diakses dengan mudah serta dapat digunakan oleh siapa saja. Ketika menggunakan media online tersebut dapat dipelajari dimana saja serta dapat dengan mudah untuk mencari beragam diksi yang terbaru sehingga dapat dicocokkan dengan kalimat yang akan digunakan. Hal itu semakin memudahkan setiap orang yang ingin menulis untuk memiliki banyak diksi yang tepat untuk dituliskan. Maka dari itu tidak heran jika banyak sekali yang memilih untuk belajar dalam media online tersebut. Bahkan di meteri belajar tersebut akan menemukan banyak sekali hal yang baru dan juga menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu, sangat disarankan sekali untuk memilih menggunakan beragam jenis diksi dengan belajar pada media tersebut. Macam macam diksi memang dibedakan berdasarkan makna dan juga leksikal sehingga memudahkan untuk membedakan penggunaannya. Sehingga berikut adalah beberapa macam macam dari diksi yang dapat digunakan.

pxhere.com

Penggunaan Diksi Berdasarkan Makna

Ketika mempelajari mengenai diksi yang dapat digunakan dalam sebuah karya tulis, memang disesuaikan dengan penggunaan kosakata yang selaras. Diksi yang baik harus mampu untuk memudahkan pembaca memahami setiap maksud yang dituliskan. Maka dari itu memang perlu sekali untuk menggunakan diksi yang sinkron dengan maksud dalam kalimat. Bahkan ketika digunakan suatu artikel bebas yang terkesan harus lugas bahasa yang digunakan, maka perlu memilih diksi yang paling tepat.

Oleh karena itu, sekarang sudah banyak sekali orang yang memilih untuk menggunakan diksi yang berkualitas dan menarik. Namun sekarang perlu diketahui bahwa terdapat jenis diksi yang digolongkan berdasarkan makna atau arti. Sehingga kami akan memaparkan sedikit penjelasan mengenai macam diksi yang berdasarkan makna. Berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya.

  1. Makna denotatif

Salah satu jenis diksi yang dapat digunakan adalah diksi dengan makna denotatif. Maksud dalam makna denotatif adalah makna yang sebenarnya yang mana memberikan kalimat yang memiliki makna asli dalam penggunaan diksinya.

Contoh:

Sintia adalah seseorang yang gemar membaca sehingga dia mendapat peringkat terbaik.

  1. Makna konotatif

Selain itu, diksi dengan makna konotatif adalah penggunaan diksi yang menggunakan makna tidak sebenarnya atau kiasan. Penulis mampu menggunakan diksi tersebut ketika menjelaskan sesuatu yang tidak ingin dengan kosakata yang sebenarnya.

Contoh:

Adit harus banting tulang untuk membiayai sekolah adiknya dan menghidupi keluarganya.

Demikian tadi adalah beberapa macam jenis penggunaan diksi yang digolongkan berdasarkan maknanya.

pxhere.com

Penggunaan Diksi Berdasarkan Leksikal

Penggunaan diksi yang dapat dituliskan dalam sebuah karya tulis lainnya adalah dengan menggunakan diksi berdasarkan leksikal. Bahkan penggunaan diksi ini menjadi suatu yang sering kali digunakan oleh penulis. Sebab diksi yang terdapat di golongan leksikal mudah untu diterapkan. Maka dari itu berikut adalah beberapa penjelasan mengenai jenis diksi berdasarkan leksikal.

  1. Sinonim

Hemat, irit

Senang, bahagia

  1. Antonim

Naik, turun

Besar, kecil

  1. Homonim

Bulan terlihat penuh

Setiap bulan harus mengerjakan pekerjaan sesuai target

  1. Homofon

Contoh:

Dera menabung di bank setiap bulannya

Bang toni bekerja di kantor dekat rumah

  1. Homograf

Contoh:

Nasabah menabung di bank untuk mendapatkan bunga

Gadis itu merupakan bunga desa

  1. Polisemi

Contoh:

Ular memiliki bisa yang mematikan

Andi bisa melakukan pekerjaan dengan lebih cepat

  1. Hepernim dan Hiponim

Contoh:

Pada kebun binatang terdapat banyak sekali jenis binatang seperti rusa, gajah, singa, buaya, kuda, orang utan dan lain-lain.

 

Demikian tadi adalah beberapa macam macam diksi yang digolongkan berdasarkan leksikal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top