Beli Laptop Baru atau Bekas?

Jika komputer terdiri dari berbagai bagian yang terpisah-pisah seperti monitor, keyboard, dan case yang menjadi tempat berkumpulnya perangkat seperti motherboard, power supply, floppy disk, transistor, kipas dan lain-lain, maka laptop merupakan versi sederhana dari sebuah komputer karena bagian-bagiannya dijadikan menjadi satu.

Laptop yang juga disebut komputer jinjing ini memiliki bagian-bagian yang hampir sama dengan komputer yang diringkas menjadi satu perangkat yang berupa laptop. Meski begitu, karena laptop menggunakan baterai dalam pengoperasiannya, maka laptop dilengkapi dengan kabel pengisi daya atau charger yang dapat dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan.

Sebagai komputer yang disederhanakan, laptop memiliki komponen-komponen utama dari sebuah komputer seperti motherboard, LCD yang merupakan pengganti monitor, processor, keyboard, touchpad yaitu pengganti mouse, RAM, harddisk, DVD, wireless card yang berperan untuk menangkap sinyal wifi tanpa menggunakan kabel, dan kipas yang digunakan untuk mendinginkan processor.

Selain beberapa jenis komponen tersebut, ada lagi komponen penting yang dapat ditemukan pada laptop yang tidak ada di komputer. Bagian dari laptop yang tidak dapat ditemukan pada komputer tersebut adalah baterai. Baterai inilah yang berperan penting sebagai penyimpan dan penyuplai daya sehingga laptop dapat beroperasi dengan baik tanpa memerlukan kabel yang terhubung dengan sumber listrik.

pxhere.com

Dengan adanya baterai, laptop dapat dibawa kemana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan, tidak seperti komputer yang membutuhkan kabel listrik sepanjang waktu agar komputer dapat dinyalakan dan dipakai. Karakteristik inilah yang membedakan komputer dengan laptop sekaligus menjadi kelebihan laptop yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada banyak orang.

Meski begitu, jika ingin memiliki laptop ada dua pilihan yaitu laptop baru atau laptop bekas. Beli laptop baru atau bekas? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang harus dijawab oleh Anda sendiri. Meskipun pertanyaan tersebut agak sulit untuk dijawab, namun kembali pada diri Anda sendiri laptop mana yang akan Anda pilih karena tentunya ada banyak faktor yang perlu dipertimbangakan.

Jika meninjau dari fungsinya, laptop bekas sebenarnya tidak kalah dari laptop baru. Apalagi jika laptop bekas tersebut tahun keluarnya belum lama. Selama segala komponen dari laptop bekas tersebut masih baik dan laptop tersebut dapat beroperasi dengan baik, maka laptop bekas pun dapat dipertimbangkan untuk dijadikan pilihan. Apalagi mengingat harga laptop dalam kondisi baru yang cenderung mahal.

Karena itulah sangat disarankan bagi Anda untuk menjadikan kinerja dan spesifikasi laptop sebagai tujuan utama. Dengan begitu, dari pada membeli laptop baru yang harganya lebih mahal hanya untuk memenuhi ego dan gengsi, Anda bisa mendapatkan laptop bekas yang harganya lebih murah namun dengan kinerja dan spesifikasi yang diinginkan.

pxhere.com

Carilah laptop bekas yang kinerja dan spesifikasinya memenuhi kriteria Anda. Dengan begitu tugas sekolah maupun pekerjaan Anda bisa menjadi lebih mudah dengan adanya laptop tersebut. Apabila Anda telah menemukan laptop bekas dengan spesifikasi yang dicari, Anda harus memahami harga pasaran dari laptop baru dan laptop bekas dengan brand dan spesifikasi tersebut.

Hal ini penting karena pada umumnya barang elektronik seperti laptop memiliki selisih harga yang cukup jauh antara barang kondisi baru dengan kondisi bekas. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda akan bisa memikirkan dan menimbang ulang keputusan Anda dalam membeli laptop. Anda pun akan dapat bersikap lebih bijak dalam memilih beli laptop baru atau bekas?

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop adalah jangan biarkan Anda terbujuk oleh iklan maupun diskon. Ini karena iklan dan diskon hanyalah sebuah cara yang digunakan oleh penjual untuk memasarkan produknya. Dengan kata lain, Anda harus menimbang dengan cermat dan bersikap lebih bijak sebelum memilih untuk membeli barang elektronik seperti laptop.

Apabila Anda dengan mudahnya terbujuk oleh iklan maupun diskon, bisa-bisa Anda merasa menyesal di kemudian hari. Perlu Anda perhatikan bahwa yang terpenting dari suatu barang elektronik adalah kinerja atau performanya, serta spesifikasinya. Dengan performa dan kinerja laptop yang baik sesuai harapan, Anda akan merasa terbantu dengan adanya perangkat elektronik tersebut.

pxhere.com

Meskipun selisih harga antara laptop baru dengan laptop bekas umumnya cukup jauh walaupun jangka pemakainnya singkat, namun ada kalanya Anda ingin jual laptop bekas Anda karena spesifikasinya yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan atau performanya yang kurang. Cara menjual laptop bekas saat ini cukup mudah karena Anda bisa memasang iklan dengan mudah melalui media sosial.

Adanya media sosial juga akan membantu Anda mencari calon pembeli dalam jangkauan yang lebih luas dan tidak terbatas pada kota atau daerah asal saja. Dengan begitu, Anda bisa memasang iklan jual laptop bekas dengan bebas dan lebih leluasa sambil menunggu datangnya calon pembeli yang berminat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top