Kuliah di Jerman

Jerman merupakan salah satu negara dengan tingkat pendidikan tinggi serta negara terbesar ke 4 dalam bidang ekonomi. Tingkat pendidikan yang tinggi akan berpengaruh pada kualitas Sumber Daya Pekerja. Dengan begitu, tidak heran jika angka pengangguran di Jerman terhitung paling sedikit.

Sistem Pendidikan di Jerman

Sistem pendidikan di Jerman memang sangat luar biasa, bahkan untuk mereka yang berada pada tingkat sekolah menengah yang terdiri dari Lower Secondary School (Hauptschule), Lower Secondary School (Realshule), Hinger Secondary School, Comprehensive School, All-Day School dan Vocation School telah melakukan divetrifikasi pendidikan.

Diversifikasi pendidikan disini maksudnya adalah sudah melakukan pembelajaran teori dan partik, dengan begitu mereka sudah bisa magang di Perusahaan dengan umur mulai 6 tahun. Untuk tingkat perguruan tinggi sudah tidak diragukan lagi. Sebagai negara dengan penciptaan teknologi terbaik.

Perguruan tinggi di Jerman merupakan perguruan tinggi yang didambakan oleh kebanyakan orang yang ingin kuliah di luar negeri. Beberapa universitas terkenal di Jerman antara lain Heidelberg University, Humboldt University, LMU Munich dan lain sebagainya yang masuk pada 100 besar perguruan tinggi terbai di dunia.

Karena berada pada pusat kota Eropa dengan segala teknologi dan fasilitasnya yang canggih, membuat mahasiswa yang berada di sana disuguhkan dengan berbagai hal menarik. Berada pada lingkungan internasional serta beraneka ragam kultur semakin mempererat tali persaudaraan.

Ada beberapa beasiswa yang disediakan oleh pemerintah setempat diantranya adalah Eramus+, DAAD Scholarship. Serta beberapa beasiswa yang berasal dari non pemerintah seperti Deutschland Stipendium dan Kurt Hansen Science Scholarship serta beberapa beasiswa lainnya.

Salah satu tokoh termasyhur di Indonesia Bapak BJ Habibie juga merupakan lulusan salah satu universitas di Jerman. Karyanya sudah pasti dan teruju yaitu pesawat N250 Gatot Kaca dengan teknologi masa depan. Itulah beberapa alasan mengapa memilih untuk melanjutkan kuliah di Jerman dengan berbagai fasilitas.

Walaupun demikian, biaya yang dibutuhkan juga perlu diperhatikan. Akan tetapi dengan kegigihan dan kemampuan bisa dengan jalur beasiswa Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top