Khasiat Bunga Lawang untuk Kesehatan Tubuh

Rempah-rempah yang ada di Indonesia sangat beragam dan memiliki khasiat yang sangat baik. Tak heran jika pada jaman dahulu rempah menjadi rebutan berbagai orang dari penjuru dunia. Salah satu rempah yang memiliki berbagai manfaat namun jarang digunakan adalah bunga lawing. Lantas apa saja manfaat dari rempah satu ini? Simak ulasan berikut untuk informasi lebih lengkapnya ya.

Khasiat Bunga Lawang Untuk Kesehatan

Rempah satu ini awalnya berasal dari Tiongkok dan Vietnam. Rempah jenis ini banyak digunakan di masakan khas Asia. Bentuknya sangat khas yakni seperti bintang dengan 8 ruas. Setiap ruas berisi biji berwarna coklat. Nama bunga lawing dengan nama latin Illicium verum ini jarang terdengar, padahal manfaat yang dikandungnya sangat banyak. Berikut adalah beberapa manfaat dari bunga lawing

1. Antioksidan

Kandungan dalam bunga lawang yang berkhasiat untuk antioksidan adalah vitamin C dan minyak esensial linaool. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang berguna untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan, ada fakta terbaru bahwa bunga lawang mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker.

2. Antijamur

Manfaat satu ini merupakan manfaat pertama yang dikenal dari bunga lawang. Ada beberapa jamur tertentu yang pertumbuhannya bisa dikendalikan, misalnya Candida albicans. Jamur satu ini biasanya tumbuh tanpa kendali dan menyebabkan berbagai penyakit. Ada 4 senyawa dalam bunga lawang yang efektif untuk untuk mengatasi 70 strain bakteri yang kebal terhadap obat.

3. Mengatasi Susah Tidur

Bunga lawang juga kerap digunakan untuk mengatasi gangguan susah tidur. Berdasarkan pengalaman pengobatan tradisional, bunga lawang memiliki kandungan penenang ringan untuk syaraf. Jika Anda memiliki gangguan tidur, cobalah untuk meminum ramuan bunga lawang secara rutin. Jika gangguan tidur teratasi, maka kualitas hidup akan menjadi lebih baik karena tubuh mampu beristirahat dengan baik. Regenerasi sel pun berjalan dengan optimal.

Itulah beberapa khasiat dari bunga lawang. Jika Anda ingin mendapatkan pengobatan tradisional yang alami, cobalah untuk mengonsumsi bunga lawang. Bisa dengan mencampurkan dalam masakan sehari-hari atau dibuat ramuan tersendiri. Selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top