Tata Cara Penulisan Kata Pengantar Laporan PKL

Kata pengantar merupakan sebuah kalimat pembuka yang terdapat pada sebuah jurnal atau karya tulisan ilmiah seperti makalah, proposal, laporan, proposal penjualan ataupun penelitian. Kata pengantar sendiri biasanya memuat beberapa bab yang ada pada setiap bagiannya,

 

Laporan PKL sendiri termasuk kedalam kategori jenis kata pengantar laporan, biasanya ini digunakan oleh siswa yang sedang melakukan kegiatan prakerin dan untuk sebagai bukti kegiatan yang telah mereka lakukan. Untuk membuat laporan prakerin sendiri memanglah mudah, tetapi untuk membuat kata pengantar PKL nya itu sendiri banyak orang yang mengalami kesulitan.

 

Kata pengantar PKL sebenarnya memiliki kesamaan struktur dengan kata pengantar lainnya. Yaitu pada bagian pertama memanjatkan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bagian kedua menggambarkan isi laporan kepada pembaca, dan bagian ketiga adalah akhir kata pengantar yang biasanya berisi tentang permohonan maaf jika laporannya kurang sesuai dan dimintai kritik serta saran.

 

Buat kalian yang akan membuat laporan PKL jangan lupa untuk memperhatikan struktur penulisan laporan yang baik dan juga benar. Hal paling dasar yang harus kalian ketahui adalah tentang cara penulisan kata pengantar laporan PKL yang baik dan juga benar. Langsung saja buat kalian yang masih kebingungan tentang cara menulis kata pengantar yang baik dan benar, berikut ini akan saya bagikan tipsnya.

stocksnap.io

Tata Cara Penulisan Kata Pengantar Laporan PKL

Sebelum itu akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang tata cara penulisan kata pengantar laporan PKL yang baik dan benar.

1. Penggunaan kata ganti orang ke 3

Saat kalian membuat sebuah kata pengantar, sebaiknya jangan menggunakan kata seperti Aku, Saya, atau Kami. Tetapi untuk menuliskan kata ganti orang ke 3 pada kata pengantar kalian harus menggunakan kata Penulis untuk menyebutkan diri kalian.

2. Paragraf pertama berisikan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa pada paragraf pertama penulisan kata pengantar adalah berisikan ucapan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

3. Paragraf kedua menggambarkan isi karya tulis kalian

Di paragraf kedua ini kalian menjelaskan sedikit tentang karya tulis yang kalian buat tersebut. Ajak si pembaca supaya sudah paham tentang karya tulis yang kalian buat tersebut.

4. Paragraf ketiga merupakan akhir kalimat kata pengantar

Pada bagian akhir kalimat kata pengantar, berisikan ucapan permintaan maaf dari si penulis kepada pembaca, apabila tulisan yang dibuatnya banyak kekurangannya dan dimohon untuk memberikan kritik dan saran yang membangun.

stocksnap.io

Struktur Penulisan Laporan PKL

Seperti yang sudah saya bahas di atas tadi, bahwa untuk struktur penulisan laporan kegiatan PKL ini terbagi menjadi 8 struktur penulisan yaitu :

Cover/sampul

Sampul laporan kegiatan PKL terdiri dari logo sekolah, data diri lengkap penulis, seperti nama, jurusan, kelas, absen dan tahun di buatnya laporan tersebut.

Kata Pengantar

Seperti yang sudah saya bahas di atas tadi bahwa kata pengantar laporan PKL ini terdiri dari tiga bagian.

Daftar Isi

Daftar isi merupakan sebuah poin yang berisikan kegiatan kalian selama melakukan PKL di tempat kalian bekerja.

BAB I Pendahuluan

Berisikan tentang latar belakang, rumusan masalah, dan maksud serta tujuan makalah tersebut dibuat.

BAB II Pembahasan

Di bab pembahasan ini nantinya masalah yang di angkat akan di bahasa secara tuntas dan harus memuat fakta-fakta yang ada untuk di paparkan.

BAB III Penutup

Berisikan kesimpulan atas hasil yang dihasilkan dari pembahasan bab ke 2 di atas.

Daftar Pusaka

Daftar pusaka ini memuat data atau informasi yang kalian peroleh untuk merangkum laporan tersebut. Jika kalian memperolehnya dari internet maka kalian wajib untuk mencantumkan link website yang kalian gunakan tersebut.

Lampiran

Lampiran ini memuat beberapa dokumen seperti gambar saat kalian melakukan PKL, atau dokumen-dokumen lainnya yang berkaitan dengan kegiatan PKL kalian. Lampiran ini bersifat tidak wajib, jadi jika kalian tidak melampirkan apa-apa juga tidak masalah.

stocksnap.io

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Berikut ini adalah salah satu contoh kata pengantar laporan PKL yang bisa dijadikan dalam penulisan laporan PKL :

 

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah limpahan rahmat dan  hidayahnya sehingga dapat memberi penulis kesempatan dalam menyelesaikan laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang penulis buat ini.

 

Laporan PKL ini penulis buat sebagai salah satu syarat tanda berakhirnya kegiatan praktik kerja lapangan oleh siswa SMK Manggala Purworejo selama 5 bulan.

 

Praktik kerja ini diadakan untuk mengasah kemampuan dari tiap-tiap individeu, agar nantinya dapat menjadi pekerja keras yang unggul dan juga menadiri. Dan penulis mengharapkan laporan praktik kerja yang telah dibuat ini dapat memberikan banyak manfaat penulis dan bagi pembaca laporan kerja praktik ini.

 

Pada kesempatan ini juga Penulis ingin memberikan ucapan terimakasih kepada yang telah membantu dalam proses PKL dilaksanakan. yang telah memberi dukungan moral selama penulis melakukan kegiatan PKL selama ini. Penulis ucapkan  banyak berterima kasih atas selesainya laporan PKL ini kepada :

 

  1. Bapak Drs. Ahmad Farizi, selaku ketua SMK Manggala Purworejo.
  2. Bapak Budi Handoyo S.t selaku guru pembimbing
  3. Ibu Dela Puspita selaku pembimbing penulis di CV Arga Buana
  4. Para karyawan dan jajaran staf yang bekerja di CV Arga Buana
  5. Kedua Orang Tua, sahabat, teman-teman yang telah ikut serta membantu dan memotivasi selama proses PKL sampai selesai.

 

Laporan PKL ini telah penulis buat dengan semangat dan penulisan yang sebaik-baiknya, tapi tentu akan masih ada kekurangan dalam penulisannya. Karena itu, penulis mengharapkan dalam laporan PKL ini ada kritik dan saran agar dapat memperlengkap tulisan laporan ini agar lebih bermanfaat, terimakasih.

 

Purworejo, 9 Juli 2019

 

 

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top