Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro adalah kabupaten di Propinsi Jawa Timur. Kabupaten ini Terdiri dari 11 kelurahan, 28 Kecamatan dan 419 Desa. Bojonegoro memiliki luas wilayah 2.198,79 Km2 dan jumlah penduduknya sebanyak 1.313.722 jiwa.

Tentang Kabupaten Bojonegoro

Kota Bojonegoro dilintasi jalur kereta api Surabaya-Semarang-Jakarta dan merupakan kawasan yang berada di jalur Surabaya Cepu semarang. Sebaran penduduk Kabupaten ini sebanyak 912 jiwa/Km2.

Ragam Potensi Ekonomi

Bojonegoro merupakan kawasan yang terus mengembangkan berbagai komoditas untuk menunjang produktivitas perekonomiannya. Berbagai komoditas yang diproduksi meliputi kerajinan mebel kayu jati, kerajinan bubut, kerajinan limbah kayu, kerajinan batu onix dan aneka pengolahan makanan serta budidaya buah-buahan.

Kerajinan Mebel Jati

Terkenal dengan kualitas ekspornya, produksi mebel jati yang diproduksi di Bojonegoro antara lain meja kursi, lemari, buffet, tempat tidur dan mebel rumah tangga lain. Sukoharjo dan Temayang menjadi kawasan produksi mebel ini. Yang membedakan produk khas Bojonegoro dengan produksi ditempat lain, diantaranya lantaran kualitas kayu jati asli dan unggul. Selain memproduksi mebel bojonegoro juga sekaligus penghasil kayu jati berkualitas.

Kerajinan souvenir

Selain mebel, kayu jati di Kabupaten Bojonegoro juga diolah menjadi kerajinan lain. Corak khas pada kayu, sangat indah dan natural yang dibentuk menjadi beragam kerajinan seperti miniatur mobil, sepeda motor, kereta api, becak, jam dinding, guci maupun penghias interior.

Kerajinan Limbah kayu

Tidak hanya kayunya. Limbah jati juga dapat dibentuk berafgam model karya seni indah. Kabupaten Bojonegoro sudah mengekspord berbagai produk limbah ini ke banyak negara. Selain kayu jati, Kabupaten ini juga mengembangkan kerajinan lain dari bahan baku batu onix yang tersedia cukup melimpah disini. Sentra produksinya di Kecamatan Bubulan.

Produksi Aneka Makanan

Kabupaten Bojonegoro juga mengembangkan beragam olahan makanan berbahan tradisional seperti ledre, rengginang singkong. Beberapa buah seperti salak wedi, blimbing ngringinrejo, pepaya kalifornia juga dibudidaya.

Penghasil Tembakau Virginia

Dari sekian komoditas unggulan di Kabupaten Bojonegoro, yang sudah lama terkenal dan mendunia yakni tembakau virginia. Berbagai wilayah di Kabupaten ini membudidaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top