Jenis Jamur Yang Berbahaya Yang Wajib Diketahui

Jamur merupakan organisme yang bisa ditemukan dimana saja.  Asalkan habitabtnya mendukung maka jamur bisa dengan sendirinya muncul. Jamur juga memiliki berbagai jenis, berbagai corak dan berbagai kegunaan. Beberapa jamur bahkan sampai bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku masakan.

Bahkan kita tidak asing lagi dengan beberapa jenis jamur yang digunakan untuk makan ini. Beberapa jamur yang biasa digunakan adalah jamur kuping, jamur merang dan lain lain. Tapi pernahkah anda berfikir bahwa beberapa jamur masuk dalem kategori yang berbahaya bahkan sampai mengakibatkan kematian.

Ya, beberapa jamur ini hadir di tengah tengah kehidupan kita. Mereka memiliki efek samping yang berbeda beda tergantung jenisnya. Organisme berkingdom fungi ini patut kita waspadai keberadaannya. Karena bisa saja kita akan bertemu dengan beberapa jenis jamur yang berbahaya.

Jamur di Dalam Rumah

Termasuk di dalam rumah kita sering melihat di sudut rumah yang lembab, di bawah karpet, di kamar mandi ada bercak hitam, coklat atau hijau di dinding. Itu adalah salah satu jamur yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Tapi di dalam rumah kalian harus tahu perbedaan mold vs mildew, karena kedua jenis jamur ini berbeda dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

pixabay.com

Jamur di Alam

Alam memang menawarkan banyak keunikannya. Khususnya dalam organisme yang bernama jamur ini mdisatu sisi jamur memiliki manfaat sebagai dekomposer hingga bahan makanan. Disisi lain jamur menjadi momok yang mengancam keselamatan kita.

Jamur Angel Wong

Pertama adalah jenis jamur angel wong atau dalam bahasa ilmiah yaitu pleurocybella porrigen. Mungkin sekilas anda akan mengira jamur ini adalah jamur yang indah karena memiliki nama demikian. Akan tetapi anda jangan sampai tertipu, jamur ini bisa sangat membahayakan tubuh Anda ketika berkontak dengan organ tubuh dan menunjukkan reaksinya.

Pemberian nama ini tergolong unik dan aneh. Nama angel wing bermakna apabila anda memakan jamur ini maka anda akan diangkat oleh malaikat maut. Jamur ini pernah menjadi santan orang waktu dulu hingga kabar berita korban berjatuhan akibat memakan jamur ini. Belum ada data resmi yang menunjukkan kandungan di salam jamur inij.

Akan tetapi efek bahaya dari jamur ini diklaim hampir sama dengan sianida. Apabila anda memakan jamur ini maka akan timbul efek samping berupa gagal ginjal serta masalah hati. Pada kasus 2009 terdapat seorang kakek yang memakan jamur ini dan dia mengalami encephalopayhy dan akhirnya meninggal dunia.

pixabay.com

Jamur deadly Web cap

Sesuai namanya yaitu jamur ini memiliki arti sebagai kematian. Faktanya memang benar, jamur ini bisa menjadi gerbang masuk jalur kematian anda. Jamur yang memiliki nama latin cortinarius rubelles ini akan membuat anda mengalami efek yang fatal jika anda mengonsumsinya. Ketika anda mengonsumsi jamur ini salam 2 hingga 3 hari maka anda akan dikenai gejala seperti flu, haus, gagal ginjal, sulit buang air besar maupun kecil. Jika tubuh Anda tidak kuat maka kematian akan menunggu didepan mata.

Jamur Panther Cap

Panther cap adalah jamur selanjutnya yang meiliki efek berbahaya bagi tubuh Anda. Jamur ini berbahaya karena memiliki bentuk yang mirip dengan jamur The Blusher yang aman dimakan. Karena bentuknya menyerupai jamur yang aman dimakan  ini,orang orang akan sulit membedakan sehingga mereka bisa saja membahayakan diri dengan tidak sengaja memakannya.

Terhitung telah banyak korban berjatuhan akibat memakan jamur ini. Jamur dengan nama latin Amanita pantherina ini akan menimbulkan gejala Gejala tertentu ketika anda mengonsumsinya. Yang jelas pada saat anda mengonsumsi jamur ini anda akan mengalami halusinasi yang kuat.

Jamur Autumn Skullcap

Selanjutnya ada jamur yang berasal dari Australia yang bernama autumn Skullcap. Jamur yang memiliki nama latin Galerina marginata inu termasuk salah satu jamur yang membahayakan. Habitat jamur ini sering ditemukan di benua Australia  dan negara negara di bagian bumi Utara.

Ketika anda mengonsumsi jamur ini maka anda akan mengalami efek yang sama seperti dengan mengonsumsi jamur Death cap. Kedua jamur jni memiliki sifat sebagai amatoxins. habitat jamur ini adalah kayu batang pohon yang sudah mati. Ketika anda memakannya maka anda akan mengalami masalah serius. Beberapa gejala yang akan timbul seperti diare, muntah, kerusakan hati hingga hypothermia. Ketika anda mengalami gejala ini maka anda harus menghubungi medis secepatnya. Jika tidak maka kematian mengancam anda.

pixabay.com

Jamur False Morel

Selanjutnya terdapat spesies jamur yang diberi nama False morel. False Morel memiliki bentuk seperti otak manusia maka tidak jarang jamur ini diberi nama dengan Human Brain Fungus. Dengan bentuk anehnya ini, jamur ini menyimpan bahaya yang besar untuk anda.

Jamur ini memiliki habitat di daerah Scandinavia dan Eropa Timur. Jamur yang memiliki nama latin Gyromitra Esculenta ini akan memberikan efek toksik nya ketika anda mengonsumsinya. Jika anda masih penasaran ingin memakannya, anda harus memasak jamur inj sampai matang dan racun didalamnya hilang. Jamur False morel memiliki kandungan racun yang bernama gyromitrin. Efek dari racun inj adalah kerusakan hati, sistem saraf, hingga gangguan ginjal. Jika anda tidak mengalami penanganan medis maka anda bisa mengalami kematian.

Jamur Podostroma Cornu-Damae

Terakhir ada jamur yang memiliki habitat di asia. Jamur ini memiliki nama Podostroma cornu-damae. Jamur ini memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk panjang dan memiliki warna oranye atau merah.

Dibalik warnanya yang menarik, jamur ini juga menyimpan bahaya yang sangat serius. Racun yang berada dalam jamur jni bernama trichothecene mycotoxins. Karena sangat berbahaya, ketika kita mengonsumsinya maka kita akan dikenai kegagalan organ organ tertentu. Selain itu saat mengonsumsi jamur ini anda akan mengalami gejala seperti sakit perut, kulit yang mengelupas, rambut rontok, gagal ginjal hingga kematian.

Jamur jamur tersebut tentu saja sangat berbahaya bagi manusia. Sudah seharusnya kita meningkatkan kewaspadaan terhadap keberadaan jenis jamur ini. Karena bisa saja anda akan menghadapi bahaya yang ditimbulkan organisme tak berklorofil ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top