Berbagai Manfaat ISO/IEC 17025 yang Tak Banyak Diketahui

Ada berbagai macam manfaat ISO/IEC 17025 yang dapat Anda peroleh sebagai perusahaan pengajuan. Apa itu ISO? Jangan katakan Anda perusahaan besar yang sudah internasional jika Anda belum pernah mengajukan standardisasi ini. Hal ini dikarenakan standard inilah yang akan menunjukkan kredibilitas sebuah perusahaan dalam pasar global.

Peran ISO ini sangatlah penting bagi bisnis Anda, terlebih jika Anda ingin bisnis maju dalam pasar internasional. Karena persaingannya begitu ketat, maka tidak ada salahnya Anda mempersiapkan hal-hal penting yang akan di standardisasi oleh ISO. Hal-hal tersebut di antaranya adalah produk, layanan, hingga sistem. Apa manfaat dari ISO ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat ISO/IEC 17025 yang Wajib Anda Ketahui

pixabay.com

Meningkatkan Kredibilitas

Salah satu manfaat dari mengajukan ISO adalah dapat meningkatkan kredibilitas dari perusahaan yang Anda dirikan. Hal ini akan menjamin mutu dari bisnis yang Anda jalani saat ini. Penetapan sistem manajemen mutu yang berdasarkan standar internasional akan memberikan support besar pada kredibilitas perusahaan Anda.

Jadi, dengan penetapan sistem ini, semua aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan akan mempunyai standard terbaik sehingga tentu dampak positif dari semua ini adalah kepuasan dari para pelanggan.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Konsumen

Seperti yang sudah dikupas di nomor satu, standardisasi ini pada akhirnya memiliki tujuan akhir yaitu untuk memuaskan pelanggan. Siapa sangka, kepuasan pelanggan menjadi faktor paling penting terhadap maju tidaknya perusahaan. Jika perusahaan sudah memiliki standard yang baik dari ISO, maka mereka tidak akan ragu dengan segala produk dan layanan dari perusahaan tertentu.

Kualitas Perusahaan Bergaransi Standar Internasional

Untuk bisa memperoleh sertifikat standardisasi ISO, perusahaan perlu melewati siklus PDCA. Dalam siklus ini, akan dilakukan identifikasi, analisis, hingga penyelesaian masalah yang bertujuan untuk menjamin kualitas perusahaan sesuai dengan standard internasional. Kualitas tersebut fokus pada produk, layanan, hingga sistem.

Dapat Menghemat biaya

Manfaat lainnya yang patut dipertimbangkan adalah pengajuan ISO dan menghemat biaya yang dikeluarkan. Bagaimana bisa? Tentu bisa, karena dalam standard ISO, perusahaan akan menerapkan suatu sistem manajemen tertentu yang pastinya dapat menentukan kinerja dari perusahaan.

Jadi, jika perusahaan sudah mengetahui bahwa kinerjanya menurun, mereka akan secara langsung melakukan upaya antisipasi. Tentu, secara tidak langsung, perusahaan akan meminimalisir terjadinya pemborosan anggaran jika kinerja dan produknya memiliki reputasi yang buruk.

Memaksimalkan Kinerja Karyawan

Sesuai dengan prinsip manajemen mutu, tujuan dari standard adalah untuk memaksimalkan kinerja dari para karyawan di suatu perusahaan. Secara tidak langsung, mereka akan menjalankan segala ketetapan yang sesuai standard.

Inilah yang akan memotivasi karyawan Anda untuk mempertahankan mutu, produktivitas, dan efisiensi perusahaan yang tentunya sesuai dengan standard internasional yang sudah ditetapkan.

Dapat Memperbaiki Reputasi Perusahaan

Manfaat terakhir adalah memperoleh reputasi yang baik dari pelanggan. Jadi, sertifikat ISO nantinya akan membuat citra yang baru bagi perusahaan Anda di mata dunia. Jika kualitas produk dan layanan Anda sangat bagus, tentu secara cepat perusahaan Anda akan dikenal oleh dunia.

Keuntungan Menggunakan Produk Berstandard Internasional

pixabay.com

Terhindar Dari Produk Illegal

Perlu diketahui, tidak semua produk internasional yang beredar di pasara itu legal untuk diperjualbelikan. Ada beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab mencoba memasarkan produk yang belum memiliki perizinan. Oleh karenanya, Sertifikat ISO 9001 ini menjadi jembatan bagi Anda yang ingin tetap aman berbelanja produk internasional. Hal ini dikarenakan produk tersebut sudah pasti dijamin kelegalannya.

Memperoleh Kualitas Produk Yang Baik

Siapa yang tidak ingin mendapatkan produk internasional yang berkualitas? Tentu setiap orang menginginkannya bukan? Oleh karenanya Anda perlu memperhatikan sertifikasi ISO yang dimiliki oleh perusahaan. Jika perusahaan tersebut sudah ter-sertifikasi, maka Anda tidak perlu meragukan kualitas produk serta layanannya.

Memiliki Keamanan

Semua produk yang sudah memiliki standard tertentu, pastinya sudah diuji dengan pengujian yang ketat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terhadap keamanan produk. Ini akan menguntungkan Anda jika produk tersebut berupa makanan atau kosmetik karena sudah pasti baik untuk kesehatan.

Memperoleh Pelayanan yang Baik

Dalam ISO, semua perusahaan akan dievaluasi berdasarkan bagaimana mutu produk, layanan, hingga sistem. Jadi, sudah dipastikan bahwa perusahaan yang memiliki sertifikat internasional memiliki pelayanan yang terbaik.

Demikian tadi sekilas pembahasan mengenai manfaat ISO bagi perusahaan yang Anda jalankan saat ini. Setelah mengetahui manfaatnya, Anda tentu sudah termotivasi untuk mengajukan Sertifikat ISO 9001 untuk memperoleh target pasar yang lebih  luas. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top