Mengenal 5 Interior Masjid Terindah di Dunia

Tidak bisa dipungkiri bahwa bagaimana desain di dalam masjid akan mempengaruhi kenyamanan orang melakukan ibadah disana. Selain kondisinya yang harus selalu bersih, pemandangan di dalam masjid akan membuat orang menjadi betah. Saat ini sudah cukup banyak masjid yang sangat memperhatikan detail pada interiornya. Selain untuk kepuasaan hati pembuatnya juga agar pengunjung betah.

Inilah juga yang menjadi faktor mengapa sekarang ini makin banyak masjid yang menjadi destinasi wisata religi. Bukan hanya di Indonesia saja, masjid-masjid dengan interior megah dan mengesankan juga banyak terdapat di luar negeri. Begitu bagusnya interior pada masjid tersebut hingga membuat pengunjung merasa takjub melihatnya. Bahkan beberapa diklaim sebagai interior masjid yang terindah di dunia.

Jika suatu saat memiliki waktu dan kesempatan untuk melakukan perjalanan wisata halal tidak ada salahnya mengunjungi salah satunya. Sebagai referensi inilah beberapa masjid dengan interior terindah di dunia.

Interior Masjid Terindah di Luar Negeri

pixabay.com

The Blue Mosque (Turki)

Masjid ini merupakan salah satu daya tarik yang menjadi tujuan wisata favorit bagi para wisatawan. Masjid biru memiliki desain arsitektur dan interior yang sudah terkenal keindahannya. Masjid biru atau Masjid Sultan Ahmed juga menjadi bagian sejarah negara Turki saat masa Konstantinopel berkuasa disana. Keindahan masjid ini terletak pada bagian kubah yang akan berwarna biru jika terkena cahaya.

Masjid Shah Faisal (Pakistan)

Pakistan, negara yang letaknya berbatasan dengan India tersebut juga mempunyai masjid dengan interior terindah. Namanya adalah Masjid Shah Faisal yang ada di Islamabad, Pakistan. Bentuk atau desain dari masjid ini berbeda dengan masjid pada umumnya yaitu dengan kubah simetris. Desain tersebut terinspirasi dari bentuk tenda suku Bedouin.

Arsitektur khas islam kontemporer mendominasi interior masjid dengan luas 5000 meter2  yang cukup menampung jemaah hingga 50.000 tersebut. Bagian dalam masjid tampak semakin indah dengan adanya teknik pencahayaan berwarna terang yang atraktif. Cahaya tersebut muncul di sela-sela kubah berbentuk simetris yang menjadi atapnya.

Education City Mosque (Qatar)

Jika pergi ke Kota Doha, Qatar sempatkanlah untuk mengunjungi Education City Mosque yang desainnya sangat unik. Masjid ini mengusung gaya futuristik dalam desain arsitekturnya dan digunakan sebagai pusat pendidikan serta ajaran Islam. Anda harus datang sendiri kesana untuk membuktikan keindahan arsitektur dan interior dari masjid tersebut.

Saksikan sendiri bagaimana kilauan berlian yang disematkan pada kubah bagian dalam akan membuat kita seolah melihat bintang di langit. Anda juga akan melihat ukiran kaligrafi serta ayat Al Quran menghiasi menara. Anda bisa menyaksikannya sambil berzikir di atas permadani indah yang pastinya dibeli dari toko karpet masjid berkualitas.

Bukan hanya di luar negeri saja kita bisa menjumpai masjid dengan interior yang indah. Di Indonesia juga ada beberapa masjid yang dikenal karena keindahannya.

Masjid Terindah di Indonesia

pixabay.com

Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri (Depok)

Siapa yang tidak mengenal keindahan dari masjid yang kubahnya dilapisi dengan emas 24 karat tersebut. Ya, jika ke Depok rasanya tidak lengkap kalau belum berkunjung kesana. Keindahan bukan hanya pada bagian luarnya tetapi juga pada bagian interiornya. Dihiasi dengan kristal dan marmer pada bagian dalamnya akan menambah takjub pengunjung yang datang ke masjid tersebut.

Bukan hanya itu saja, masjid di kawasan Limo, Depok ini juga dilengkapi dengan kaligrafi berlapis emas pada bagian langit-langit. Sedangkan pada bagian kubah lapisan emas memiliki tebal antara 2 hingga 3 milimeter. Pilar atau tiang masjid berjumlah 168 buah yang juga dilapisi dengan prado atau bahan sisa emas. Secara keseluruhan dekorasi dan detail pada masjid menganut gaya Timur Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang)

Kalau Anda ingin menyaksikan keindahan payung elektrik seperti yang ada di Masjid Nabawi Kota Madinah langsung saja ke Semarang. Di ibukota Jawa Tengah tersebut Anda akan bisa menemui payung yang mirip dengan Masjid Nabawi. Masjid ini berdiri di lahan seluas 10 hektar dengan gaya arsitektur perpaduan Jawa, Islam dan Romawi. Kemegahannya dilengkapi dengan kubah berdiameter 20 meter.

Masjid Agung ini juga merupakan tempat wisata religi favorit bagi orang Jawa Tengah dan juga wilayah lainnya. Disana kita akan bisa menyaksikan keindahan interior indah dari tiang-tiang bergaya Romawi sehingga nampak mirip dengan koloseum di Athena. Keindahan masjid ini tidak kalah dengan masjid lainnya di wilayah Indonesia yang sudah dikenal orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top