Cara Sukses Menggunakan Instagram Untuk Bisnis kamu

Perkembangan teknologi komunikasi dan internet semakin pesat dari hari ke hari. Kepopuleran media sosial yang meroket menyebabkan semakin banyak aplikasi dan media sosial yang bermunculan. Orang-orang pun tak mau kalah untuk ikut berpartisipasi dan aktif dalam media sosial agar tak dicap sebagai orang yang ketinggalan jaman.

Semakin majunya teknologi dan semakin marak dan populernya media sosial membawa keuntungan tersendiri bagi banyak orang tidak terkecuali para pebisnis. Maraknya sosial media dan internet menyebabkan munculnya trend bisnis online yang memungkinkan orang untuk membeli barang tanpa harus pergi menemui penjual secara langsung.

Berbelanja online kini menjadi alternatif bagi orang-orang yang tak punya waktu untuk berbelanja ke toko secara langsung. Salah satu media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis adalah instagram.

Instagram merupakan media sosial yang memungkinkan kamu untuk berbagi foto dan video dengan orang lain. Berikut cara sukses menggunakan instagram untuk bisnis kamu.

pexels.com
  1. Profil yang jelas dan menarik

Buatlah akun instagram dengan profil yang jelas dan lengkap. Profil yang jelas dan lengkap akan menunjukkan profesionalisme kamu dan membuat calon konsumen merasa yakin dengan kamu sebagai pebisnis. Sertakan informasi tentang bisnis kamu selengkap mungkin. Bayangkan diri kamu sebagai konsumen dan pikirkan informasi apa saja yang dibutuhkan calon konsumen.

Selain membuat profil sejelas dan selengkap mungkin, profil juga harus kamu buat semenarik mungkinsehingga calon konsumen akan merasa tertarik dengan bisnis kamu. Pasalnya, saat kamu berbisnis online calon konsumen tidak bisa melihat secara langsung bisnis kamu. Kamu membutuhkan sesuatu yang bisa menarik calon konsumen hanya dengan melihat sekilas profil instagram kamu.

  1. Postingan yang menarik dan berkualitas

Selain dari profil, calon konsumen juga bisa mengetahui tentang bisnis kamu dari berbagai hal yang kamu posting. Karena itulah pikirkan baik-baik sebelum kamu memposting dalam akun instagram kamu. Pastikan bahwa foto dan video yang kamu posting tidak hanya menarik tapi juga benar-benar berkualitas. Dengan begitu calon konsumen akan melihat kamu sebagai pebisnis yang profesional.

Jika postingan kamu menarik, calon konsumen mungkin akan mencoba cara download video instagram kamu. Bisa saja mereka mungkin tidak hanya tertarik tapi juga bersedia untuk membagikan postingan kamu kepada orang lain.

  1. Update postingan secara berkala

Sebagai pebisnis kamu juga dituntut untuk selalu update. Update postingan secara berkala sangat penting karena follower dan calon konsumen kamu pasti akan selalu melihat apakah postingan kamu selalu update. Dengan melakukan update postingan secara berkala, calon konsumen kamu yang merasa tertarik dengan bisnis kamu akan mengetahui bahwa akun kamu masih terus aktif.

Jika follower kamu menyukai dan merasa puas dengan postingan kamu yang selalu update, mereka tidak akan ragu untuk membagikan postingan tersebut kepada orang lain. Selain membagikan postingan tersebut di instagram, mereka juga bisa membagikannya di media sosial lain dengan cara download video instagram atau foto yang kamu posting.

Selain itu, dengan melakukan update secara berkala calon konsumen juga dapat menghubungi kamu dengan mudah. Respon komunikasi yang cepat akan menyenangkan calon konsumen kamu dan pasti akan mengundang calon konsumen yang lain untuk terus berdatangan.

pexels.com
  1. Follow Balik

Kamu tidak hanya perlu memfollow orang lain untuk melakukan promosi dan memperkenalkan bisnis kamu. Kamu juga harus melakukan follow balik pada orang-orang yang memfollow akun instagram kamu. Langkah ini sangat penting karena melakukan follow balik ibarat menyambut jabatan tangan seseorang yang mengajak kamu berkenalan.

Kamu tidak boleh mengabaikan jabatan tangan orang yang ingin mengajak kamu berkenalan. Jika kamu mengabaikan jabatan tangan dari orang yang mengajak kamu berkenalan, orang tersebut akan merasa kesal dan meninggalkan kamu bukan? Karena itulah melakukan follow balik menjadi salah satu cara sukses menggunakan instagram untuk bisnis kamu.

  1. Akun yang terintegrasi

Kamu tidak boleh hanya mengandalkan akun instagram kamu saja. Dengan maraknya media sosial saat ini, kamu harus memanfaatkan media sosial yang lain sebagai tempat untuk melakukan promosi dan memperkenalkan bisnis kamu kepada orang lain. Caranya adalah dengan mengintegrasikan atau menghubungkan akun instagram kamu dengan akun media sosial yang lain.

Langkah ini harus dilakukan karena setiap media sosial punya penggemarnya masing-masing. Dengan melakukan integrasi akun, kamu bisa melakukan promosi dan memperkenalkan bisnis kamu kepada lebih banyak orang sekaligus.

Kamu bisa melakukan integrasi akun instagram kamu dengan akun media sosial lain kamu melalui opsi ‘Linked Account’ pada instagram, kemudian menghubungkannya dengan media sosial yang kamu inginkan.Setelah itu masukkan alamat email dan password yang kamu gunakan pada media sosial untuk menghubungkannya dengan akun instagram kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top