Hikmah (Gunanya) Zakat, Umat Islam wajib Tahu

Sebagai umat islam wajib belajar islam dan melakukan segala hal yang diperintahkan dan menjauhi semua yang dilarang oleh Allah SWT. Islam telah mengatur segala sesuatunya dengan adil yang mana semua aturan islam untuk kemaslahatan umat. Selain memberikan nikmat Allah SWT juga memberikan ujian salah satunya yaitu ujian harta.

Dimana ujian harta ini terdapat dua jenis yaitu ujian kaya harta dan ujian miskin harta. Dimana bagi orang yang mempunyai harta berlimpah merupakan ujian tersendiri khususnya dari segi keimanan dan juga kepatuhan terhadap aturan.

Orang-orang kaya diwajibkan untuk mengeluarkan zakat dari harta yang dimiliki. Jika orang kaya tersebut melaksanakan perintah Allah SWT untuk berzakat, maka orang kaya tersebut telah lulus ujian. Sedangkan bagi orang-orang kaya yang tidak mau mengeluarkan zakat, maka itu artinya orang tersebut telah melanggar perintah Allah SWT.

Dari zakat sendiri banyak sekali hikmah yang dapat diambil. Dimana zakat sangat bermanfaat baik bagi orang yang berkewajiban mengeluarkan zakat maupun orang yang menerima zakat. Dimana manfaat dari zakat ini sangat besar terutama dalam urusan ekonomi dan kehidupan bersosial.

Apa Saja Manfaat Atau Hikmah Zakat Bagi Orang-orang Yang Mengeluarkan Zakat

Setiap amal ibadah yang dilakukan dan setiap kebaikan yang dilakukan sudah pasti akan kembali kepada yang melakukannya. Hal tersebut juga berlaku bagi orang-orang yang menunaikan zakat. Beberapa manfaat yang dapat diambil oleh orang-orang yang melaksanakan kewajibannya mengeluarkan zakat adalah sebagai berikut ini:

  • Harta yang dimiliki bersih

Berzakat merupakan cara untuk membersihkan harta. Dimana harta yang dimiliki terdapat sebagian milik orang lain. Dengan berzakat maka artinya telah memberikan kepada orang yang mempunyai hak atas harga tersebut. sehingga harta yang dimiliki lebih berkah dan tidak memakan hak orang lain.

  • Membukakan pintu rezeki

Dengan melaksanakan kewajiban yaitu zakat maka Allah janjikan imbalan yaitu pintu rezeki akan semakin terbuka lebar. Tidak ada orang yang berzakat dan senang bersedekah menjadi jatuh miskin. Justru orang-orang yang selalu menafkahkan hartanya dijalan Allah akan semakin kaya dan rezekinya dilipat gandakan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu tunaikanlah zakat jika Anda mampu.

Allah SWT sudah memberikan penjelasan secara gamblang barang siapa yang bersyukur maka akan ditambah nikmatnya dan barang siapa yang kufur maka siksa Allah akan menimpanya. Salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat harta yang diberikan oleh Allah adalah dengan berzakat. Dimana zakat ini hukumnya wajib bagi yang mampu dan sudah memenuhi syarat. Sehingga jika mampu dan tidak melaksanakan maka siksa neraka adalah imbalannya.

Apa Saja Manfaat Atau Hikmah Zakat Bagi Orang-orang Yang Menerima Zakat

Beberapa manfaat yang diperoleh orang-orang yang menerima zakat dari orang-orang yang mengeluarkan zakat adalah sebagai berikut:

  • Terbantu dari segi ekonomi bahkan mungkin dapat dijadikan sebagai modal usaha.
  • Terselamatkan dari pikiran iri dan juga dengki
  • Senantiasa bersyukur dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Selain itu masih banyak manfaat dari perintah Allah tentang zakat. Dimana setiap perintah dari Allah selalu akan menimbulkan kebaikan.

 

Scroll to top