Mendalami Manfaat Kayu dan Harga Kayu Untuk Bangunan

Produk kayu adalah produk yang selalu dibutuhkan dalam pembangunan. Tidak hanya dengan satu jenis kayu, produk kayu yang dibutuhkan memiliki banyak jenis. Namun, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dalam bangunan. Karena memiliki jenis yang berbeda, harga kayu yang dimilikki pun berbeda. Karenanya, dalam menentukan produk yang digunakan anda harus melakukannya hati-hati.

Walaupun sudah banyak digunakan, tidak banyak yang mengetahui fungsi kayu dalam bangunan. Untuk itu, di kesempatan ini akan dijelaskan berbagai manfaat kayu untuk bangunan. Setelahnya, akan disampaikan beberapa produk kayu yang banyak digunakan untuk bangunan. Penasaran? Segera lanjutkan pembacaan pada bagian yang berikutnya.

Manfaat Kayu Untuk Pembangunan

Inilah beberapa manfaat kayu yang banyak digunakan untuk bangunan, untuk penjelasan lebih lengkapnya anda dapat menyimak informasi dibawah ini,

  1. Kusen

Pada umumnya, kayu dimanfaatkan untuk membuat kusen, baik pintu maupun jendela. Pemilihan kayu yang tepat untuk pembuatan kusen adalah wajib hukumnya. Karena kusen bermanfaat sebagai list dari pintu maupun jendela yang akan digunakan dalam waktu lama. Untuk mengetahui, jenis kayu yang cocok untuk kusen, penjelasannya akan disampaikan dibagain lain.

isorepublic.com
  1. Rangka Atap

Saat pembuatan atap rumah, kayu-kayu akan dipasang sebagai penopang dari atap. Namun saat ini penggunaan kayu mulai digantikan dengan besi. Tapi, untuk anda yang masing menyukai kayu untuk bagian atap, pilihlah kayu yang berkualitas tinggi. Karena nantinya kayu-kayu inilah yang akan dijadikan penopang dari setiap jenis genting yang digunakan.

  1. Proses Cor Dinding

Berikutnya, saat bangunan akan jadi, proses cor dinding akan dilakukan. Saat proses ini dilakukan, dibutuhkan kayu-kayu untuk menahan semen. Untuk proses ini, tidak dibutuhkan kayu yang terlalu mahal. Namun dibutuhkan kayu yang dapat menahan semen yang akan digunakan untuk pengecoran. Jika kesulitan, mintalah bantuan distributor untuk memilihkannya.

  1. Flooring

Penggunaan kayu pad bangunan, juga banyak dimanfaatkan untuk membuat lantai. Penggunaan kayu pada lantai, akan memberikan kesan yang hangat dan nilai seni yang tinggi. Dalam penggunaan kayu sebagai lantai, anda harus memilih kayu yang memiliki kekerasan tinggi. Di mana kelas yang dapat dipilih adalah kelas 1-III untuk kelas kuat dan I-II untuk kelas awet.

  1. Dinding

Untuk anda yang ingin menggunakan kayu sebagai dinding pilihlah sesuai dengan penggunaan. Dalam hal ini, kayu yang dapat digunakan untuk bagian luar akan berbeda untuk kayu bagian dalam. Di mana, kayu bagian dalam dibutuhkan kayu yang bercorak indah serta mampu meredam suara. Sedangkan untuk bagian luar, disarankan mencari kayu yang tahan akan perubahan cuaca.

Masih banyak manfaat kayu yang bisa didapatkan saat digunakan untuk bangunan. Namun sebelum menggunakannya, penting untuk memahami daftar harga terkait untuk merange dana yang harus dikeluarkan. Lantas, jenis kayu apa yang cocok digunakan untuk bangunan?

isorepublic.com

Berbagai Jenis dan Harga Kayu Untuk Bangunan

Anda yang bingung untuk memilih kayu yang dapat digunakan untuk bangunan, dapat memilih jenis kayu dibawah ini sebagai rokmendasi. Berikut ulasan lengkapnya,

  1. Kayu Meranti

Kayu yang banyak digunakan untuk bangunan adalah kayu Meranti. Jenis kayu ini disukai karena memiliki kulitas tinggi dan harganya cukup murah. Untuk ukuran, tersedia dalam berbagai jenis, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnya, harga kayu jenis meranti degan ukuran 3X4 adalah Rp 15.000 per batang.

  1. Kayu Mahoni

Pilihan kayu lain yang dapat digunakan untuk bangunan rumah adalah kayu mahoni. Kayu mahoni banyak digunakan untuk pembuatan pintu maupun jendela. Kayu mahoni untuk bangunan dapat dicari diberbagai distributor. Karena produk ini memiliki banyak stock dan banyak diincar oleh berbagai pihak. Adapun harga produk ini adalah Rp 25.000/buah.

  1. Kayu Merbau Kayu Besi

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kayu jenis ini adalah kayu yang berasal dari Papua. Jenis kayu ini banyak disukai karena kualitasnya yang mumpuni. Karenanya, harga produk ini cukup mahal di pasaran. Produk ini biasa dijual dengan harga Rp 20.000/buah. Namun, ukuran ini sangat kecil dan jika membutuhkan ukuran panjang dibutuhkan dana lebih besar.

isorepublic.com
  1. Kayu Sengon

Tidak suka dengan jenis kayu yang sebelumnya? Anda dapat memilih jenis kayu yang satu ini. Jenis ini tergolong sebagai kayu yang banyak disukai di pasaran. Karena kayu ini kuat dan mudah didapat. Selain itu, dana yang harus dikeluarkan untuk produk ini cukup murah, yaitu Rp 5.500/buah. Namun, untuk mendapatkan harga lebih murah disarankan untuk membeli grosiran.

  1. Kayu Jati Belanda

Pilihan terakhir, adalah menjadi kayu jati Belanda sebagai bahan bangunan. Tidak hanya itu, produk ini banyak digunakan sebagai furniture. Dalam hal ini, untuk dijadikan sebagai peralatan perlengkapan dapur. Namun, untuk mendapatkan kayu jati belanda yang telah diolah, harus mengeluarkan dana cukup besar. Di mana, setiap produk dijual dengan harga Rp 1.750.000/buah.

Jadi, kayu manakah yang akan dijadikan pilihan? Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Namun perubahan harga kayu dalam setiap tahun selalu meningkat. Untuk itu, perlu melakukan update data setiap tahunnya, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pengeluaran dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top