Fakta Menarik Lawang Sewu Destinasi di Kabupaten Semarang

Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi yang sangat terkenal di Semarang. Bahkan banyak para wisatawan dari berbagai wilayah yang menyempatkan datang ke Semarang karena ingin datang ke bangunan tua ini. Gedung bersejarah yang ada di Semarang ini terkenal akan misteri dibaliknya, selain itu jumlah pintu yang sangat juga menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki bangunan bersejarah ini. Bangunan tua ini dibangun sudah cukup lama yakni pada tahun 1904 dan selesai dibangun pada tahun 1907. Letak bangunan ini berada di bundaran Tugu Muda.

Dibangun pada jaman penjajahan Jepang nampaknya Lawang Sewu ini tidak hanya sekedar bangunan bersejarah saja melainkan pada jaman penjajahan Jepang bangunan ini dijadikan sebagai penjara yang cukup kejam. Dilihat dari bangunannya tentu anda akan tahu bahwa bangunan tersebut menyerupai bangunan Eropa. Memang benar jika bagunannya nampak seperti bangunan Eropa, pasalnya bangunan Lawang Sewu memang di desain langsung oleh arsitek asli dari Eropa sehingga sangat kental suasana Eropa-nya. Ada banyak fakta menarik yang cukup misterius di balik bedirinya bangunan bersejarah ini.

Fakta menarik yang pertama adalah adanya sumur tua yang berada di halaman gedung. Konon katanya dari dalam sumur tersebut sering terdesar teriakan seperti ada orang di dalamnya. Padahal sumur tersebut telah ditutup dan dikunci bahkan sudah tidak pernah dibuka lagi. Di dalam bangunan tersebut juga terdapat penjara dan juga bunker yang mana terdapat sebuah lorong yang panjang. Kata penduduk sekitar lorong tersebut disebut dengan lorong hantu karena ketika berdiam diri atau jongkok di lorong tersebut maka bisa melihat bayangan berbentuk manusia yang berjalan merangkak.

Hal misterius lainnya adalah dibangian penjara sering kali tercium bau aroma yang aneh. Bau tersebut seperti bau darah segar seperti anyir. Bahkan bisa saja ketika anda berkunjung ke wisata ini nememukan sebuah penampakan hantu. Biasanya akan menampakan diriya dibangian gerbang besar menuju bagian ruang utamanya. Itula seputar fakta misterius yang ada di Lawang Sewu Semarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top