Software Editing Foto Terbaik

Anda suka foto-foto tapi bingung bagaimana cara edit foto? Jangan khawatir! Sekarang banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk edit foto dengan mudah dan pastinya hasil foto Anda akan terlihat lebih memukau. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa aplikasi untuk editing foto.

Untuk Apa Editing Foto?

Salah satu tahap dalam dunia fotografi adalah editing foto. Tahap ini biasanya memakan banyak waktu tetapi sangat menentukan hasil akhir foto Anda nantinya. Selain untuk meningkatkan highlight dari foto, editing foto juga sebagai tahap menyortir foto yang bagus dan buruk. Akan tetapi, apabila Anda menganggap foto Anda sudah cukup bagus dan cerita dari foto tersebut telah didapatkan, maka foto tidak selalu harus diedit.

Software untuk Editing Foto

Beberapa aplikasi yang akan kita bahas kali ini merupakan aplikasi  yang mudah digunakan oleh pemula, gratis, dan hasilnya sangat memuaskan. Inilah beberapa aplikasi editing foto yang kami sarankan!

  • Adobe Photoshop

Sangat sulit untuk membantah bahwa Adobe Photoshop memang merupakan software editing foto terbaik hingga hari ini. Photoshop telah digunakan oleh para desainer, fotografer, ilustrator, seniman, hingga orang awam sekalipun di seluruh dunia. Beberapa fungsi utama pada Photoshop seperti layering, masking, hingga retouching tetap menjadi andalan bagi mereka yang butuh desain instand.

pixabay.com

Meskipun dianggap terlalu ‘basic’ dan terlalu ribet untuk memoles foto, namun Adobe Photoshop masih menjadi senjata utama bagi bagi para fotografer yang ingin meng-edit hasil fotonya. Ya, dibanding software editing foto lain, Adobe Photoshop paling sering digunakan oleh fotografer. Dengan banyaknya pilihan filter, polesan, multi-layer, dan lainnya, membuat fotografer lebih mudah melakukan finishing pada hasil foto.

  • Adobe Lightroom

Adobe memang menawarkan banyak sekali software editing, salah satunya yaitu Adobe Lightroom. Jika Adobe Photoshop dirasa terlalu kompleks untuk urusan oles memoles foto, maka alternatif terbaiknya yaitu Adobe Lightroom ini. Dengan Adobe Lightroom, Anda bisa meng-edit foto dengan berbagai fitur yang dapat membuat hasil foto terlihat sangat luar biasa.

Beberapa fitur keren yang dimiliki Adobe Lightroom yaitu bluring tool, face detection, lens based corrections, customizable slider, dan lainnya. Selain itu, Adobe Lightroom ini telah mendukung sambungan antar perangkat.

pixabay.com
  • Skylum Luminar

Untuk skala fotografi, salah satu software editing foto yang paling banyak digunakan yaitu Skylum Luminar. Ada banyak alasan mengapa banyak fotografer menggunakan Skylum Luminar. Pertama, software satu ini bisa Anda miliki hanya dengan mengeluarkan satu kali pembayaran alias ‘one time fee’. Berbeda dengan software editing lain yang biasanya memberlakukan biaya bulanan. Ya, Skylum Luminar merupakan software yang juga dapat berfungsi sebagai plugin.

Anda bisa memasang Skylum Luminar ini di Photoshop, Lightroom, dan software-software editing foto lainnya. Selain itu Skylum Luminar juga menyediakan fitur AI slider, dimana Anda bisa mengeksekusi berbagai polesan dengan cepat, mulai dari mempresisikan, mencerahkan, hingga memperjelas foto.

  • Capture One

Capture One merupakan software editing foto yang memang diciptakan untuk fotografi. Ya, Capture One merupakan software yang khusus mendesain foto dengan format RAW. Seperti yang kita ketahui bersama, foto dengan format RAW ukurannya sangat besar, diatas 10 megapixel. Namun lewat software editing satu ini, Anda bisa memasukan mendesain beberapa foto RAW tanpa lag sama sekali.

  • GIMP

GNU Image Manipulaton Program atau GIMP adalah salah satu software editing foto terbaik dengan beberapa alasan. Fitur-fiturnya hampir menyerupai Photoshop dan Anda tidak perlu membayar sepeserpun. Bagi pengguna yang berpengalaman menggunakan software editing foto akan lebih cepat beradaptasi dengan interface GIMP, tetapi para pemula mungkin agak memerlukan waktu lebih untuk menggunakan GIMP dengan maksimal.

pixabay.com
  • Photoscape X

Program gratis ini sangat bagus untuk editing dan mengatur arsip foto pribadi Anda. Interfacenya memang kurang bagus dan agak membingungkan, tetapi fitur-fiturnya cukup lengkap seperti image viewer, batch processing, screen-capture tool, dan sebagainya.

  • Pixlr

Online tool ini dapat digunakan melalui browser baik di HP maupun PC. Anda hanya perlu membuat akun agar dapat menggunakan fitur-fitur lain di Pixlr. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki tutorial yang mudah diikuti dan dipahami, sehingga Anda dapat menguasai interface Pixlr dengan cepat.

Nah, itulah beberapa software editing foto yang dapat Anda coba. Pada beberapa aplikasi tersebut Anda juga bisa cara memperbesar resolusi foto online dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top