Cara Merubah Doc to PDF dengan Mudah

Sekarang banyak cara untuk mengubah file doc menjadi PDF dengan aplikasi maupun software yang ada dalam sistem operasi laptop. Perubah format ini biasanya diperlukan untuk suatu keadaan atau kepentingan. Mulai dari tuntutan pekerjaan, bisnis, pemerintahan, dan pendidikan biasa meminta sebuah file dalam bentuk PDF untuk memudahkan dalam administrasi berkas.

Kuotabro.com akan membagikan bagaimana cara untuk merubah doc to PDF hingga cara compress PDF. Penasaran? Yuk simak informasinya dibawah ini.

Cara Merubah Doc to PDF

pixabay.com

Untuk mengubah dokumen menjadi PDF bisa melalui situs web SmallPDF dan Ms Word. Ada dua cara yang bisa kamu pilih. Berikut penjebarannya.

  1. Melalui SmallPDF

Untuk mengubah dokumen menjadi PDF dengan smallpdf maka kamu harus mengunjungi situs webnya dulu di https://smallpdf.com/word-to-pdf lewat laptop atau komputer. Setelah halaman ditampilkan pilihlah “choose file”, tombol tersebut ada dibagian tengah halaman. Pilih “dokumen word” kunjungi penyimpanan file dokumen yang akan kamu ubah menjadi PDF.

Jika sudah ketemu maka tingal klik “open” secara otomatis file akan tersalin ke website smallpdf. Tunggu proses konversi selesai. Pilihlah “download file” yang ada dipojok kiri bawah halaman. Setelahnya berkas dokumen yang sudah menjadi PDF akan diunduh ke komputer. Pilihlah lokasi penyimpanan yang diinginkan.

  1. Melalui Microsoft Word

Untuk mengkonversi menjadi PDF bisa melalui MS Word. Bukalah dokumen yang ingin diubah. Seletahlah menuju ke menu “file” yang ada disebelah kiri jendela ms word. Jika sudah memilih akan muncul pop out yang ditampilkan diantaranya pilih “export”. Menu ini berada di bagian kiri, lalu lihatlah tampilan barunya pilih “create PDF” pada kiri atas.

Kamu akan melihat bagian tengah memunculkan tampilan yang berbeda. Klik “create PDF” untuk membuat file PDF baru. Pilih lokasi penyimpanan file dan beri nama berkas sesuai yang diinginkan. Apabila sudah maka pilih opsi “publish” pada bagian bawah sebelah kanan jendela. Secara otomatis salinan PDF dari doc yang dipilih sudah tersimpan dilokasi yang sudah ditentukan.

  1. Melalui Google Dokumen

Pertama instal aplikasinya, klik “file” lalu “penyimpanan perangkat” untuk mencari file yang diubah. Setelah itu pilih menu pada bagian atas dan klik “mode kompabilitas online” dan “simpan sebagai “google dokumen”. jika sudah pilih “bagikan dan ekspor” pada menu dibagian atas lalu klik “simpan sebagai PDF”. Lanjut “OK”, maka file PDF akan tersimpan di google drive. Jadi kamu bisa membuka google drive untuk mengunduh dokumen PDF.

  1. Melalui Libre Office

Libre office adalah software pengganti MS Office yang dapat digunakan dengan gratis. Memiliki berbagai fitur yang berguna untuk menyelesaikan sutau pekerjaan. Salah satunya da fitur export yang bisa mengubah dokumen menjadi PDF. Untuk menggunakannya pertama buka libare office.

Pilih menu “open” untuk mencari dokumen yang ingin diubah. Jika sudah terbuka maka lihatlah pada tools bar dan pilih “export”. Beri nama file yang sesuai lalu simpan di bagian yang diinginkan.

Cara Mengurangi Ukuran File Doc

pixabay.com

File dokumen memang dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Jika tadi sudah mengetahui cara merubahnya menjadi PDF, kini akan ada informasi tentang cara mengurangi ukuran file dokumen. Berikut kuotabro.com siapkan untuk mu.

  1. Kompres gambar

Kompres gambar disini maksudnya adalah menekan ukuran gambar yang akan diampir didokumen, jadi berbeda dengan cara compress PDF. Caranya pilih gambar pada dokumen pada halam dokumen kemudian ke menu “format”.

Akan ada tampilan yang baru sebelah menu biru yang ditampilan pada jendela word. Selanjutnya klik “compress picture” yang berbentuk panah agak kebiruan pada setiap sisinya. Tompol tersebut ada disisi kiri atas menu pada dokumen.

Pilih gambar yang ingin dikompres dengan klik “all picture in this file” atau kamu bisa menandainya secara manual denga memilih beberapa foto yang diinginkan dengan klik “selected picture only”. selanjutnya pilih resolusi dengan memilih tombol “radio” untuk mengatur tingkat kompresi yang diinginkan.

Ukuran yang ditawarkan mulai dari maximum image size, HD 300 PPI, atau untuk email yang paling kecil 96 PPI. Semakin kecil ukuran PPI maka semakin kecil pula file dokumennya. Jika sudah menentukan maka klik “OK” pada bagian bawah jendela.

  1. Masukkan gambar dengan tepat

Pertama pilih “insert” untuk menambahkan gambar ke dokumen. Beda debfab menyalin dan menempelkan gambar pada dokumen. Saat gambar disalin dan ditempelkan begitu saja, maka gambar tidak akan terkompres. Selain itu gambar juga akan mengalami perubahan data dan tipe sehingga membuat file menjadi lebih besar.

Klik “picture” pada kanan bawah. Pilih gambar yang diinginkan. Gunakan jendela penelusuran untuk memuat lokasi gambar. Klik “insert” pada bagian bawah kanan jendela. Maka gambar akan otomatis ditambahkan ke dokumen dengan format yang lebih cocok tanpa menambah data yang tidak dibutuhkan.

Nah itulah cara merubah doc to PDF dan mengurangi ukuran file gambar. Jika kamu ingin merubah file dokumen menjadi PDF atau mengurangi ukurannya maka bisa menggunakan cara-cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top