Tips Memilih Cat untuk Rumah Minimalis

Rumah minimalis kini memang telah diidamkan banyak orang. Pasalnya selain modelnya yang cukup simpel, konsep minimalis juga menawarkan keunikan tersendiri. Desain minimalis memang lebih mengutamakan fungsi dan tidak banyak memberikan variasi-variasi dalam pembuatannya sehingga terkadang memang terlihat monoton. Nah agar desain minimalis tidak terkesan kaku dan monoton, maka salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk menciptakan rumah minimalis yang lebih unik adalah dengan cara memainkan warna atau cat pada bagian interior maupun eksterior pada rumah minimalis.

Seriap warna memang memiliki kesan tersendiri pada sebuah rumah. Dalam hal ini Anda bisa memilih warna-warna dengan perpaduan yang pas antar setiap komponen rumah sehingga tercipta rumah indah dan sedap untuk dipandang. Rumah dengan perpaduan warna yang pas tentunya juga akan membuat keindahan rumah akan lebih tampak dan membuat penghuninya lebih nyaman dan betah untuk tinggal di dalamnya. Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai informasi tentang rumah minimalis, Anda dapat berkunjung ke situs rumahpedia.info.

Tips Memilih Cat Rumah Minimalis

Rumah minimalis memiliki desain yang cukup khas yakni simpel dan elegan. Iya untuk menciptakan rumah minimalis dengan kesan yang lebih hidup, tentunya memilih cat dengan perpaduan terbaik menjadi salah satu solusinya. Anda dapat memadukan warna-warna yang tepat untuk menciptakan variasi tersendiri sehingga tampilan dan suasana rumah menjadi lebih menarik. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih cat untuk rumah minimalis Anda:

unsplash.com
  1. Cakram warna

Cakram warna merupakan salah satu pilihan variasi warna yang tepat untuk Anda coba. Dalam hal ini Anda dapat memolih tiga warna dasar yakni merah, kuning, dan biru yang kemudian dari ketiga warna dasar ini akan muncul beberapa warna-warna sukender, tersier, dan berbagai turunannya. Untuk itu cara termudah dalam memperoleh warna yang serasi adalah dengan memilih warna yang bersebelahan. Selain warna-warna yang serasi Anda juga dapat memilih warna kontras tanpa melupakan prinsip serasi, warna-warna membentuk sudut 900, atau warna-warna yang berseberngan yang nantinya akan berpadu menjadi warna yang harmonis.

  1. Pilih warna sesuai dengan ukuran ruangan

Setiap jenis warna dapat memberikan kesan tersendiri pada setiap ruangan, misalnya warna kuning muda, coklat muda, dan putih dapat memberikan kesan yang lebih luas pada sebuah ruangan. Jadi untuk Anda yang memiliki rumah minimalis dengan ruangan yang tidak terlalu luas, Anda dapat memilih warna-warna tersebut dengan memilih warna-warna yang sesuai dengan warna-warna furniture yang ada.

  1. Konsep setiap ruangan

Anda dapat menentukan konsep ruangan terlebih dahulu sebelum memilih warna cat yang akan Anda gunakan. Dalam hal ini Anda dapat memilih gaya minimalis murni atau memadukannya dengan beberapa varian seperti pop art, gaya kontemporer, dan sebagainya. Yang penting warna-warna yang Anda pilih dapat menciptakan ruangan yang lebih nyaman untuk digunakan sebagaimana fungsinya.

  1. Point of Interest yang ingin ditonjolkan

Setiap rumah tentu terdiri dari beberapa ruangan mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan lain sebagainya. Setiap ruangan tentu memiliki point of interest yang berbeda-beda. Untuk itu Anda dapat memilih cat dengan warna yang dapat menonjolkan point of interest dari sebuah ruangan tersebut.

unsplash.com

Variasi Cat Rumah Minimalis

Rumah dengan satu warna sebenarnya juga bagus sih, tapi mungkin sebagian orang akan berpendapat bahwa warn tersebut akan lebih tampak monoton. Untuk itu Anda perlu memberikan sentuhan-sentuhan variasi warna pada rumah Anda sehingga nantinya akan menciptakan kesan yang lebih hidup pada setiap bagian rumah. Nah berikut adalah beberapa inspirasi seputar variasi cat rumah minimalis yang indah dan unik:

  1. Warna hijau untuk menciptakan sentuhan alam

Bagi Anda yang ingin menghadirkan nuansa alam pada rumah minimalis, maka memilih warna atau corak dengan kombinasi warna hijau adalah salah satu pilihannya. Warna-warna ini akan membuat suasana interior menjadi lebih segar dan lebih sejuk. Dalam hal ini Anda dapat mengkombinasikan warna-warna hijau dengan menambahkan tumbuh-tumbuhan hijau di dalam rumah.

  1. Kombinasikan warna monokrom

Salah satu perpaduan warna yang tetap indah dari jaman dahulu hingga sekarang adalah perpaduan monokrom dengan kesannya yang klasik. Dalam hal ini untuk menciptakan variasi monokrom pada rumah minimalis, Anda dapat memilih beberapa jenis cat salah satunya adalah warna abu-abu dengan warna hitam. Perpaduan dari kedua warna tersebut dapat menghadirkan suasana yang elegan yang nyama untuk dipandang.

  1. Perpaduan warna putih dan merah muda

Warna putih menjadi salah satu warna netral yang cukup mudah untuk dipadukan dengan berbagai warna lainnya. Salah satu perpaduan yang cukup menarik adalah warna putih yang dikombinasikan dengan warna merah muda. Dalam hal ini Anda dapat memilih warna merah muda yang lebih lembut untuk menciptakan kesam yang lebih lembut dengan suasana tranquil. Dalam hal furniture kayu juga dapat menjadi pelengkap untuk perpaduan warna tersebut sehingga akan muncul kesan yang natural.

  1. Perpaudan putih dan krem

Perpaduan warna putih dan krem juga menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik. Warna krem yang lembut sepertinya lebih cocok untuk ditempatkan di ruang yang membutuhkan nuansa tenang seperti kamar tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top