Caranya Agar Komputer Tidak Masuk Mode Sleep Secara Otomatis

Tahukah Anda mengenai cara agar komputer tidak sleep secara otomatis? Kenapa Anda perlu melakukannya?

Komputer merupakan serangkaian komponen yang mana dijalankan dengan sebuah sistem operasi windows. Sistem ini terus mengalami pembaharuan. Salah satunya dengan munculnya mode sleep di dalamnya.

Mode ini sebenarnya sangat bermanfaat. Tetapi, sebagian pengguna merasa terganggu dengan mode tersebut. Oleh karenanya, penggunanya sering mematikannya.

Jika Anda juga memiliki keinginan tersebut, Anda bisa melakukannya. Kami akan membagikan beberapa cara yang cukup sederhana. Tetapi bila Anda ingin melihat caranya yang lebih lengkap, Anda bisa tengok di https://www.charis.id.

Manfaat Dari Mode Sleep

Mode sleep merupakan sebuah mode yang sangat berguna untuk kesehatan komputer. Mode ini sudah tertanam dalam windows. Ini berarti bahwa modenya merupakan bawaan dari windows.

Mode ini bekerja dalam level RAM. Artinya, mode ini terbilang masih aktif. Ini dibuktikan ketika Anda menekan keyboard, komputer akan kembali menyala.

Mengenai cara kerjanya, mode ini bekerja dengan mematikan komputer selang beberapa detik. Tepatnya ketika tidak ada aktivitas dalam komputer, maka mode ini akan aktif. Praktis, mode ini akan membuat komputer bisa beristirahat.

Lalu, apa sebenarnya manfaat dari mode tersebut? Manfaat utamanya ialah menjaga konsumsi daya dari baterai. Artinya, pemanfaatan daya untuk komputer diturunkan ke level terendah.

Contohnya bila Anda membiarkan komputer sekitar 5 menit, komputer akan sleep otomatis. Tentunya, jeda waktu ini bisa diatur oleh penggunanya. Bahkan, bisa diatur agar tidak masukĀ  ke mode tersebut.

Dengan adanya mode ini, komputer tidak akan hidup terus menerus. Komponen dalam komputer ikut istirahat. Pada akhirnya, komputer akan lebih awet.

Alasan Menonaktifkan Mode Sleep

Sebagian orang merasa terganggu dengan adanya mode ini. Padahal, mode tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan komputer itu sendiri.

Gangguan ini terjadi akibat pemiliknya tidak mengatur jedanya. Contohnya ialah jeda untuk masuk mode sleep ini cukup pendek. Oleh karenanya, sistem operasi komputer yang dibiarkan akan membuat komputer sleep otomatis.

Tidak hanya itu saja, mode ini juga terkadang membuat jengkel pemiliknya. Terlebih jika penggunanya sedang asyik mengunduh beberapa video atau aplikasi.

Pada saat mengunduh aplikasi dan video, pengguna biasanya akan membiarkannya. Karena proses download video yang cukup besar akan memakan waktu. Misalnya membutuhkan waktu hingga 30 menitan.

Lamanya waktu pengunduhan membuat pengguna bosan. Terkadang, penggunanya membiarkannya dengan pergi ke luar. Dan di sinilah letak permasalahannya.

Ketika tidak ada aktivitas dari pengguna, mode sleep akan segera aktif. Akibatnya, proses pengunduhan akan berhenti. Tidak jarang jika seseorang perlu memulai pengunduhan dari awal sehingga pengguna akan membuang banyak waktu dan kuota.

Caranya Supaya Komputer Tidak Sleep Otomatis

Komputer sleep otomatis, sekarang tidak lagi. Anda hanya perlu menerapkan cara agar komputer tidak sleep dengan benar. Mengenai caranya sendiri, Anda bisa memutuskan untuk memilih salah satu dari yang dijelaskan berikut ini.

  1. Menonaktifkan dari System

Cara pertama ini terbilang mudah. Anda hanya perlu masuk ke system komputer. Setelah memasukinya, Anda cukup menonaktifkan sehingga mode sleep ini tidak bekerja sama sekali.

Cara mengaturnya ialah dengan menekan starts dan ketikan Power Options dan tekan menu tersebut. Anda akan dibawa masuk ke beberapa menu untuk mengatur mode sleep tersebut.

Atau, Anda juga bisa menggunakan tombol Windows + R secara bersamaan. Setelah itu,ketik powercfg.cpl dan enter. Anda juga akan masuk ke menu yang nantinya perlu diatur.

Setelah masuk, Anda pilih menu Change when the computer sleep. Pada menu ini sebenarnya telah diatur otomatis. Misalnya mode sleep akan bekerja ketika komputer dibiarkan tanpa aktivitas selama 2 menitan.

Di sini, Anda hanya perlu mengatur pada menu tersebut. Silahkan pilih never dan simpan perubahan. Opsi ini dipilih untuk memastikan bahwa komputer tidak lagi masuk mode sleep otomatis.

  1. Menonaktifkan dengan Bantuan Aplikasi

Cara pertama sebenarnya cukup mumpuni. Tetapi, terkadang sistem operasi dalam komputer berbeda-beda. Jadi, langkah penonaktifannya terkadang ada sedikit perbedaan.

Perbedaan inilah yang terkadang membuat pengguna kesulitan. Beruntungnya, Anda bisa mengakalinya dengan memanfaatkan sebuah aplikasi. Contohnya adalah aplikasi Caffeine.

Cukup unduh dan pasang. Ketika Anda ingin menonaktifkannya, cukup klik dua kali pada ikon tersebut. Begitu pula jika Anda ingin mengaktifkannya kembali. Dengan begitu, prosesnya lebih cepat dan mudah diterapkan.

Akhirnya, jika Anda ingin cara termudah, cukup gunakan aplikasi. Sebaliknya jika Anda tidak ingin menghabiskan ruang penyimpan, memilih cara agar komputer tidak sleep yang pertama bisa menjadi pilihan yang tepat.

Scroll to top