Cara Servis Motor Injeksi

Tahun 2012 bisa dibilang menjadi tahun yang mengubah dunia otomotif di Indonesia, khususnya pengguna sepeda motor. Aturan tentang emisi gas yang lebih ketat membuat hampir semua pabrikan sepeda motor langsung menyematkan mesin berteknologi injeksi ke setiap varian merk. Mulai dari Yamaha, Honda, hingga Suzuki langsung menggunakan mesin injeksi yang mengeliminasi penggunaan karburator dalam proses pembakaran bahan bakar. Tidak adanya karburator dalam proses pembakaran diganti dengan teknologi Air Fuel Ratio (AFR) yang diklaim bisa meminimalisir penggunaan bahan bakar tanpa mengurangi performa mesin. Bahkan teknologi tersebut justru bisa mengoptimalkan pembakaran sehingga mesin tetap awet meski telah dipakai ribuan kilometer.

Penggunaan mesin injeksi pada hampir semua kendaraan roda dua di Indonesia juga memberikan efek domino. Kini para mekanik di dealer resmi dipastikan harus bisa mengetahui komponen, cara kerja, dan juga solusi atas masalah yang terjadi pada mesin injeksi. Hal tersebut guna menunjang pengalaman berkendara yang lebih baik mengingat mesin motor injeksi membutuhkan cara dan juga perawatan khusus. Di tangan mekanik yang telah berpengalaman, mesin motor bisa dirawat dengan baik agar bisa bekerja secara optimal dalam proses pembakaran. Jadi jika Anda seorang mekanik yang belum menguasai seluk beluk mesin motor injeksi, ada baiknya untuk segera mengikuti kursus mekanik motor injection sehingga bisa mengatasi masalah yang ada.

Untuk seorang pecinta otomotif, mengutak-atik motor merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Bahkan ada sebuah kepuasan tersendiri ketika kita berhasil menyelesaikan masalah yang dialami oleh kendaraan kita tercinta. Jadi, tidak heran jika banyak pecinta otomotif yang nekat untuk mencoba cara servis motor injeksi sendiri di rumah tanpa pergi ke bengkel. Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya, berikut kami rangkum secara singkat ulasan tentang cara servis motor injeksi yang benar tanpa perlu pergi ke bengkel!

Motor Honda

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Salah satu masalah yang sering muncul pada mesin motor Honda adalah adanya kerak yang menempel sebagai hasil dari pembakaran. Menariknya, pemilik motor Honda tidak perlu membersihkan injektor secara rutin. Proses pembersihan bisa dilakukan jika motor sudah lama tidak dipakai atau jika motor tersebut sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama dan belum diservis. Segera bersihkan kerak yang menempel sebelum berubah menjadi karat yang mengganggu kinerja mesin.

Menariknya, pabrikan otomotif nomer satu asal Jepang ini memberikan garansi mesin motor injeksi secara fantastis. Beberapa varian motor memiliki garansi mesin injeksi hingga 5 tahun atau saat speedometer sudah menempuh lebih dari 50.000 km. Jika terjadi masalah pada komponen mesin selama masa garansi, pihak dealer langsung akan menangani secara cepat dan bahkan menggantinya dengan komponen baru jika tidak bisa diatasi.

Motor Yamaha

Sebagai kompetitor Honda di kategori sepeda motor, Yamaha juga telah membekali seluruh varian produknya dengan mesin injeksi. Berdasarkan rekomendasi dari pabrikan, injektor motor harus segera diberi perawatan khusus saat sudah menempuh 10.000 km atau setidaknya berumur 1 tahun. Apalagi jika selama ini Anda menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan rendah yang biasanya bisa mempengaruhi kualitas pembakaran mesin.

Jika kendaraan Anda sudah berumur lebih dari 1 tahun atau setidaknya sudah menempuh 10.000 km, maka segera bersihkan bagian throttle body dan juga injektor motor agar kendaraan tetap prima dan tidak ada masalah di kemudian hari. Perhatikan pula jika ada kerak yang menempel pada bagian injektor. Gunakan cairan 3M FI Cleaner dan semprotkan menggunakan alat untuk melihat perbedaannya. Biasanya jika injektornya kotor, volume semprotan akan kurang dari kondisi normal dan arah semprotannya tidak sejajar lalu ditandai dengan emisi gas buang dengan skor yang jelek.

Motor Suzuki

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Meski tidak sepopuler Honda dan Yamaha, pengguna motor Suzuki di Indonesia masih cukup banyak. Untuk merk ini, biasanya kendaraan yang sudah menempuh lebih dari 20.000 km harus dibersihkan injektornya. Untuk sepeda motor Suzuki, kami menyarankan untuk melakukan servis dan pengecekan di bengkel resmi terdekat.

Sebagai pecinta otomotif yang gemar utak atik kendaraan bermotor, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti kursus mekanik motor injection sehingga kelak bisa melakukan pengecekan injector motor sendiri. Biasanya kursus mekanik untuk motor injeksi juga akan diberi beberapa materi penunjang yang masih berkaitan dengan performa mesin dan teknologi lain yang ada pada motor bermesin injeksi. Tentu saja hal ini sangat berguna di masa depan karena Anda akan memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar otomotif. Dengan demikian, kini Anda bisa menekuni hobi sebagai mekanik dan berkesempatan untuk mengulik lebih banyak kendaraan bermotor milik orang lain. Proses kursus mekanik untuk motor injeksi biasanya dilakukan kurang dari 3 bulan dengan biaya yang sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top