Cara Mengendalikan Penyakit Karat Pada Daun Kacang Tanah

Sebuah tanaman tak dapat terlepas dari penyakit, entah itu hama maupun wereng. Sama halnya dengan kacang tanah yang daunnya bisa saja terkena penyakit karat, jika hal tersebut terjadi akan mempengaruhi pertumbuhan kacang. Bahkan membuat kacang tanah tidak berkualitas sehingga daya jualnya kecil di pasaran. Sebagai petani, anda harus membasmi penyakit karat yang sering menyerang daun kacang. Dengan begitu kacang aman tanpa penyakit sampai masa panen.

Cara Mengendalikan Penyakit Karat Pada Daun Kacang Tanah

Walaupun daun kacang terkena penyakit karat, masih dapat dikendalikan loh agar karat tidak merusak daun yang lainnya. usahakan segera dibasmi sebelum menjalar ke daun lain, pasalnya jika menjalar memicu tanaman kacang tanah layu dan lama kelamaan akan mati. Berikut ada cara mengendalikan penyakit karat pada daun sebagai acuan, antara lain:

  1. Penanganan Varietas Tahan

Pencegahan penyakit karat yang pertama adalah penangan varietas tahan sehingga beberapa varietas unggul baru 1 dan takar 2 akan tahan terhadap penyakit karat. Bahkan pencegahan tersebut pernah dibuktikan pada beberapa jenis kacang-kacangan dan berhasil dibuktikan tanpa penyakit sampai panen.

Selain itu anda harus merawat pertumbuhan kacang tanah sehingga selalu tubuh subur. Jangan biarkan tanaman kacang tanah terongok tak terawat lantaran terdapat penyakit karat.

  1. Sanitasi Dan Rotasi Tanaman

Sanitasi sangat diperlukan tanaman kacang tanah sehingga penyebaran spora tidak merusak tanaman kacang, pasalnya penyebaran spora dapat melalui angin dan air. Pertahankan sanitasi di lingkungan tanaman sehingga tidak lembab dan tak ada gulma atau inang yang tumbuh, jangan sampai menyepelekan pencegahan sanitasi karena sangat penting untuk pertumbuhan kacang tanah.

  1. Pengendalian Dengan Agens Hayati

Pengendalian dengan agens hayati dilakukan dengan mengaplikasikan mikroorganisme antagonis sehingga meminimalkan jumlah penyakit karat. Selain itu pencegahan ke 3 ini memudahkan pihak petani menangani tanaman kacang tanah karena tidak mencemari lingkungan sekitar tanaman. Alhasil tanaman lain tidak merasakan dampak pencegahan karat dari kacang tanah, pasalnya anda cukup menerapkan satu efek residunya dan dapat bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top