Cara Membuat CV Yang Berbobot

Sistem rekrut karyawan antara perusahaan tentu saja berbeda-beda namun tetap saja dalam membuat CV tidaklah jauh berbeda. Cukup disesuaikan saja isinya sehingga dapat memenuhi keinginan perusahaan. Untuk itu perlulah diketahui langkah apa yang harus dilakukan sehingga dapat membuat CV yang berbobot dan mampu membuat peluang diterima kerja terbuka lebar.

CV Yang Berbobot Itu Seperti Apa?

Semua tahu bahwa sistem rekrut karyawan saat ini cukuplah sulit. Namun walaupun begitu dapat diakali dengan membuat CV yang berbobot. Lalu bagaimanakah CV baru bisa dikatakan berbobot? Jawabannya adalah CV yang isi dan tampilan baik.

Maksud dari isi CV yang baik tentu saja harus dari pengalaman dan latar belakang pendidikan Anda yang harus baik. Sehingga pihak perusahaan akan merasa rugi jika menolak Anda. Berbeda untuk tampilan CV yang dimana sesuai dengan mengedit dan ide kreatif yang Anda punya. Saat ini CV memang telah dibuat dalam tampilan yang menarik jadi buatlah CV yang berbobot, dimana isi dan tampilan seimbang.

stocksnap.io

Langkah Membuat CV Yang Berbobot

Selanjutnya Anda juga perlu tahu bagaimana cara membuat CV yang berbobot. Simak pembahasan berikut ini:

1.      Siapkan Kertas Polos Berwarna Putih

Dasar dalam membuat sebuah CV tentunya adalah kertas polos berwarna putih. Walau nantinya tampilan akan dibuat dengan perpaduan warna tetap harus dengan kertas putih dulu. Nanti jika sudah menentukan warna yang akan digunakan dalam membuat CV, ada baiknya jangan menghilangkan unsur putihnya.

Semua itu karena jangan sampai Anda membuat pihak perusahaan yang membaca CV Anda hanya memperhatikan tampilan dan akhirnya tidak fokus pada isi CV anda. Gunakan kertas A4 dengan perkiraan tebal 80 gram yang berarti itu kertas ukuran standar saja, itu akan memberikan rasa nyaman pada saat CV dipegang.

2.      Tampilan Harus Rapi Dan Indah

Setelah selesai mengurus kertas, berikutnya adalah memastikan CV rapi dan juga indah tampilannya. Namun ingat CV harus tetap kelihatan formal sehingga ada baiknya pemilihan warna yang soft saja. Jangan terlalu mencolok karena akan membuat yang membaca jadi terganggu dengan penampilannya.

3.      Pemilihan Jenis Dan Ukuran Huruf  Harus Resmi

Bukan hanya tampilan saja yang formal dan resmi tentu saja pemilihan jenis huruf dalam CV juga harus resmi. Anda dapat menggunakan jenis huruf resmi seperti Times New Roman, Arial, ataupun Calibri. Lalu untuk ukuran resmi huruf adalah sekitar 11 hingga 12 pt saja, jangan lebih dari itu.

Pemilihan huruf ini akan mampu memberikan kesan baik pada CV dimana tentu saja akan sangat berdampak pada diri Anda pribadi. Untuk itu jangan sampai lupa dan meremehkan bagian pemilihan jenis dan ukuran huruf.

stocksnap.io

4.      Bahasa, Tanda Baca Dan Ejaan Harus Benar

Penggunaan bahasa yang baku dengan tanda baca serta ejaan yang benar tentu akan membuat pihak perusahaan menjadi tidak kesulitan saat akan membaca CV anda. Untuk itu pastikan ejaan yang Anda gunakan dalam CV Anda telah sesuai dengan EYD dan jangan sampai ada bahasa tidak baku di dalamnya.

5.      Gunakan Gaya Eksplisit

Berikutnya, gunakan gaya eksplisit. Gaya tersebut berarti kalimat yang ada dalam isi CV detail dan juga jelas, tidak ada hal-hal rumit. Lalu pastikan juga isi yang Anda tulis adalah fakta yang bisa Anda buktikan. Selain itu pastikan tidak ada makna atau kata yang akan menimbulkan ambigu pihak yang membaca.

6.      Halaman Tidak Berlebihan

Pembuatan CV memang tidaklah mudah karena Anda harus menceritakan riwayat hidup Anda dengan detail namun jangan sampai panjang dan berlebihan. Sebuah CV yang baik adalah yang panjangnya tidak lebih dari 2 halaman. CV haruslah singkat, jelas, padat dan mampu menarik yang membaca. Karena itu jika diperlukan carilah contoh daftar riwayat hidup yang banyak beredar di internet. Anda bisa ubah dan sesuaikan dengan riwayat hidup Anda sendiri.

Nah kini Anda sudah tahu cara membuat CV yang baik. Sekarang saatnya mendaftar kerja di perusahaan yang Anda inginkan. Semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top