Tips Memilih Bingkai Poster Yang Paling Tepat

Sesaat setelah Anda menemukan poster yang paling tepat, tentu langkah selanjutnya yaitu memilih bingkai poster yang paling tepat. Anda memang bisa saja menempelkan langsung poster di permukaan dinding. Namun hasilnya jauh lebih maksimal jika Anda memasangnya dengan poster. Dengan bingkai poster, maka poster akan terlihat jauh lebih artistik dan menarik. Kabar baiknya, memilih bingkai poster itu mudah sekali jika Anda paham beberapa hal terkait bingkai. Nah untuk memudahkan Anda, berikut ini kami akan membahas beberapa tips memilih bingkai poster yang paling tepat!

Jenis-jenis Bingkai Poster

Agar Anda bisa memilih bingkai poster yang paling tepat, tentu Anda mesti mengetahui beberapa jenis bingkai yang paling sering digunakan untuk membalut poster. Terdapat tiga jenis bingkai yang paling cocok untuk poster yaitu bingkai kayu, bingkai hitam putih, dan bingkai metalik. Anda tinggal menyesuaikan jenis bingkai dengan poster yang Anda miliki. Nah langsung saja, berikut ini kami akan membahas beberapa jenis bingkai poster!

pexels.com

Bingkai Poster Kayu

Setelah make custom poster, maka Anda bisa mengkombinasikannya dengan bingkai kayu. Karena merupakan bahan baku yang berasal dari alam, bingkai kayu ini menawarkan nuansa kehangatan, kekeluargaan, dan klasik. Ada beberapa pilihan warna seperti warna kayu muda hingga warna kayu tua. Tergantung posternya, Anda bisa menyesuaikan warna kayu sehingga pas dengan presentasi poster. Nah perlu Anda ketahui poster dengan warna terang dan hangat seperti merah, kuning, coklat muda terlihat lebih oke jika dipasang di bingkai kayu berwarna tua seperti kayu walnut dan mahogani.

Sedangkan untuk poster dengan warna lembut seperti hijau, biru, hingga pink cocok digabungkan dengan bingkai kayu berwarna cerah seperti kayu pinus, oak, ash, dan lainnya. Selain itu perlu Anda perhatikan, bingkai poster kayu ini mesti sesuai dengan desain atau style ruangan. Untuk ruangan dengan style klasik, rustic, hingga tradisional, maka bingkai kayu ini sangatlah cocok. Namun untuk ruangan dengan style minimalis modern, maka bingkai kayu ini kurang cocok.

pexels.com

Bingkai Poster Hitam Putih

Memasang poster di bingkai hitam putih dapat membuat poster terlihat lebih mewah dan elegan. Ya betul sekali, warna hitam menawarkan nuansa elegan dan formal, sedangkan warna putih menawarkan nuansa eklektik dan kasual. Jadi bingkai poster hitam putih terlihat sangat modern, sehingga cocok untuk ruangan dengan style modern minimalis.

Nah warna hitam pada bingkai dapat meningkatkan kontras pada elemen-elemen warna cerah pada poster. Selain itu, warna hitam pada bingkai juga dapat memperjelas elemen-elemen gelap pada poster. Jika terdapat dominasi warna putih pada bingkai, maka warna putih ini dapat semakin memperjelas elemen-elemen berwarna gelap pada poster. Nah bingkai poster berwarna putih ini sangat pas digunakan untuk poster dengan gambar-gambar kasual.

Bingkai Poster Metalik

Jika Anda ingin nuansa yang lebih modern dan trendi, maka pilihan yang paling tepat yaitu bingkai poster metalik. Ya, bingkai metalik ini dapat membuat poster terlihat lebih catchy dan cerah. Karena karakteristiknya yang berkelas, maka bingkai poster metalik ini cocok digunakan sebagai bingkai poster foto keluarga, poster pemandangan, hingga poster pernikahan. Untuk poster foto candid lebih cocok menggunakan bingkai kayu dan bingkai hitam putih.

Jika Anda punya poster dengan gambar berwarna hitam putih, maka jangan menggabungkannya dengan bingkai hitam putih. Opsi yang paling tepat yaitu memasangnya di bingkai poster metalik. Ya, bingkai metalik dapat meningkatkan kontras pada gambar.

pexels.com

Tips Memilih Bingkai Poster

Selain memilih jenis bingkai yang paling tepat, Anda ‘pun mesti mengetahui beberapa tips berikut ini!

  • Gunakan bingkai berwarna lembut untuk poster kasual dan karya seni. Untuk poster formal dan elegan, gunakan bingkai berwarna tua.
  • Jangan terlalu spesifik pada warna utama yang ada dalam poster saat memilih bingkai. Anda harus menyesuaikannya dengan keseluruhan warna yang ada didalam poster.
  • Pastikan Anda menyesuaikan bingkai poster dengan dekorasi ruangan secara keseluruhan.
  • Agar bingkai poster terlihat lebih keren, sebaiknya pilih warna bingkai yang berbeda dengan warna dinding.
  • Warna bingkai dengan warna matras atau karpet pada lantai mesti berbeda. Jika warnanya sama, maka perhatian orang akan tertuju pada bingkai, bukan pada poster.

Itulah beberapa tips memilih bingkai poster yang paling tepat, bagaimana tidak terlalu sulit bukan? Semoga lewat artikel ini, Anda bisa dengan mudah menentukan bingkai poster yang sesuai dengan keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top