Bahaya Gadget Bagi Anak-Anak

 

Saat ini orang tua banyak memberikan fasilitas gadget bagi anaknya. Padahal kita tahu bahwa bahaya penggunaan gadget berlebih pada anak-anak.

Dibawah ini akan diberikan ulasan mengenai bahaya gadget bagi anak-anak yang perlu untuk diketahui oleh orang tua.

Bahaya gadget pada kesehatan fisik

  • Jika anak bermain gadget secara berlebih maka akan menyebabkan resiko gangguan mata, seperti miopia dan gangguan mata lelah.
  • Dampak selanjutnya adalah anak menjadi kurang tidur dan kurang fokus. Hal ini yang bisa menyebabkan siklus tidur yang tidak baik untuk anak-anak. Karena disiang hari anak-anak mudah lelah dan mengantuk dan di malam harinya kurang tidur karena bermain gadget.
  • Jika anak yang berusia lebih kecil sudah menatap layar gadget terlalu lama maka akan berpengaruh terhadap kemampuan bicaranya.
  • Selain itu penggunaan gadget berlebih juga bisa mempengaruhi perkembangan fisik anak. Anak akan menjadi kurang bergerak, insomnia, Sakit kepala, nutrisi buruk dan gangguan penglihatan anak juga menjadi terganggu.

Gangguan kesehatan mental

Penggunaan gadget berlebih pada anak juga mengakibatkan gangguan kesehatan mental, diantaranya adalah :

  • Ketika anak bermain gadget secara berlebih maka akan menyebabkan gangguan mental seperti perubahan perilaku dan depresi.
  • Anak akan menjadi lebih agresif dan tersinggung jika tidak segera diberikan gadget oleh orang tua.
  • Terjadi masalah mental bagi anak-anak yang semakin berkembang, misalnya kecemasan, kesepian, rasa bersalah,depresi dan isolasi diri. Selain itu penggunaan gadget pada anak-anak juga meningkatkan resiko terkena ADHD dan autis.

Selain itu paparan penggunaan Hp yang terlalu lama pada anak-anak juga akan mengakibatkan hilangnya keterampilan kemampuan dasar pada anak-anak.

Contohnya adakah anak kehilangan kesempatan untuk bermain dengan anak seusianya secara mandiri, selain itu anak juga kehilangan belajar mandiri, serta kehilangan waktu untuk membaca dan menulis. Padahal semua itu adalah kemampuan sosial yang sangat penting bagi perkembangan anak dimasa depan.

Mengingat beberapa bahaya bermain gadget berlebih pada anak yang sudah dijelaskan diatas, maka kita sebagai orang tua perlu membatasi anak untuk menatap layar gadget terlalu lama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Scroll to top