Bagaimana Letak Geografis Indonesia? Ini Letak Tepatnya Beserta Pengaruhnya

Tahukah Anda bagaimana letak geografis Indonesia? Secara geografis, Indonesia berada diantara dua benua, yaitu Benua Asia dan dan Benua Australia. Selain itu, Indonesia juga terletak diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Termasuk dalam kawasan Asia Tenggara, posisi geografis Indonesia cukup strategis karena bisa dijangkau dari tempat manapun dengan mudah.

Letak geografis Indonesia sering disebut sebagai posisi silang Indonesia. Sebab dua benua dan dua samudera yang mengapitnya membentuk simbol silang. Yaitu Benua Asia di sebelah utara dan barat laut, Benua Australia di sebelah Selatan dan Tenggara. Serta Samudera Pasifik di sebelah Timur Laut sementara Samudera Hindia di sebelah Selatan dan Barat Daya dari wilayah geografis Indonesia.

Letak geografis ini banyak memiliki pengaruh pada kondisi alam dan perkembangan Indonesia. Dimana hal ini meliputi pembagian musim, kondisi iklim serta kekayaan sumber daya alam dan tambang. Bahkan juga pada hubungan politik antar negara, aspek sosial dan budaya hingga kondisi ekonomi dan pariwisata Indonesia.

Sangat strategisnya letak gografis Indonesia ini secara garis besar cukup memberikan banyak dampak positif dan negatif. Terutama pada masalah iklim, cuaca, ekonomi, politik dan yang terakhir pada bidang sosial dan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top