Inilah Ayat Alquran Tentang Kematian  dan Keuntungan Mengetahui Ayat Tersebut

Tidak ada manusia yang hidup kekal di dunia ini. Seluruh manusia pasti akan mengalami kematian apabila waktu yang ditentukan Allah SWT telah datang.  Ketika waktu itu datang, Anda tidak bisa menolak atau menundanya. Dalam islam, kematian merupakan hal yang pasti dan hanya Allah yang tahu kapan waktunya maupun bagaimana caranya. Maka dari itulah semasa hidupnya, setiap manusia diharapkan untuk bertaqwa kepada Allah dengan melakukan segala printah-Nya dan berbuat baik setiap waktu. Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan taqwa dan iman kepada Allah SWT adalah senantiasa berusaha selalu mendekatkan diri kepada-Nya.  Nah, dalam tulisan Al quran arab sendiri terdapat beberapa ayat yang secara khusus membahas mengenai kematian. Anda harus mengetahui ayat Alquran tentang kematian tersebut karena dengan mengetahuinya, terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

pxhere.com

Daftar Ayat Alquran Tentang Kematian yang Penting untuk Diketahui

Terdapat banyak sekali sebenarnya ayat Alquran yang membahas tentang kematian.  Dari banyaknya jumlah ayat tersebut, berikut ketahuilah beberapa ayat yang paling terkenal dan paling banyak memberikan dampak postif bagi siapa saja yang mengetahuinya:

  1. Ali Imran Ayat 102

Daftar pertama ayat Alquran yang membahas tentang kematian ada dari QS. Ali Imran ayat 102.  Dalam ayat tersebut setiap umat muslin diingatkan oleh Allah untuk senantiasa rajin beribadah dan mengingat Allah selalu. Pasalnya menjadi sebuah kerugian besar apabila seorang umat Islam  meninggal dalam  kondisi yang selain Islam.

  1. Ali Imran Ayat 145

Masih dari Qs. Ali Imran, kali ini ayat Alquran yang membahas tentang kematian adalah ayat 145. Pada ayat tersebut  Allah SWT mengingatkan bahwa setiap hamba Allah akan meninggal dengan izin-Nya dan atas sepengetahuann-Nya.  Tidak ada satupun manusia ataupun mahluk lain selain Allah SWT yang mengetahui kapan kematian datang ataupun bagaimana cara kematian tersebut menghampiri.  Hal tersebut dikarenakan kematian merupakan ketetapan  Allah SWT sebagai pencipta bumi dan segala isinya termasuk manusia.

  1. Al Imran Ayat 185

Pada ayat 185 QS. Al Imran juga menjadi salah satu ayat Alquran tentang kematian. Dalam ayat ini dijelaskan bahwa seluruh makluk ciptaan Allah SWT akan merasakan kematian. Hanya Allah SWT yang mengetahui  kapan waktu semua  yang dibangkitkan di hari akir. Kematian tersebut bukanlah sebuah akhir dari perjalanan manusia tetapi merupakan jalan menuju kehidupan baru di akhirat yang kekal.  Namun jika kematian ini didapatkan dengan bunuh diri,  akan merasakan kerugian yang besar sebab agama Islam melarang bunuh diri.

  1. Al An’am Ayat 61

Ayat Alquran yang membahas tentang kematian selanjutnya diambil dari QS. Al An’am ayat 61. Makna dari ayat tersebut adalah manusia diingatkan bahwa  malaikat pencabut nyawa  selalu mematuhi perintah Allah SWT untuk mengambil nyawa siapa saja. Bagaimana cara malaikat tersebut mencabut manusia tergantung amal dan perbuatan yang sudah dilakukan di dunia sehingga selama hidup harus diusahakan memperbanyak amat serta perbuatan tersebut.

  1. QS Al Ahzab Ayat 16

Melalui QS Al Ahzab ayat 16, kita sebagai manusia diingatkan bahwa secanggih apapun usaha untuk menghindarkan kematian dan sebesar apapun usaha yang dilakukan tidak akan bisa menghindarkan diri dari kematian apabila Allah SWT sudah menghendakinya.  Tentunya makna dari ayat Alquran yang membahas tentang kematian tersebut sangatlah mendalam dan penting untuk diingat selalu oleh umat manusia.

  1. QS Al Mu’minum Ayat 99

Dalam QS Mu’minum ayat 99 yang menjadi ayat alquran tentang kematian berikutnya, manusia diingatkan bahwa siapa saja yang sudah meninggal tidak akan bisa kebali ke dunia untuk memperbaiki kehidupannya sebelumnya, setelah ia mati.  Maka dari itulah selama kita masih hidup diharapkan untuk hidup dengan baik, selalu bersyukur kepada Allah SWT selalu, mematuhi perintah-Nya dan berbagai hal baik lainnya agar tidak menyesal saat kematian datang menjemput

pixabay.com

Keuntungan  Mengetahui Ayat Alquran Mengenai Kematian

Banyak yang tidak mengetahui atau tidak sadar bahwa dengan mengetahui ayat Alquran yang membahas tentang kematian ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangatlah besar.  Adapun berbagai keuntungan yang dimaksud ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Diingatkan Untuk Hidup Dengan Baik

Keuntungan pertama Anda mengetahui berbagai ayat Alquran yang membahas tentang kematian ini adalah agar selalu diingatkan untuk hidiup dengan baik.  Dengan hidup dengan baik selama hidup, tidak akan ada penyesalan ketika kematian menjemput. Selain itu, kematian juga akan berjalan lancar dan tidak menyakitkan sebab amal dan perbuatan yang amat baik.

  1. Diingatkan Untuk Tidak Melulu Memikirkan Kehidupan Dunia

Banyak orang yang lebih mementingkan kehidupan di dunia dibandingkan dengan kehidupan nanti setelah kematian.  Hal tersebut sangatlah merugikan sebab  manusia menjadi melupakan Allah dan hidup tidak baik. Untuk itulah manusia harus selalu berpegang bahwa kehidupan di akhirat juga amatlah penting. Salah satu untuk mengingatnya selalu adalah melalui ayat Alquran yang membahas tentang kematian.

  1. Diingatkan untuk Selalu Bersyukur

Kehidupan adalah karunia dari Allah SWT yang harus disyukuri. Maka dari itulah seperti yang juga disampaikan di ayat Alquran yang membahas tentang kematian,  bunuh diri tidak diperbolehkan karena menyalahi waktu Allah SWT itu sendiri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top